Comscore Tracker

Akuarium Sampai Pantai, Ini 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yeosu

Ada tempat syuting drama Nevertheless juga lho!

Kota Yeosu atau Yeosu-si selama ini dikenal sebagai kota pelabuhan sekaligus kota paling penting di bagian selatan Semenanjung Korea. Kota yang terletak di Provinsi Jeollanam ini memiliki 317 pulau dengan rincian 49 pulau berpenghuni dan 268 tak berpenghuni. Selain itu, Yeosu juga menjadi pusat transportasi perkapalan antar pulau-pulau di Laut Selatan dan tempat pengolahan hasil tangkapan laut.

Karena posisi geografisnya yang berbatasan langsung dengan laut menjadikan Yeosu kerap didatangi wisatawan untuk berlibur. Tak sedikit pula tempat-tempat di Yeosu yang pernah dijadikan lokasi syuting KDrama.

Ingin tahu di mana saja tempat-tempat tersebut? Baca ulasan di bawah ini baik-baik ya!

1. Hanhwa Aqua Planet Yeosu

Akuarium Sampai Pantai, Ini 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yeosupotret Hanhwa Aqua Planet Yeosu (english.visitkorea.or.kr)

Ingat dengan akuarium raksasa tempat pertemuan Heo Joon Jae (Lee Min Ho) dengan Shim Chung (Jun Ji Hyun) dalam drama Legend of the Blue Sea (2016-17)? Keduanya yang sempat berpisah di Spanyol akhirnya berjumpa kembali di Korea Selatan. Sayangnya, Joon Jae tidak mengenali Shim Chung karena ia kehilangan ingatan. 

Tempat pertemuan Joon Jae dan Shim Chung tersebut adalah Hanhwa Aqua Planet Yeosu, sebuah kompleks akuarium terbesar kedua di Korea Selatan yang terletak di 61-11, Odongdo-ro, Yeosu. Di dalam bangunan tiga lantai ini terdapat kurang lebih dari 55.000 makhluk laut dari 300 spesies. 

Hanhwa Aqua Planet Yeosu dibuka pada 2012 bertepatan dengan Yeosu World Expo. Akuarium ini menggunakan tenaga surya sehingga ramah lingkungan dan juga terdapat toko souvenir, toilet umum, food court, dan kafe.

Setiap pengunjung dikenakan biaya masuk mulai dari KRW 29.000 sampai 42.000 tergantung usia (anak-anak pastinya lebih murah). 

2. Hyangiram Hermitage

Akuarium Sampai Pantai, Ini 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yeosupotret Hyangiram Hermitage di Pulau Dolsan-Yeosu (yeosu.go.kr)

Hyangiram Hermitage merupakan salah satu dari empat kuil atau pertapaan Buddha untuk memuja Bodhisattva Avalokitesvara yang didirikan oleh Biksu Wonhyo pada tahun 644 M.

Semula, kuil ini bernama Wontongam kemudian diubah menjadi Geumoam pada tahun 958 M dan Hyangiram pada tahun 1715 M. Lokasinya berada di Pulau Dolsan, 60, Hyangiram-ro, Dolsan-eup, Yeosu.

Hyangiram Hermitage pernah menjadi salah satu lokasi syuting drama Temperature of Love (2017). Pada episode 16, On Jung Sun (Yang Se Jong) dan Lee Hyun Soo (Seo Hyun Jin) pergi bersama ke sini dalam rangka berlibur. Ketika tersesat, Hyun Soo pun menyadari bahwa ia sangat mencintai Jung Sun dan segera mengatakan 'saranghae' kepadanya.

3. Soho Dongdong Bridge

Akuarium Sampai Pantai, Ini 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yeosupotret Yang Se Jong dan Seo Hyun Jin di Soho Dongdong Bridge (dok. SBS/Temperature of Love)

Setelah dari Hyangiram Hermitage, On Jung Sun (Yang Se Jong) dan Lee Hyun Soo (Seo Hyun Jin) pergi jalan-jalan ke Soho Dongdong Bridge. Tanpa terduga, Park Jung Woo (Kim Jae Wook) mengetahui keduanya sedang bersama dan akhirnya menyadari bahwa mereka saling menyukai.

Soho Dongdong Bridge merupakan jembatan dek kayu untuk pedestrian sepanjang 742 meter dan lebar 3,5 meter yang membentang di atas pantai dari Soho-dong Hoi Center ke Yacht Marina di kawasan Soho-ro, Yeosu. Jembatan ini akan semakin terlihat indah pada malam hari karena lampu berwarna-warni yang menyala di bagian pembatasnya.

Baca Juga: 6 Wisata Historikal yang Jadi Lokasi Syuting The King's Affection

4. Yeosu Expo Digital Gallery

Akuarium Sampai Pantai, Ini 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota YeosuYeosu Expo Digital Gallery (instagram.com/glassociates_official)

Tahun 2020 lalu, Yeosu Expo Digital Gallery ini muncul pada episode 5 drama paling fenomenal The King: Eternal Monarch.

Jeong Tae Eul (Kim Go Eun) yang sudah berada di dunia paralel Kerajaan Corea pergi ke Busan Station dan membeli tiket kereta menuju Seoul. Jo Yeong (Woo Do Hwan) mengikuti dan mengawasinya dari belakang. 

Busan Station dalam dunia paralel tersebut sebenarnya adalah Yeosu Expo Digital Gallery (EDG), sebuah aula atau ruang digital yang menyajikan berbagai pertunjukan budaya bahari (Digital Ocean) melalui layar LED super besar yang ada di atas langit-langit gedung.

Lokasinya berada di dalam Yeosu World Expo, 1 Expo-gil, Yeosu, tak jauh dari Expo Station. 

5. Yeo U Ceramic Experience

Akuarium Sampai Pantai, Ini 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yeosuinterior dari Yeo U Ceramic Experience di Yeosu (instagram.com/yeouceramic_experience)

Para penggemar KDrama Nevertheless barangkali tidak asing dengan tempat yang satu ini. Yeo U Ceramic Experience muncul dalam drama yang dibintangi Han So Hee dan Song Kang tersebut sebagai studio keramik milik bibi Yoo Na Bi yang diperankan oleh Yoon Sa Bong. Na Bi berkunjung ke sini pada episode 6 untuk menenangkan diri.

Yeo U Ceramic Experience merupakan studio yang memproduksi dan menjual beraneka ragam hasil kerajinan tangan keramik dan tembikar, mulai dari gelas/mug, mangkuk, piring, patung, vas bunga, dan sebagainya.

Studio ini juga menyediakan program atau kursus pembuatan kerajinan keramik untuk anak-anak hingga dewasa. Lokasinya berada di 53, Jeongseong-ri-gil, Yeosu.

6. Yeosu Traditional West Market

Akuarium Sampai Pantai, Ini 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yeosupotret Han So Hee dan Chae Jong Hyeop di Yeosu Traditional West Market (dok. JTBC/Nevertheless)

Selain Yeo U Ceramic Experience, tempat lain di Yeosu yang juga muncul dalam drama Nevertheless adalah Yeosu Traditional West Market. Pada episode 6, Yoo Na Bi (Han So Hee) membantu Yang Do Hyeok (Chae Jong Hyeop) berbelanja bahan makanan untuk teman-teman kuliah Na Bi yang akan menginap di guesthouse milik keluarga Do Hyeok. 

Yeosu Traditional West Market pertama kali dibuka pada tahun 1934 dan terletak di3 Jungang-ro, Seogyo-dong, Yeosu. Para pedagang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari, mulai dari buah-buahan, sayur mayur, daging sapi dan ayam segar, barang rumah tangga, pakaian hingga beberapa kedai makanan. 

Sebagian besar kios-kios pedagang berada di dalam gedung dan selebihnya tersebar di kedua sisi Sungai Yeondeungcheon. Tepat di depan pasar ini terdapat Gyodong Fish Market yang menjual berbagai macam hasil laut segar.

7. Manseong-ri Black Sand Beach

Akuarium Sampai Pantai, Ini 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yeosupotret suasana di Manseong-ri Black Sand Beach-Yeosu (english.visitkorea.or.kr)

Satu lagi tempat di Yeosu yang menjadi lokasi syuting Nevertheless, yaitu Manseong-ri Black Sand Beach. Teman-teman kuliah Yoo Na Bi (Han So Hee) pergi ke pantai ini pada malam hari untuk bermain kembang api setelah barbekyu di guesthouse. Yang Do Hyuk (Chae Jong Hyeop) bertugas menjadi fotografer mereka. 

Manseong-ri Black Sand Beach merupakan pantai sepanjang 540 meter dan lebar 25 meter yang terletak di 15-1, Manseongri-gil, Manheung-dong, Yeosu. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir hitam kasar. Konon katanya, pasir tersebut bermanfaat untuk menghilangkan racun dari tubuh dan membantu sirkulasi secara keseluruhan.

Setiap tahun pada tanggal 20 April dalam kalender lunar diadakan Sand-Bathing Festival atau festival mandi pasir. Saat itu pasir berada pada suhu terhangat sehingga efektif menjaga kesehatan. Kalian tertarik mandi pasir di sini?

Memang tak dapat dipungkiri bahwa sekecil apapun kota di Korea Selatan tetap memiliki 'sesuatu' yang menarik untuk dikunjungi. Termasuk Yeosu ini.

Meski posisinya sangat jauh dari Seoul dan berada di ujung selatan Semenanjung Korea, pesonanya yang terlihat dalam drama-drama di atas membuat siapapun ingin segera packing ke sana. Setuju? 

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting KDrama Jirisan Ini Bisa Kalian Kunjungi Lho!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya