Comscore Tracker

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Nonsan Ini Seru Buat Dikunjungi Lho!

Mulai dari studio film Mr Sunshine hingga rumah hanok 

Nama Nonsan mungkin belum terlalu familiar jika dibandingkan dengan Seoul, Busan, atau Incheon. Wilayah setingkat kotamadya (-si) ini berada di Provinsi Chungcheongnam dan dikenal sebagai kota pertanian karena menjadi penghasil padi, ginseng, semangka, pir, dan berbagai varietas buah stroberi.

Dalam bidang pariwisata, Nonsan menawarkan berbagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan beberapa di antaranya dikenal publik setelah muncul dalam drama-drama populer. Di mana saja itu? Simak ringkasannya di bawah ini ya!

1. Sunshine Studio

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Nonsan Ini Seru Buat Dikunjungi Lho!potret suasana Sunshine Studio ketika musim dingin (instagram.com/sunshinestudio_kr)

Sunshine Studio ini menjadi destinasi wisata paling populer di Kota Nonsan, terutama setelah penayangan KDrama Mr. Sunshine (2018). Yup, di studio inilah sebagian besar adegan penting dalam drama yang dibintangi Lee Bo Hyun, Kim Tae Ri, dan Yoo Yeon Seok tersebut difilmkan, misalnya adegan di Glory Hotel. 

Selain Mr. Sunshine, Sunshine Studio juga pernah menjadi latar tempat drama The King: Eternal Monarch. Pada episode terakhir, Raja Lee Gon (Lee Min Ho) bertemu dengan Jeong Tae Eul (Kim Go Eun) di kawasan ini yang digambarkan sebagai dunia paralel lain di luar dunia mereka.

Sunshine Studio merupakan set film era kolonial yang sengaja dibuat untuk kepentingan produksi drama Mr. Sunshine dengan menyesuaikan periode awal tahun 1900-an. Dibuka pada 31 Oktober 2018, studio ini berada di dalam kompleks Sunshine Land, sebuah taman hiburan bertema militer. Lokasinya berada di 102 Bonghwang-ro, Yeonmu-eup, Nonsan.

2. Banyansa Temple 

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Nonsan Ini Seru Buat Dikunjungi Lho!potret gua di kompleks Banyansa Temple yang jadi lokasi syuting Extracurricular (blog.daum.net/dlwhdgkrmarkd)

Tahun 2020 lalu, gua yang berada di Banyansa Temple ini muncul dalam drama Extracurricular. Pada episode 10 atau episode terakhir, Oh Ji Soo (Kim Dong Hee) menyeret Seo Min Hee (Jung Da Bin) yang tidak sadarkan diri melalui gua ini dalam sebuah urutan mimpi.

Banyansa Temple merupakan kuil Buddha yang terletak di Desa Samjeon, 104 Samjeon-gil, Gayagok-myeon, Nonsan. Di dalam kompleks kuil terdapat aula Deungjeon, beberapa patung, taman bunga, dan sebuah gua di antara celah bukit yang menjadi lokasi syuting drama Extracurricular. Selama masa penjajahan Jepang, gua tersebut digunakan sebagai tambang batu kapur.

Selain itu juga terdapat gua lainnya yang digunakan sebagai altar pemujaan dan diberi nama Banyansa Cave Temple dan posisinya berada di bawah bukit kapur.

Baca Juga: 5 Rekomendasi KDrama Lee Sung Kyung, Terbaru Ada Shooting Star

3. Myeongjae House

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Nonsan Ini Seru Buat Dikunjungi Lho!potret kompleks Myeongjae House di Nonsan (twitter.com/koreantravel)

Myeongjae House menjadi salah satu latar tempat pada episode 10 dalam drama Monthly Magazine Home (2021). Yoo Ja Sung (Kim Ji Suk), Na Young Won (Jung So Min), dan tim Monthly Magazine berkunjung ke sebuah rumah yang cukup kuno selama 2 hari 1 malam untuk meliput rumah tersebut.

Myeongjae House dibangun pada tahun 1709 oleh Myeongjae Yun Jeung (1629-1714), seorang sarjana konfusianisme dan reformis politik terkenal dari Dinasti Joseon. Namun, Myeongjae tidak pernah menghuni rumah tersebut karena ia meninggal sebelum proses pembangunan selesai. Cucu laki-laki Myeongjae mulai menempatinya pada tahun 1725.

Berlokasi di 50 Noseongsanseong-gil, Noseong-myeon, Nonsan, saat ini Myoengjae House difungsikan sebagai rumah budaya yang menawarkan berbagai program dan pengalaman budaya kepada siapa pun.

Para pengunjung bisa berpartisipasi dalam kegiatan upacara minum teh, praktik pewarnaan alam, bermain musik klasik Korea (Gukak), menyantap hidangan tradisional, dan menginap di rumah hanok. Seru banget, kan?

4. Tapjeong Lake Ecological Park

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Nonsan Ini Seru Buat Dikunjungi Lho!Tapjeong Lake Ecological Park Nonsan (nonsan.go.kr)

Tapjeong Lake Ecological Park merupakan taman ekologi seluas 48.574 m² yang dibangun pada tahun 2010 sebagai pusat pembelajaran alam di kawasan Danau Tapjeong, 287-8 Chunggok-ri, Bujeok-myeon, Nonsan. Di dalamnya terdapat taman bunga liar, taman teratai, kolam capung, halaman rumput, observatorium, dan sebagainya.

Awal tahun 2021, salah satu sudut tempat di Tapjeong Lake Ecological Park, yaitu Tapjeong Lakeside Deck Walkway, muncul dalam drama A Love So Beautiful. Pada episode 2, Cha Heon (Kim Yo Han) berjalan di jembatan ini sembari mengingat kembali kenangan bersama mendiang ayahnya.

5. Hado-ri 1-gu Welfare Center

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Nonsan Ini Seru Buat Dikunjungi Lho!para pemain A Love So Beautiful di depan Hado-ri 1-gu Welfare Center Nonsan (dok. Kakao TV/A Love So Beautiful)

Hado-ri 1-gu Welfare Center juga menjadi salah satu lokasi syuting drama A Love So Beautiful. Pada episode 7, Cha Heon (Kim Yo Han), Shin Sol I (So Ju Yeon), Woo Dae Sung (Yeo Hoi Hyeon), Kang Ha Young (Cho Hye Joo), dan Jeong Jin Hwan (Jeong Jin Hwan) bermalam di sini.

Hado-ri 1-gu Welfare Center merupakan pusat kesejahteraan warga Desa Hado yang terletak di 110 Hado 1-gil, Noseong-myeon, Nonsan, sekitar 2 jam perjalanan ke selatan Seoul dengan kendaraan pribadi. 

 

Dari beberapa tempat di atas, tak dapat dipungkiri jika Sunshine Studio menjadi yang ramai didatangi wisatawan. Namun, hal ini bukan berarti tempat-tempat lainnya tidak seru untuk dikunjungi. Justru setiap tempat akan memberikan pengalaman yang berbeda dan pastinya tidak terlupakan. Mau berkunjung ke mana dulu, nih?

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting KDrama Yumi's Cells yang Menarik untuk Dikunjungi

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya