Comscore Tracker

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Siheung, Ada Mercusuar hingga Taman! 

Mana tempat yang ingin kalian kunjungi? 

Nama Siheung memang tidak sepopuler Seoul atau Busan, tetapi wilayah setingkat kotamadya (-si) di Provinsi Gyeonggi ini memiliki sejarah panjang sejak peiode Tiga Kerajaan dan menjadi bagian dari kerajaan Baekje.

Secara geografis, Siheung berada di wilayah pantai barat Korea Selatan dan berbatasan langsung dengan Laut Kuning.

Karena posisinya yang berada di tepi laut, Siheung pun memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari kawasan pantai hingga taman ekologi. Tak jarang pula tempat-tempat tersebut juga menjadi langganan lokasi syuting KDrama.

Wah di mana saja itu? Baca ringkasan di bawah ini sampai habis ya!

1. Oido red lighthouse 

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Siheung, Ada Mercusuar hingga Taman! potret Oido Red Lighthouse di Kota Siheung (ggtour.or.kr)

Sesuai dengan namanya, Oido Red Lighthouse ini merupakan sebuah mercusuar berwarna merah terang yang terletak di 175 Oido-ro, Jeongwang-dong, Kota Siheung.

Dibangun pada tahun 2005, mercusuar ini telah menjelma menjadi landmark Oido dan kawasan pantai barat Korea Selatan. Di sekitarnya juga terdapat pasar ikan dan kedai-kedai makanan dengan sajian aneka seafood yang segar dan lezat.

Keindahan Oido Red Lighthouse pernah muncul dalam drama lawas What’s Up Fox (2006). Pada episode 2 diperlihatkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dari sini.

Selain itu juga pernah menjadi latar tempat pada episode 7 dari Queen of Mystery (2017) ketika Ha Wan Seung (Kwon Sang Woo) dan Yoo Seol Ok (Choi Kang Hee) sedang dalam misi mencari saudara ipar Seol Ok di sekitar mercusuar ini.

2. Oido stork rock trail 

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Siheung, Ada Mercusuar hingga Taman! potret Oido Stork Rock Trail di Kota Siheung (ggtour.or.kr)

Tak jauh dari Oido Red Lighthouse terdapat sebuah jembatan terapung yang juga pernah menjadi lokasi syuting episode 7 drama Queen of Mystery (2017). Jembatan bernama Oido Stork Rock Trail yang berwana dominan kuning tersebut menjadi bagian dari Laut Oido dan sejajar dengan Dermaga Badari di Jeongwang-dong, Kota Siheung.

Di bagian awal jembatan terdapat sebuah instalasi gembok cinta yang juga terlihat dalam drama Queen of Mystery. Wilayah Songdo International Business District di Incheon bisa terlihat dengan sangat jelas dari jembatan ini.

Baca Juga: 6 Lokasi Syuting KDrama di Ulsan, Ada Kampus Yoo Na Bi di Nevertheless

3. Oido station 

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Siheung, Ada Mercusuar hingga Taman! potret bagian luar dari Oido Station di Siheung (siheung.grandculture.net)

Apabila kalian dari Seoul dan hendak pergi ke Oido Lighthouse atau Oido Stork Rock Trail, maka tempat pertama yang harus kalian tuju adalah Oido Station.

Stasiun kereta api bawah tanah yang dibuka pada tahun 2000 ini melayani Seoul Subway Line 4 dan Suin Line. Lokasinya berada di 430 Yeokjeon-ro, Jeongwangbon-dong, Kota Siheung.

Tahun 2019 lalu, Oido Station ini pernah menjadi lokasi syuting drama Everything and Nothing. Pada episode 2, Ahn Seo Yeon (Park Shi Eun) dan Go Min Jae (Yoon Chan Young) turun di stasiun ini di episode 2 untuk mengakhiri kejadian yang terjadi dalam dalam hidup mereka beberapa waktu terakhir.

4. Siheung gaetgol ecological park  

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Siheung, Ada Mercusuar hingga Taman! potret Siheung Gaetgol Ecological Park dengan Wave Observatory-nya (grand.ggtour.or.kr)

Siheung Gaetgol Ecological Park ini mulai dikenal oleh para penggemar KDrama di seluruh dunia sejak menjadi latar drama Encounter (2018-19).

Pada episode 8, Kim Jin Hyuk (Park Bo Gum) mengajak Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo) jalan-jalan ke taman ini dan menaiki Wave Observatory yang berada di sana. Kawasan tersebut juga muncul pada episode 11 drama When The Weather Is Fine (2020).

Siheung Gaetgol Ecological Park dibangun pada antara tahun 1934 sampai 1936 dan digunakan sebagai lahan produksi garam yang diekspor ke Jepang melalui bekas Jalur Suin dan Jalur Gyeongbu ke Pelabuhan Busan. Kemudian pada tahun 2012 dialihfungsikan sebagai cadangan lahan basah nasional di wilayah laut timur Korea Selatan.

Lokasinya berada di 287 Dongseo-ro, Yeonseong-dong, Kota Siheung.

Selain area taman, di kawasan ini juga terdapat Wave Observatory, sebuah menara kayu yang melingkar seperti spiral dan menjadi daya tarik utama para wisatawan. Dari atas menara ini para wisatawan bisa melihat pemandangan taman dan sakitarnya yang sangat indah.

5. Baegot hanul park 

5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Siheung, Ada Mercusuar hingga Taman! potret keindahan Baegot Hanul Park dilihat dari atas (lak.co.kr)

Baegot Hanul Park merupakan taman sebuah taman tepi laut ramah lingkungan dengan jalur lahan basah sepanjang 6 km yang terletak di 61 Haesongsimni-ro, Jeongwang 3(sam)-dong, Kota Siheung. Taman ini dibuka pada tahun 2018 setelah 6 tahun konsepsi. Di dalamnya juga terdapat dataran pasang surut air, kolam air laut, dan lokasi berkemah luar ruangan.

Baegot Hanul Park mulai dikenal publik sejak muncul dalam drama When My Love Blooms (2020) yang digambarkan sebagai Beethoven Park dan menjadi tempat kencan Yoon Ji Soo (Lee Bo Young) dan Han Jae Hyun (Yoo Ji Tae) pada episode 13. Ahn Jeong Ha (Park So Dam) dan Sa Hye Joon (Park Bo Gum) juga berkencan di taman ini pada episode 6 dan 7 drama Record of Youth (2020).

Sebagai daerah tepi laut, tak heran apabila pemilihan lokasi syuting di Siheung banyak dilakukan di kawasan yang juga tak jauh dari laut. Menarik semuanya, bukan?

Jika suatu hari nanti ada kesempatan pergi ke Siheung, tempat mana yang ingin kalian kunjungi?

Baca Juga: 10 Pantai Terpopuler di Korea Selatan, Ada Lokasi Syuting KDrama Lho!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya