Comscore Tracker

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Andong yang Seru buat Dikunjungi

Wisata alam sampai budaya ada di Andong!

Kota Andong atau Andong-si merupakan wilayah setingkat kotamadya sekaligus ibukota Provinsi Gyeongsangbuk, Korea Selatan, dan juga kota terbesar di provinsi tersebut. Kota ini mengalami perkembangan yang begitu pesat sejak tahun 1970-an hingga menjadi pusat pariwisata budaya dan tradisi rakyat pada akhir 1990-an dan awal 2000-an. 

Keindahan alam dan budaya kota ini ditampilkan dengan sangat indah dalam beberapa KDrama populer. Penasaran di mana saja lokasi syuting KDrama di Kota Andong? Baca ulasan di bawah ini dan jangan sampai ada yang terlewat ya! 

1. Manhyujeong Pavilion

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Andong yang Seru buat Dikunjungipotret Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri di Manhyujeong Pavilion (dok. tvN/Mr. Sunshine)

Para penggemar KDrama Mr. Sunshine (2018) barangkali masih ingat dengan adegan yang ditampilkan di Manhyujeong Pavilion. Tempat ini digambarkan sebagai rumah produksi keramik milik Hwang Eun San (Kim Kap Soo). Go Ae Shin (Kim Tae Ri) datang ke sini dan bertemu dengan Eugene Choi (Lee Byung Hun) pada episode 6. 

Manhyujeong Pavilion merupakan sebuah kediaman atau rumah yang dibangun pada awal abad ke-16 (masa Dinasti Joseon) dan digunakan sebagai tempat istirahat, ruang membaca, sekaligus tempat kontemplasi para pegawai Kim Gye Haeng (1431-1517). Lokasinya berada di 42 Mukgyehari-gil, Giran-myeon, Andong.

Manhyujeong Pavilion kerap disebut sebagai salah satu tempat yang indah karena dikelilingi hutan dengan lembah dan aliran air dari gunung.

 Selain Mr. Sunshine, pavilion ini juga pernah muncul dalam drama The Princess' Man (2011) dan The King's Affection (2021) serta film Seondal: The Man Who Sells the River (2015). Kalian sudah nonton?

2. Gosanjeong Pavilion

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Andong yang Seru buat Dikunjungipotret para pemain KDrama The Tale of Nokdu di Gosanjeong Pavilion (dok. KBS2/The Tale of Nokdu)

Selain Manhyujeong Pavilion, drama Mr. Sunshine (2018) juga melakukan pengambilan gambar di sungai depan Gosanjeong Pavilion. Pada episode, 10 Go Ae Shin (Kim Tae Ri) dan Eugene Choi (Lee Byung Hun) berjalan-jalan di atas sungai yang membeku sembari bercerita alasan Eugene melarikan diri ke Amerika.

Tak mau ketinggalan, drama The Tale of Nokdu (2019) turut menampilkan sungai ini pada episode 7. Jeon Nok Du (Jang Dong Yoon), Dong Dong Joo (Kim So Hyun), dan Aeng Doo (Park Da Yeon) datang ke sini untuk piknik. Mereka naik perahu kecil kemudian makan ikan bakar di tepian sungai.

Gosanjeong Pavilion dibangun pada tahun 1564 oleh Geum Nan Su, seorang penulis dan filsuf yang hidup pada era pertengahan Joseon. Pavilion yang terletak di 177-42 Gasong-gil, Dosan-myeon, Andong ini kerap digunakan sebagai tempat wisata dan istirahat para cendekiawan Joseon karena pemandangannya yang sangat indah.

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting KDrama di Namwon, Ada Tempat Pendakian Gunung Jiri!

3. Buyongdae Cliff

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Andong yang Seru buat Dikunjungipotret Tebing Buyongdae di tepi Sungai Nakdong, Andong (english.visitkorea.or.kr)

Tebing Buyongdae ini konon katanya sangat populer di kalangan penggemar KDrama. Mereka menjulukinya sebagai Tebing Non Doom karena sering muncul dalam drama-drama sageuk (bertema sejarah atau kerajaan) dan Tebing Lee Joon Gi karena beberapa drama aktor tersebut difilmkan di sini, salah satunya drama fenomenal Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Tebing Buyongdae merupakan tebing setinggi 64 meter yang berada bagian akhir Pegunungan Taebaek dan di tepi Sungai Nakdong atau tepatnya di 72 Gwangdeoksolbat-gil, Pungcheon-myeon, Andong. Dari tebing ini dapat terlihat pemandangan Desa Hahoe yang menjadi situs warisan dunia UNESCO. 

Selain Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Beberapa KDrama yang pernah melakukan pengambilan gambar di sini antara lain Hwang Jini (2006), Arang and the Magistrate (2012), Black Knight (2017-18), Mr. Sunshine (2018), The Tale of Nokdu (2019), Kingdom (2019), dan masih banyak lainnya.

4. Andong National University

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Andong yang Seru buat Dikunjungipotret para pemain Nevertheless di aula seni Andong National University (dok. JTBC/Nevertheless)

Para penggemar drama Nevertheless (2021) pasti tidak asing dengan Andong National University. Ya, di sinilah sebagian besar adegan di Hongseo University (tempat Yoo Na Bi dan Park Jae Eon belajar) diambil. Selain kampus ini, kampus lain yang juga muncul dalam drama tersebut adalah University of Ulsan. 

Andong Nationa University merupakan kampus negeri yang terletak di 1375 Gyeongdong-ro, Andong. Berdiri pada tahun 1947 sebagai Andong Normal School, kampus ini mengalami reorganisasi dan pergantian nama beberapa kali hingga akhirnya diresmikan sebagai perguruan tinggi pada tahun 1991.

Beberapa sudut kampus yang digunakan sebagai lokasi syuting Nevertheless antara lain aula seni Departemen Seni Rupa, aula humaniora, gedung administrasi utama, aula serikat mahasiswa, aula musik, gimnasium, dan lapangan olahraga. Masih ingat tempat-tempat tersebut muncul dalam adegan apa?

5. Andong Culture and Arts Center

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Andong yang Seru buat Dikunjungipotret Song Kang dan Han So Hee di Andong Culture and Arts Center (dok. JTBC/Nevertheless)

Andong Culture and Arts Center menjadi tempat penyelenggaraan The 12th Hongseo Gallery Exhibition pada episode terakhir drama Nevertheless (2021). Karya Yoo Na Bi (Han So Hee) dipamerkan di sini dan mendapat banyak pujian. Park Jae Eon (Song Kang) kemudian datang dan mereka kembali bersama. 

Andong Culture and Arts Center merupakan pusat kebudayaan Andong yang dibuka pada 17 September 2010 dan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan budaya dan seni.

Berlokasi di 66, Jeejaejang-gil, Andong, di dalam kompleksnya terdapat teater besar (1.000 kursi), teater kecil (262 kursi), ruang pameran, ruang konferensi internasional, arena bowling, kafe, restoran, dan gimnasium dalam ruangan.

Bagaimana, tempat-tempatnya terlihat menarik sekali, kan? Wisata budaya, alam, sampai pendidikan rupanya ada di sini. Sepertinya seru jika membuat perencanan untuk mengunjungi salah satunya nanti setelah pandemi berakhir. Setuju?

Baca Juga: Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya