Comscore Tracker

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangyang Ini Sayang untuk Dilewatkan 

Bisa jadi rekomendasi wisata setelah pandemi berakhir 

Awal tahun 2021 ini, nama Yangyang sempat hits ini di kalangan para penggemar KDrama. Hal ini dikarenakan beberapa scene dalam drama Lovestruck in the City (KakaoTV/Netflix, 2020-21) diambil di kota tersebut. Ditambah lagi kisah cinta antara Ji Chang Wook dan Kim Ji Won yang bikin baper hingga muncul julukan Yangyang Couple. Ada-ada saja!

Yangyang atau dalam bahasa Korea disebut Yangyang-gun merupakan sebuah wilayah setingkat kabupaten yang terletak di pantai timur Korea Selatan, tepatnya di Provinsi Gangwon. Yangyang dikenal sebagai penghasil jamur pinus dan ikan, terutama ikan salmon.

Selain itu juga memiliki hamparan pantai dengan pemandangan matahari terbitnya yang indah dan beberapa tepat wisata lain yang tak kalah cantik. Bahkan beberapa di antaranya pernah menjadi lokasi syuting KDrama lho! Penasaran di mana saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Yangyang International Airport 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangyang Ini Sayang untuk Dilewatkan Ji Chang Wook di Yangyang International Airport (instagram.com/kakaotv.official)

Setiap akan pergi ke suatu kota atau negara, umumnya tempat pertama yang kamu kunjungi adalah bandara, stasiun, pelabuhan atau terminal. Begitu pula jika hendak pergi ke Kota Yangyang.

Jika kamu naik pesawat dari Seoul, maka tujuan pertama tentu saja Yangyang International Airport. Bandara ini terletak di 201 Gonghang-ro, Sonyang, Yangyang serta melayani wilayah Sokcho, Gangneung, dan Pyeongchang.

Yangyang International Airport pernah menjadi salah satu lokasi syuting drama Lovestruck in the City (KakaoTV/Netflix, 2020-21). Pada episode 1, Park Jae Won (Ji Chang Wook) pergi bercuti selama satu bulan ke Yangyang. Ketika tiba di bandara ini, ia dijemput oleh Lee Eun Oh (Kim Ji Won). Di sinilah kisah cinta keduanya dimulai.

2. Daemyung Sol Beach Hotel and Resort 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangyang Ini Sayang untuk Dilewatkan Daemyung Sol Beach Hotel and Resort (sonohotelsresorts.com)

Para fans berat Min-Min dan Bong-Bong couple yang belum move on dari drama Strong Woman Do Bong Soon (JTBC, 2017) pasti masih ingat dengan Daemyung Sol Beach Hotel and Resort ini. Pasalnya adegan yang ditampilkan di sini sangat membekas di benak para penggemar, yaitu ketika Ahn Min Hyuk (Park Hyung Sik) mengajak Bong Soon (Park Bo Young) ‘lokakarya’ untuk proyek gim milik Bong Soon di sebuah hotel.

Min Hyuk kemudian mengajak Bong Soon jalan-jalan hingga akhirnya ke pantai. Keduanya menggambar bentuk hati di atas pasir. Min Hyuk menyatakan perasaan untuk kesekian kalinya kepada Bong Soon dan ingin resmi berkencan dengannya.

Hotel dan pantai yang dikunjungi Min Hyuk dan Bong Soon merupakan bagian dari Daemyung Sol Beach Hotel and Resort. Kawasan ini terletak di 678 Seonsayujeok-ro, Desa Osan-ri, Soyang-myeon, Yangyang. Di dalamnya juga terdapat banyak fasilitas penunjang, seperti kafe, restoran, tempat bermain anak-anak, tempat karaoke, sunset cinema, dan masih banyak lainnya.

3. Naksan Beach 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangyang Ini Sayang untuk Dilewatkan Naksan Beach (english.visitkorea.or.kr)

Naksan Beach ini mungkin cukup familiar di kalangan penggemar KDrama. Pasalnya pantai ini sering menjadi lokasi beberapa drama populer, mulai dari Romance is a Bonus Book (로맨스는 ) (tvN, 2019); Familiar Wife (tvN, 2018); Pretty Noona Who Buys Me Food (JTBC, 2018); Graceful Friends (JTBC, 2020); hingga Another Miss Oh (tvN, 2016).

Naksan Beach merupakan representasi ‘wajah’ pantai timur Provinsi Gangwon yang dikunjungi oleh 2 juta orang wisatawan setiap tahun, khususnya pada musim panas sebelum pandemi covid-19 melanda. Lokasinya berada di 59 Haemaji-gil, Desa Jeonjin, Ganghyeon-myeon, Yangyang atau sekitar 4 jam perjalanan dari Seoul dengan menggunakan kendaraan umum.

Pantai yang dibuka pada tahun 1963 ini memiliki perairan yang cukup dangkal, pasir yang bersih sepanjang 4 km dengan latar belakang hutan pinus yang lebat, dan aliran Namdaecheon yang mengalir dari Gunung Seorak. Suasana matahari terbit di pantai ini menjadi pesona tersendiri dan kerap mengundang decak kagum bagi siapapun yang menyaksikannya.

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Anseong Ini Memorable Banget Lho! 

4. Cafe La Mer Bleue 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangyang Ini Sayang untuk Dilewatkan Cafe La Mer Bleue dalam drama Romace is a Bonus Book (program.tving.com)

Jika berkunjung ke Naksan Beach, jangan lupa sekalian mampir ke Cafe La Mer Bleue. Kafe yang pernah menjadi salah satu lokasi syuting drama Romance is a Bonus Book (tvN, 2019) ini berada tepat di seberang Pantai Naksan atau tepatnya di 28 Haemaji-gil, Desa Jucheong, Ganghyeon-myeon, Yangyang.

Pada episode 5, Cha Eun Ho (Lee Jong Suk), Kang Dan Yi (Lee Na Young) dan Song Hae Rin (Jung Eugene) datang ke kafe ini setelah semalamam menunggu di luar rumah penulis Park Jeong Sik (Lee Kang Wook). Ketika Eun Ho melangkah keluar dari kafe untuk menjawab panggilan dari Kim Jae-min (Kim Tae-woo), penulis Park pun menghampirinya.

Cafe La Mer Bleue menyediakan berbagai macam kopi, smoothie, smoothie yogurt, latte, es krim, jus buah, aneka roti panggang, dan wafel yang rasanya cukup nikmat. Tak hanya itu, suasana nyaman dengan jendela kaca lebar membuat para pengunjung di dalamnya bisa memandangi laut dengan bebas. Kamu berminat ke sini?

5. Naksansa Temple 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangyang Ini Sayang untuk Dilewatkan Naksansa Temple (english.visitkorea.or.kr)

Tak jauh dari Naksan Beach, terdapat sebuah kompleks kuil Buddha berusia lebih dari 1300 tahun yang pernah menjadi salah satu lokasi syuting drama Birth of a Beauty (SBS, 2014-15). Kuil bernama Naksansa ini dibangun pada tahun 671 oleh biksu Buddha Uisang Daesa (Grand Master Uisang), seorang duta besar Raja Munmu ke-30 dari Periode Silla. Lokasinya berada di 100 Naksansa-ro, Desa Jeonjin, Ganghyeon-myeon, Yangyang.

Di dalam kompleks Kuil Naksansa terdapat Paviliun Uisangdae berbentuk segi delapan yang pernah menjadi tempat biksu Uisang bermeditasi. Kuil ini telah mengalami perkembangan, rekonstruksi, dan renovasi di bawah pemerintahan dinasti dan raja-raja yang memerintah pada periode tertentu, termasuk rekonstruksi setelah terbakar selama invasi Mongolia pada abad ke-13.

Setiap tahun baru diadakan Festival Matahari Terbit di kuil ini hingga pantai Naksan. Sebelumnya akan diadakan upacara membunyikan lonceng, Donghae Shinmyo, upacara leluhur, dan acara seni budaya. Tak hanya itu, di bibir pantai juga diadakan pesta kembang api lho!

6. Seorak Beach 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangyang Ini Sayang untuk Dilewatkan Kim Soo Hyun di Seorak Beach (instagram.com/soohyun_k216)

Di antara Naksan Beach dan Naksansa Temple, terdapat sebuah pantai yang pernah menjadi lokasi syuting drama paling fenomenal tahun 2020 lalu: It’s Okay to Not Be Okay (tvN, 2020).

Pantai bernama Seorak ini muncul pada episode 9 ketika Ko Moon Young (Seo Yea Ji) yang sedang marah kepada Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) mempercepat laju mobilnya menuju pantai ini dan hampir menabrak barisan pemecah gelombang. Ia menyuruh Gang Tae keluar dari mobil dan meninggalkannya seorang diri.

Pantai Seorak merupakan sebuah pantai yang terletak di antara dua desa, yaitu Desa Yongho dan Desa Jeongjin, Ganghyeon-myeon, Yangyang. Di sana terdapat dermaga dengan pemecah gelombang dan sebuah mercusuar berwarna merah di bagian ujungnya seperti yang terlihat dalam drama It’s Okay to Not Be Okay.

7. Dongsan Beach 

7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangyang Ini Sayang untuk Dilewatkan Dongsan Beach (korearank.com)

Para penggemar drama lawas Flower Boy Next Door (tvN, 2013) pasti sedang berusaha mengingat-ingat memori tentang pantai ini, kan? Dongsan Beach menjadi tempat kencan Enrique Geum (Yoon Si Yoon) dan Ko Dok Mi (Park Shin Hye) pada episode 4. Enrique kemudian membangun istana pasir besar sementara Dok Mi terlihat mematung dan hanya menatap laut.

Dongsan Beach merupakan sebuah pantai yang terletak di sebelah utara Pelabuhan Dongsan atau tepatnya di 90-35, Desa Dongsan, Hyeonnam-myeon, Yangyang. Pantai sepanjang 800m dan lebar sekitar 50m ini dikenal karena airnya yang bersih dan dangkal dipadu dengan pasir yang halus.

Tak jauh dari pantai terdapat desa nelayan tradisional dan para pengunjung bisa membeli ikan segar di sana. Ditambah lagi di pantai ini juga menyediakan area perkemahan yang memungkinkan siapapun bisa mendirikan tenda dan berkemah di sana. Seru banget, kan?

Nah, itu dia 7 lokasi syuting KDrama di Yangyang yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi dan tentunya sayang untuk dilewatkan. Kamu berencana ke sana setelah pandemi COVID-19 ini berakhir nanti?

Baca Juga: 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi 

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya