Comscore Tracker

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Daejeon 

Jalan-jalan ke kota kelahiran Song Joong Ki 

Daejeon merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Korea Selatan dengan luas mencapai 539,84 km². Secara geografis, kota ini berada di bagian tengah Negeri Ginseng tersebut sehingga menjadikannya pusat transportasi sekaligus persimpangan rute transportasi utama.

Selain itu, kota kelahiran Song Joong Ki ini merupakan salah satu pusat administrasi Korea Selatan dan menjadi rumah bagi 12 kantor pemerintah nasional. Tak heran jika Daejeon memiliki pertumbuhan yang sangat pesat.

Daejeon juga dikenal sebagai ‘Silicon Valley’-nya Korea Selatan dan kota berteknologi tinggi. Hal ini dikarenakan kota ini memiliki Daedeok Innopolis (Zona Khusus Penelitian dan Pengembangan Daedeok) terdiri dari 28 lembaga penelitian yang didanai pemerintah dan 79 lembaga penelitian swasta dengan peneliti berjumlah 20.000 orang. KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology) juga berada di kota ini.

Dalam hal pariwisata, Daejeon mungkin kalah jika dibandingkan dengan wilayah lain di Seoul. Namun hal ini bukan berarti tak ada tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di sini. Bahkan tak jarang Daejeon juga menjadi lokasi syuting KDrama lho!

Penasaran di mana saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Daejeon Museum of Art 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Daejeon Daejeon Museum of Art (daejeon.go.kr)

Daejeon Museum of Art atau juga dikenal dengan nama Daejeon Metropolitan Museum of Art merupakan museum seni kontemporer publik yang bertujuan untuk mengeksplorasi tren seni kontemporer Korea secara umum dan berupaya menyebarkan seni dan budaya di kalangan masyarakat melalui kegiatan pameran dan pendidikan.

Dibuka pada tanggal 15 April 1998, Daejeon Museum of Art ini berlokasi di 396 Mannyeon-dong, Distrik Seo, Daejeon. Di dalamnya terdapat ruang pameran dengan koleksi sekitar 1.100 item, toko buku, auditorium, ruang seminar, ruang sumber daya, ruang pelatihan, taman air mancur, dan taman rumput.

Daejeon Museum of Art pernah menjadi lokasi syuting drama She Was Pretty (MBC, 2015). Pada episode 1, Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) dan Ji Sung Joon (Park Seo Joon) memutuskan untuk bertemu untuk pertama kalinya setelah terpisah selama bertahun-tahun di air mancur depan museum. Namun, Hye Jin mengirim sahabatnya, Min Ha Ri (Ko Joon Hee), untuk menyamar sebagai dirinya.

2. Daejeon Modern History Exhibiton Hall 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Daejeon Daejeon Modern History Exhibiton Hall (english.visitkorea.or.kr)

Daejeon Modern History Exhibiton Hall adalah museum yang khusus menyimpan koleksi benda-benda bersejarah Dajeon selama abad ke-20. Dibuka untuk umum pada 1 Oktober 2013, bangunan museum ini dulunya merupakan gedung utama Pemerintah Provinsi Chungcheongnam yang terletak di 287-2 Jungang-ro, Seonhwa-dong, Distrik Jung, Daejeon.

Di dalamnya, pengunjung dapat melihat berbagai adegan sejarah dan perkembangan Daejeon selama 100 tahun terakhir dan ruang pameran khusus yang menampilkan sejarah, arsitektur, desain, dan berbagai bidang lainnya.

Daejeon Modern History Exhibiton Hall pernah digunakan sebagai lokasi syuting drama Queen of Mystery (KBS2, 2017) yang digambarkan sebagai 'Kantor Polisi Seodong'. Selain itu juga dalam drama Life on Mars (OCN, 2018) dan film The Attorney (2013).

3. Andorh Coffee 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Daejeon Dok. KBS2/Queen of Mystery

Selain Daejeon Modern History Exhibiton Hall, Andorh Coffee juga pernah menjadi salah satu latar tempat drama Queen of Mystery (KBS2, 2017). Pada episode 13, kafe ini digambarkan sebagai senior center dan pada episode 14 menjadi tempat penyelesaian kasus oleh Yoo Seol Ok (Choi Gang Hee).

Andorh Coffee merupakan sebuah kafe yang terletak wilayah 21 Ginkgo-dong, Distrik Jung, Daejeon. Berbeda dengan coffee shop pada umumnya yang memiliki eksterior eye-catching, bagian depan Andorh Coffee ini terlihat biasa saja. Tetapi begitu memasukinya, suasanya yang cozy dengan berbagai sajian minuman segar pun akan membuat siapapun betah berlama-lama di sana.

Baca Juga: 7 Lokasi Syuting KDrama di Busan Ini Gak Pernah Bikin Bosan Lho! 

4. Golfzon Zoimaru 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Daejeon Golfzon Zoimaru (golfzonzoimaru.co.kr)

Pada tahun 2019 lalu, Golfzon Zoimaru ini menjadi salah satu lokasi penting drama Search: WWW (tvN, 2019) dan digambarkan sebagai bagian dari kantor perusahaan mesin pencari, Barro. Bagian eksterior dan rooftop-nya kerap menjadi tempat Bae Ta Mi (Im Soo Jung) atau Cha Hyeon (Lee Da Hee) merenung.

Sedangkan bagian interiornya juga muncul dalam beberapa episode, misalnya ketika ketika Ta Mi berbicara dengan bosnya, Min Hong Joo/Brian (Kwon Hae Hyo), di ruang tunggu pada episode 6 atau ketika Cha Hyeon marah dan memukul kepala Pyo Joon Soo (Kim Nam Hee).

Golfzon Zoimaru merupakan taman hiburan sekaligus perusahaan penyedia layanan bermain golf secara virtual dan terintegrasi atau biasa disebut sebagai simulator golf yang terletak di 40 Expo-ro 97-beongil, Doryong-dong, Distrik Yuseong, Daejeon. Para pengunjung dapat bermain golf secara virtual pada sebuah layar lebar dan sensasinya sama seperti bermain golf di lapangan (nyata) di sini. 

Selain itu, di tempat ini juga terdapat tempat belanja dan pusat kuliner. Adegan dalam drama Search: WWW tersebut sebagian besar difilmkan di Membership Lounge dan Rooftop Garden.

5. Expo Bridge 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Daejeon Expo Bridge (daejeon.go.kr)

Tak jauh dari kantor Golfzon Zoimaru terdapat sebuah jembatan cantik berama Expo Bridge. Jembatan ini terlihat sebagai background dari atap kantor Barro dalam drama Search: WWW (tvN, 2019). Selain itu juga muncul dalam drama Angel's Last Mission: Love (KBS2, 2019) pada episode 1 ketika Kim Dan (L INFINITE/Kim Myung Soo) mengikuti Lee Yeon Seo (Shin Hye Sun) melintasi jembatan ini.

Expo Bridge atau juga dikenal dengan nama Expo Dari Bridge merupakan jembatan yang membelah Sungai Gapcheon sekaligus landmark Kota Daejeon. Jembatan ini dibangun pada tahun 1993 selama acara International Taejŏn Expo dan dirancang oleh Hui Lee Shun.

Lokasinya berada di kawasan Expo Science Park, Doryong-dong, Distrik Yuseong, Daejeon.

6. Government Complex Daejeon Station 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Daejeon Dok. OCN/Voice 2

Dalam drama Voice Season 2 (OCN, 2018), Government Complex Daejeon Station ini digambarkan sebagai Samsu Station. Pada episode 1, seorang pasien skizofrenia bernama Kang Doo Won (Yoon Byung Hee) menyandera para penumpang kereta api bawah tanah dan mengancam akan mengebom stasiun. Polisi bersama dengan Tim Golden Time kemudian berupaya menyelamatkan para sandera.

Government Complex Daejeon Station ini dibuka pada tahun 2006 yang terletak di Dunsan-dong, Distrik Seo, Daejeon dan melayani Daejeon Subway/Metro Line 1.

Lokasinya cukup strategis karena berada di pusat kota dan dikelilingi bangunan-bangunan penting, seperti Bank Korea, Rumah Sakit Universitas Eulji, Kantor Distrik Seo, Taman Sunmori, Gedung Pemerintah Daejeon, Kantor Statistik Regional Chungcheong, Terminal Bus Antar Kota Kompleks Pemerintah Daejeon, Situs Dusan Seonja dan juga Administrasi Makanan dan Obat Regional Daejeon.

7. Pai Chai University 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Daejeon Paichai University (archdaily.com)

Masih ingat ketika Cha Hyun Tae (Park Sung Geun) dibawa ke sebuah gereja dan berpura-pura sebagai pengkhotbah terkenal dalam drama Private Lives (JTBC, 2020)? Adegan dalam episode 1 tersebut dilakukan di Appenzeller Memorial Hall, Pai Chai University.

Pai Chai University didirikan oleh HG Appenzeller, misionaris Metodis pertama Korea pada tahun 1885 sebagai sekolah anak laki-laki. Kemudian diubah menjadi sebuah perguruan tinggi pada tahun 1895 dengan nama 'Pai Chai Hak Dang' dan disahkan oleh Raja Gojeong. Lokasinya berada di 155-40 Baejae-ro, Doma-dong, Distrik Seo, Daejeon.

Sedangkan Appenzeller Memorial Hall yang digunakan sebagai lokasi syuting drama Private Lives baru dibangun pada tahun 2005 dan terletak tak jauh dari pintu masuk utama kampus. Gedung ini berfungsi sebagai ruang pendidikan dengan program tambahan seperti kantor profesor, ruang kuliah, ruang persekutuan, dan kapel.

Selain Private Lives, kampus ini juga pernah beberapa kali menjadi lokasi syuting drama, diantaranya KBS Drama Special: Understanding of Social Dance (KBS2, 2019); Drama Stage: Goodbye My Life Insurance (tvN, 2018); dan film Honest Candidate (2020).

Nah, itu dia 7 tempat di Kota Daejeon yang pernah menjadi lokasi syuting drama-drama favorit kalian. Tertarik mengunjungi salah satunya?

Baca Juga: 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi 

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya