Comscore Tracker

Memorable, Ini Dia 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Mokpo 

Jalan-jalan ke kota kelahirannya Donghae Super Junior  

Mokpo merupakan wilayah setingkat kotamadya yang terletak di ujung barat daya semenanjung Korea atau tepatnya di Provinsi Jeollanam (Jeolla Selatan). Kota kelahiran Donghae Super Junior ini memiliki peran penting bagi Korea Selatan karena posisinya di tepi laut.

Selama masa penjajahan Jepang (1910-1945), Mokpo berfungsi sebagai pelabuhan untuk usaha komersial dan transportasi umum. Beberapa pulau di sekitarnya pun menjadi pelindung dari pasang surut air laut atau bahkan tsunami.

Dalam hal pariwisata, Mokpo memiliki banyak destinasi wisata mulai dari gunung, laut, pulau, museum, kuil, pasar, jembatan, penginapan, hingga festival-festival kebudayaan. Beberapa tempat wisata tersebut bahkan pernah menjadi lokasi syuting KDrama lho!

Penasaran di mana saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Mokpo Station 

Memorable, Ini Dia 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Mokpo Mokpo Station (visitkorea.or.id)

Mokpo Station ini pernah menjadi salah satu lokasi syuting drama Mama Fairy and the Woodcutter (tvN, 2018). Pada episode 3, trio peri yang terdiri dari Master Goo (Ahn Kil Kang), Park Shin Seon/Penyihir Park (Go Geon Han), dan Peri Oh (Hwang Young Hee) dengan penuh percaya diri keluar dari stasiun ini. Mereka mengira telah sampai di Seoul, padahal bukan.

Mokpo Station merupakan stasiun pemberhentian terakhir KTX di jalur Honam yang melintasi Provinsi Jeolla Utara dan Jeolla Selatan serta kereta dari Seoul ke Gwangju dan Mokpo.

Berlokasi di 98, Yeongsan-ro, Honam-dong, Mokpo, secara geografis posisi stasiun ini berada di bagian barat daya dan paling barat di semenanjung Korea. Tak heran jika Mokpo Station ini kerap menjadi persinggahan wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Jeju, Pulau Heuksan, dan wilayah lain di sekitarnya.

2. Mokpo Modern History Museum 

Memorable, Ini Dia 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Mokpo eksterior depan Mokpo Modern History Museum (mokpo.go.kr)

Para penggemar KDrama tentu tidak asing dengan bangunan yang satu ini? Yup, Hotel del Luna! Eksterior Mokpo Modern History Museum ini digambarkan sebagai hotel untuk persinggahan jiwa-jiwa yang telah meninggal dunia dalam drama yang dibintangi IU/Lee Ji Eun dan Yeo Jin Goo, Hotel del Luna (tvN, 2019). Hotel ini telah dijalankan selama berabad-abad oleh Jang Man Wol (IU).

Mokpo Modern History Museum merupakan sebuah museum yang menyajikan benda-benda peninggalan dan diorama sejarah pada masa penjajahan Jepang.

Bangunan ini awalnya digunakan sebagai kantor konsulat Jepang sejak tahun 1898. Setelah kemerdekaan, bangunan beralih fungsi beberapa kali, diantaranya sebagai Balai Kota Mokpo, perpustakaan kota, Institut Kebudayaan Mokpo, hingga menjadi museum sejak bulan Februari 2014.

Berlokasi di 6 Yeongsan-ro 29-beongil, Daeui-dong 2(i)ga, Mokpo, bangunan Mokpo Modern History Museum ini merupakan salah satu bangunan tertua di Mokpo dan telah ditetapkan sebagai Situs Bersejarah Nasional nomor 289. Para pengunjung yang ingin memasukinya dikenakan biaya yang bervariasi, yaitu KRW 500 (anak-anak), KRW 1.000 (remaja), dan KRW 2.000 (dewasa).

3. Seosan Sihwa Alley 

Memorable, Ini Dia 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Mokpo potret kawasan Seosan Sihwa Alley Mokpo (mokpo.go.kr)

Seosan Sihwa Alley merupakan salah satu dari sekian banyak mural village di Korea Selatan yang terletak di Kota Mokpo. Posisinya berada di wilayah perbukitan atau tepatnya di Borimadang-ro, Seosan-dong, Mokpo, dan memiliki pemandangan laut yang sangat indah.

Semula, Seosan Sihwa Alley ini merupakan pemukiman para nelayan. Namun, seiring perkembangan zaman, para generasi muda memilih bekerja di kota besar sehingga wilayah ini menjadi sepi dan ditinggalkan.

Pada tahun 2016, Pemerintah Kota Mokpo melalui Mokpo’s Urban Regeneration Leading Area Project mencanangkan ‘Seosan-dong Sihwa Alleyway Project’ yang bertujuan untuk menghidupkan kembali Seosan-dong. Istilah ‘Sihwa’ sendiri mengacu pada puisi dan gambar yang menghiasi beberapa sudut dinding wilayah ini.

Seosan Sihwa Alley pernah menjadi lokasi syuting utama drama Do Do Sol Sol La La Sol (KBS2, 2020) dan digambarkan sebagai kota fiksi bernama Eunpo. Sunwoo Joon (Lee Jae Wook) tinggal di wilayah ini dan Goo Ra Ra (Go Ara) juga mendirikan akademi ‘La La Land’ di sini.

Baca Juga: 7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama Korea

4. Youth Guest House 

Memorable, Ini Dia 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Mokpo Youth Guest House Mokpo (mokpo.go.kr)

Dalam drama Do Do Sol Sol La La Sol (KBS2, 2020), Youth Guest House ini digambarkan sebagai toko sandwich ‘Springtime’ tempat Sunwoo Joon (Lee Jae Wook) bekerja paruh waktu.

Goo Ra Ra (Go Ara), Cha Eun Seok (Kim Joo Hun), Jin Ha Young (Shin Eun Soo), dan Lee Seung Ki (Yoon Jong Bin) adalah pengunjung tetap toko ini dan mereka datang untuk ‘menyaksikan’ Joon bekerja. Tak heran jika sang manajer (Kim Yong Jin) menjuluki mereka sebagai anggota 'klub penggemar' Sunwoo.

Youth Guest House atau nama lainnya Cheongchun Guest House merupakan sebuah penginapan yang dibuka pada bulan April 2018 dan terletak di 39 Dalseong-gil, Mogwon-dong, Mokpo. Daya tarik utama penginapan ini adalah arsitektur bangunannya yang bergaya Jepang dan berusia lebih dari 80 tahun. Setiap kamarnya berkonsep mezzanine (dua lantai) dan ada kamar mandi di dalamnya.

Youth Guest House juga menyediakan halaman dan lahan parkir yang sangat luas, ruang makan bersama, berbagai permainan papan, proyektor untuk menonton film bersama, dan barbekyu dengan pemandangan Gunung Yudal. Tertarik menginap di sini?

5. Mokpo Marine Cable Car Yudalsan Platform 

Memorable, Ini Dia 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Mokpo Mokpo Marine Cable Car Yudalsan Platform (mmcablecar.com)

Mokpo Marine Cable Car Yudalsan Platform ini menjadi salah satu lokasi syuting memorable dalam drama Do Do Sol Sol La La Sol (KBS2, 2020).

Pada episode 1, Sunwoo Joon (Lee Jae Wook) dan Cha Eun Seok (Kim Joo Hun) mengunjungi platform ini secara terpisah untuk menikmati pemandangan indah kota fiksi ‘Eunpo'. Kemudian pada episode 8, Joon naik kereta gantung menuju platform ini bersama Goo Ra Ra (Go Ara).

Mokpo Marine Cable Car Yudalsan Platform merupakan salah satu dari tiga platform kereta gantung di Kota Mokpo yang diresmikan pada 8 September 2019. Wahana sepanjang 3,23 km (1,2 km bagiannya melintasi laut) dan tinggi 155 m ini menjadi kereta gantung terpanjang di Korea Selatan. Lokasinya berada di puncak Gunung Yudal dan menghubungkan Kota Mokpo dengan Pulau Goha.

Pemandangan berupa gunung, perkotaan, dan laut yang disajikan dari tempat ini dan dari cable car sangat indah seperti yang digambarkan dalam drama Do Do Sol Sol La La Sol. Kalian tertarik mengunjunginya?

6. Yudalsan’s Six Pavilion 

Memorable, Ini Dia 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Mokpo salah satu dari enam pavilion di kawasan Yudalsan/Gunung Yudal (mokpo.go.kr)

Masih dalam kawasan Gunung Yudal dan tak jauh dari Mokpo Marine Cable Car Yudalsan Platform, terdapat destinasi wisata lain yang tak kalah indah, yaitu Yudalsan’s Six Pavilion.

Gunung Yudal sendiri merupakan gunung setinggi 228 m yang berlokasi di Kota Mokpo. Di dalam kawasan ini terdapat enam pavilion yang bisa dikunjungi, yaitu Daehaglu, Dalsongak, Yuseongak, Gwanungak, Soyojeong, dan Palgakjeong.

Dari pavilion-pavilion tersebut, para pengunjung bisa menikmati keindahan Kota Mokpo dari atas, seperti yang terlihat dalam drama Do Do Sol Sol La La Sol (KBS2, 2020). Pavilion Daehaglu muncul dalam beberapa episode dan digambarkan sebagai tempat rahasia Sunwoo Joon (Lee Jae Wook) yang ia datangi bersama Goo Ra Ra (Go Ara).

Nah, itu dia 6 lokasi syuting KDrama di Kota Mokpo, Provinsi Jeollanam (Jeolla Selatan). Kalian bisa memasukannya dalam wishlist destinasi liburan ke Korea Selatan dan mengunjunginy nanti setelah pandemi COVID-19 ini berakhir ya!

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Romantis di Korea Selatan, Lokasi Syuting KDrama

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya