Comscore Tracker

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi 

Ternyata ini kota kelahiran Baekhyun EXO lho! 

Kota Bucheon merupakan salah satu kota satelit di Provinsi Gyeonggi yang terletak 25 km (16 mil) dari Seoul dan berada di antara Incheon dan Seoul. Kota kelahiran Baekhyun EXO ini juga menjadi kota terpadat kedua di Korea Selatan setelah Seoul dari segi komersial dan perumahan.

Kota Bucheon mempromosikan dirinya sebagai pusat budaya di Seoul Metropolitan City. Tentu ini bukan hal yang asing karena di sana terdapat Bucheon Philharmonic Orchestra.

Setiap tahunnya juga diadakan Bucheon International Fantastic Film Festival atau BiFan pada bulan Juli dan Bucheon Bboy International Championship (BBIC) atau kejuaraan gaya atletik tarian jalanan sejak 2016. Kota ini ditetapkan sebagai ‘City of Literature’ dan menjadi anggota UNESCO Creative Cities Network sejak 2017.

Kota Bucheon pun memiliki berbagai destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan kota-kota di sekitarnya. Bahkan beberapa di antaranya juga kerap menjadi lokasi syuting KDrama lho! Penasaran di mana saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Bucheon Central Bus Terminal 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi dok. tvN/True Beauty

Tim Suho yang belum bisa move on dari drama True Beauty (tvN, 2020-21) pasti masih ingat dengan adegan yang dilakukan di Bucheon Central Bus Terminal ini.

Pada episode 14, Lee Soo Ho (Cha Eun Woo) dan Im Joo Kyung (Moon Ga Young) bertemu di terminal bus ini sebelum pergi ke luar kota untuk berkencan seharian. Soo Ho kemudian memakaikan syal putih hasil rajutan tangannya sendiri kepada Joo Kyung.

Bucheon Central Bus Terminal atau juga dikenal dengan Bucheon Sopoong Bus Terminal merupakan terminal bus yang terletak di 239 Songnae-daero, Kota Bucheon.

Di kawasan terminal yang selesai dibangun pada tahun 2007 ini juga terdapat pusat perbelanjaan Sopoong, bioskop, gedung pernikahan, pertokoan, restoran, tempat parkir mobil, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Selain True Beauty, terminal ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama Itaewon Class (JTBC, 2020); Gogh’s Starry Night (SBS, 2016); Super Daddy Yeol (tvN, 2015); dan variety show Gentleman (Channel A, 2013-14).

2. Bucheon Tribute Market 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi dok. tvN/Avengers Social Club

Bucheon Tribute Market pernah menjadi salah satu lokasi syuting utama drama Avengers Social Club (tvN, 2017). Di pasar inilah kios ikan segar milik Hong Do Hee (Ra Mi Ran) berada sekaligus menjadi tempat pertemuan rutin para anggota Bok Ja alias Avengers Social Club yang terdiri dari Hong Do Hee, Kim Jung Hye (Lee Yo Won), Lee Mi Sok (Myung Se Bin), dan juga Lee Soo Gyum (Lee Jun Young).

Bucheon Tribute Market atau juga dikenal sebagai Jogong Market merupakan pasar kecil yang membentang sepanjang 70 meter di 27 Gyeonginye-ro 118beon-gil, Goean-dong, Distrik Sosa, Kota Bucheon. Kios Hong Do Hee di berada di bagian ujung selatan pasar.

3. Play Aquarium  

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi Play Aquarium (playaquarium.co.kr)

Play Aquarium ini menjadi tempat perayaan ulang tahun pernikahan Sim Deok Chool (Park In Hwan) dan istrinya, Choi Hae Nam (Na Moon Hee), pada episode 6 dan 7 drama Navillera (tvN/Netflix, 2021). Keduanya memasuki sebuah akuarium raksasa dan duduk di depannya. Deok Chool kemudian keluar untuk membeli permen dan minuman. Sayangnya, ia tiba-tiba tersesat dan Hae Nam tidak bisa menghubunginya.

Play Aquarium terletak di kompleks Woongjin Play City atau juga kerap disebut Woongjin Playdoci, 2 Jomaru-ro, Sang-dong, Distrik Wonmi, Kota Bucheon. Akuarium ini mengusung konsep ‘pertemuan akuarium dan hutan di kota’ dan juga ‘experiental aquarium’.

Berbagai jenis binatang air hidup di kawasan ini dan dibagi ke dalam 9 zona atau tema, di antaranya Korean Pavilion, One Tunnel Water Tank, Turtle House, Mammalian Tube, Shark House, Main Building, Globe, Theme Hall, hingga Endangered Species.

Play Aquarium buka setiap hari sepanjang tahun. Para pengunjung yang hendak memasukinya akan dikenakan biaya sebesar KRW 25.000 untuk anak-anak, KRW 27.000 untuk remaja, dan KRW 30.000 untuk dewasa.

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting Drama Korea Paling Populer di Seoul, Estetik Abis!

4. B.Mansion 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi B. Mansion Cafe (instagram.com/b.mansion_cafe

Dalam drama Navillera (tvN/Netflix, 2021 ), B.Mansion ini menjadi kafe tempat Lee Chae Rok (Song Kang) bekerja paruh waktu. Pada episode 1, Sim Eun Ho (Hong Seung Hee) bergabung sebagai pegawai magang selama enam pekan di kafe ini.

B.Mansion merupakan fine dining dan brunch cafe yang dibuka pada tahun 2019. Kafe ini menyediakan aneka kopi dan berbagai menu yang lezat, mulai dari pasta, croissant, waffle, steak, salad, cake, dan banyak lainnya.

Lokasinya berada di 205, Sosadong-ro, Goean-dong, Distrik Sosa, Kota Bucheon, sekitar 15 menit berjalan kaki dari Bucheon Tribute Market.

5. Sangdong Lake Park 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi Sangdong Lake Park (sdlakepark2019.com)

Sangdong Lake Park merupakan taman terbesar di Bucheon yang dibuka pada tanggal 31 Maret 2003. Taman ini dikenal karena ladang bunga poppy liarnya dan danau buatan yang cukup luas dengan jalan setapak sepanjang 2,5 km mengelilinginya. Lokasinya berada di 6 Gilju-ro, Sang-dong, Distrik Wonmi, Kota Bucheon.

Sangdong Lake Park menyediakan berbagai fasilitas menarik, mulai dari lapangan olahraga, auditorium komunitas, pusat budaya pertanian tradisional, taman bermain, sawah ekologis, kebun sayur, dan masih banyak lainnya. Masyarakat dapat berpartisipasi dalam pengeloaan taman dan berbagai kegiatan pertanian yang diselenggarakan di sini.

Taman ini pernah menjadi salah satu lokasi syuting drama While You Were Sleeping (SBS, 2017). Pada episode 13, Nam Hong Joo (Bae Suzy) datang ke sini dan menyalahkan dirinya sendiri atas kecelakaan yang menimpa Han Woo Tak (Jung Hae In). Sambil menangis, dia menabrak Jung Jae Chan (Lee Jong Suk) yang datang dengan membawa sekotak tisu untuk Hong Joo.

6. Bucheon Citizen River 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi Bucheon Citizen River (ggtour.or.kr)

Bucheon Citizen River merupakan sungai buatan sepanjang 5,5 km, lebar 3 hingga 5 meter, dan kedalaman 20 sampai 30 meter yang terletak di pusat kota Bucheon atau tepatnya di 620-2 Sang-dong, Distrik Wonmi.

Sungai ini bermula dan berakhir di Taman Woncheon dan menjadi sungai ramah lingkingan pertama di Korea Selatan yang mengalirkan limbah daur ulang dari tempat pengolahan limbah.

Tahun 2020 lalu, Bucheon Citizen River menjadi salah satu lokasi syuting drama Do You Like Brahms? (SBS, 2020). Pada episode 11, Chae Song Ah (Park Eun Bin) harus menjalankan tugas untuk profesor biolanya ke wilayah (yang digambarkan sebagai) Daejeon. Park Joon Young (Kim Min Jae) kemudian iseng menemaninya.

Di sungai inilah keduanya memulai kencan mereka. Joon Young juga menunjukkan kepada Song Ah tentang kampung halamannya ini.

7. Cafe DDOI MARKET 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi Cafe DDOI MARKET (instagram.com/ddoi_market)

Selain Bucheon Citizen River, drama Do You Like Brahms? (SBS, 2020) juga melakukan pengambilan gambar di Café DDOI MARKET. Ketika sedang berjalan-jalan di Daejeon, tanpa sengaja Park Joon Young (Kim Min Jae) dan Chae Song Ah (Park Eun Bin) bertemu dengan ibu Joon Young. Mereka makan di kedai milik sang ibu. Setelah itu keduanya pergi ke Café DDOI MARKET ini untuk berbicara dari hati ke hati.

Café DDOI MARKET merupakan brunch cafe dan toko roti yang dibuka pada tahun 2019. Lokasinya berada di lantai pertama gedung Diatte Gallery IV, 19-45 Gilju-ro 77beon-gil, Sang-dong, Distrik Wonmi, Bucheon, tak jauh dari Sangdong Lake Park. Kafe ini pun sangat mudah dikenanli dari eksterior bata merahnya.

Nah, itu dia 7 lokasi syuting KDrama di Kota Bucheon. Kalian berminat mengunjungi salah satu atau semuanya?

Baca Juga: Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To Heaven

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya