Comscore Tracker

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Anseong Ini Memorable Banget Lho! 

Mulai dari kafe sampe kawasan pegunungan ada lho! 

Nama Anseong mungkin tidak sepopuler Seoul, Busan, Incheon atau Jeonju. Namun, salah satu kota di Provinsi Gyeonggi ini memiliki peranan penting sebagai ‘The City of Masters’ karena menjadi pusat produksi barang kuningan, seni, dan kerajinan di Korea Selatan.

Terletak sekitar 80 km sebelah selatan Seoul, Kota Anseong dikelilingi oleh pegunungan Seounsan. Tak heran jika udaranya segar dan memiliki banyak hutan, baik yang masih alami atau yang sudah dibuka untuk wisata. Selain itu juga banyak ladang pertanian dan perkebunan yang menghasilkan padi dan buah-buahan, seperti pir dan anggur.

Anseong juga tak kalah dengan wilayah-wilayah lain di Korea Selatan yang terus mengalami pertumbuhan, khususnya dalam bidang pariwisata. Tak jarang beberapa tempat sering menjadi langganan syuting KDrama lho!

Wah, penasaran di mana saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Anseong Farmland 

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Anseong Ini Memorable Banget Lho! Suzy, Lee Jong Suk, Yoon Kyun Sang, dan Lee Sung Kyung di Anseong Farmland (soompi.com)

Anseong Farmland mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan para penggemar KDrama. Pasalnya, kawasan ini sering menjadi lokasi syuting drama-drama populer, salah satunya While You Were Sleeping (SBS, 2017).

Pada episode 11, Nam Hong Joo (Bae Suzy) ‘bolos kerja’ dan mengajak Jung Jae Chan (Lee Jong Suk) jalan-jalan ke sebuah peternakan. Di sinilah Yoon Kyun Sang dan Lee Sung Kyung muncul sebagai cameo.

Anseong Farmland merupakan taman sekaligus peternakan yang berdiri sejak tahun 1960-an sebagai proyek kerjasama Korea dan Jerman. Lokasinya berada di 28, Daesindu-gil, Gongdo-eup, Kota Anseong, sekitar 2 jam 15 menit ke arah selatan Seoul dengan mennggunakan transportasi umum.

Di kawasan ini para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan, mulai dari memberi makan domba, melihat atraksi hewan, berkuda, menelusuri padang rumput dan bunga yang terbentang luas, bersepeda di area pertanian, melihat proses pemeliharaan hewan-hewan, dan bermain di wahana permainan yang pastinya bikin betah.

Kalian tertarik berkunjung ke sini?

2. Seounsan Natural Recreational Forest 

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Anseong Ini Memorable Banget Lho! Lee Dong Wook dan Yoo In Na di Seounsan Natural Recreational Forest (instagram.com/tvndrama.official)

Para penggemar kisah ‘reuni paling uwu’ antara Lee Dong Wook dan Yoo In Na pasti tidak akan lupa dengan tempat yang satu ini. Yup, Seounsan Natural Recreational Forest ini menjadi salah satu lokasi syuting drama Touch Your Heart (tvN, 2019). Pada episode 8, para karyawan firma hukum tempat Kwon Jung Rok (Lee Dong Wook) dan Oh Yoon Seo (Yoo In Na) bekerja melakukan lokakarya alias camping di kawasan ini.

Seounsan Natural Recreational Forest merupakan hutan rekreasi sekaligus camping ground yang terletak di 464 Desa Sangjung, Geumgwang-myeon, Kota Anseong, atau sekitar 4 jam perjalanan ke arah selatan Seoul dengan menggunakan transportasi umum. Selain menginap di villa atau berkemah, para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti barbekyu dan hiking ke atas bukit.

Ada tiga pilihan jenis penginapan yang bisa disewa, yaitu (1) House in the Woods berkapasitas empat sampai delapan orang dengan harga KRW 70.000 sampai KRW 170.000 per malam; (2) Karavan berkapasitas enam orang (empat dewasa dan dua anak-anak) dengan harga KRW 70.000 sampai KRW 160.000 per malam; dan (3) Campsite atau tenda kemah berukuran 3x3 meter dan 4x4 meter kapasitas empat orang dengan harga KRW 11.000 sampai KRW 30.000 per malam.

Kalian pilih yang mana?

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting Drama Korea Paling Populer di Seoul, Estetik Abis!

3. Seoknamsa Temple

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Anseong Ini Memorable Banget Lho! Seoknamsa Temple (seoknamsa.kr)

Tak jauh dari Seounsan Natural Recreational Forest terdapat sebuah kuil bernama Seoknamsa yang pernah menjadi salah satu lokasi syuting drama fenomenal tahun 2016-2017 lalu: Goblin/Guardian: The Lonely and Great God  (tvN, 2016-17).

Pada episode 8, Kim Shin (Gong Yoo) datang ke kuil untuk menerbangkan lentera atau lampion untuk mengenang adik perempuannya. Shin kembali lagi ke kuil ini pada epiosode 12 setelah mengetahui identitas asli Grim Reaper (Lee Dong Wook) dan dan berhadapan langsung dengannya.

Kuil Seoknamsa merupakan kuil Buddha yang terletak di 3-120 Sangchon Saemal-gil, Desa Sangjung, Geumgwang-myeon, Kota Anseong. Kuil ini dibangun sekitar pada tahun 680 M atau tahun ke-20 Raja Munmu dari Silla Bersatu dan terus mengalami perkembangan di bawah pemerintahan dinasti-dinasti selanjutnya.

Di dalam kompleksnya terdapat Aula Yeongsanjeon, Aula Daeungjeon, dan Pagoda Batu Lima Lantai Peninggalan Lokal No. 11 Dinasti Goryeo, dan sebuah jalur pendakian di sebelah kiri kuil yang terdapat batu Buddha. Suasana di kawasan ini cukup segar karena dikelilingi pegunungan Seounsan dan hutan yang masih asri.

4. Cafe & Vino – Rohs Goden 

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Anseong Ini Memorable Banget Lho! Dok. KBS2/Descendants of the Sun

Lokasi yang satu ini nampaknya cukup untuk dikenang oleh para fans Song-Song Couple. Pada episode 16 drama Descendants of the Sun (KBS2, 2016), Yoo Si Jin (Song Joong Ki) dan Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) pergi memancing dan berkemah di tepi danau yang berada di kawasan Cafe & Vino — Rohs Goden ini.

Cafe & Vino — Rohs Goden merupakan satu kompleks kafe, taman, dan camping ground yang terletak di 299-8 Mirinaeseongji-ro, Desa Misan, Yangseong-myeon, Kota Anseong atau sekitar tiga jam perjalanan ke arah selatan Seoul dengan menggunkan transportasi umum. Kawasan ini menawarkan pemandangan gunung dan danau yang indah dipadu dengan udara segar. Makanan dan minuman yang disajikan pun cukup menggugah selera.

Satu hal yang menarik, properti tenda dan kursi yang digunakan untuk keperluan syuting drama Descendants of the Sun di tepi danau masih ada lho! Sehingga para pengunjung bisa berfoto sembari nostalgia adegan dalam drama tersebut. Seru banget kan?

5. Anseong Astronomical Science Museum 

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Anseong Ini Memorable Banget Lho! Anseong Astronomical Science Museum (anseong.go.kr)

Anseong Astronomical Science Museum merupakan planetarium digital yang dibuka pada bulan Maret 2013. Lokasinya berada di kawasan Anseong Matchum Land, 198 Namsadang-ro, Desa Bokpyeong, Bogae-myeon, Kota Anseong atau sekitar 20 menit perjalanan dari Anseong Farmland.

Sama seperti planetarium pada umumnya, Anseong Astronomical Science Museum juga memiliki dome atau kubah setinggi 12 meter. Di dalamnya terdapat 12 teleskop, termasuk teleskop pembiasan dengan aperture terbesar di Korea 300mm dan teleskop refleks yang memungkinkan pengunjung untuk bisa mengamati benda-benda luar angkasa dengan tepat, termasuk garis-garis Saturnus. Wow!

Anseong Astronomical Science Museum pernah menjadi lokasi syuting drama komedi Perfume (KBS2, 2019). Pada episode 5, So Yi Do (Shin Sung Rok) mengajak Min Ye Rin (Go Won Hee) ke tempat ini untuk melihat ekor 'Komet Linier' yang akan menghasilkan ratusan bintang jatuh. Saat bintang jatuh bermunculan, Ye Rin pun membuat permintaan.

Nah, itu dia lima lokasi syuting KDrama di Kota Anseong yang gak terlupakan sampai sekarang. Kalian mau berkunjung ke salah satu atau semuanya?

Baca Juga: 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi 

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya