Comscore Tracker

5 Lokasi Syuting KDrama di Namwon, Ada Tempat Pendakian Gunung Jiri!

Cukup sehari bisa mengunjungi semuanya lho!

Lokasi syuting KDrama di Korea Selatan memang tak ada habisnya untuk dibahas. Melalui drama jugalah kota-kota di Negeri Ginseng tersebut dikenal hampir di seluruh dunia. Begitu juga dengan Namwon.

Wilayah setingkat kotamadya (-si) di Provinsi Jeollabuk ini dikenal sebagai kota cinta karena di sinilah cerita rakyat Chunhyangjeon lahir. Chunhyangjeon sendiri menceritakan tentang perjalanan cinta Yi Mong Ryong dan Chun Hyang alias Romeo and Juliet-nya Korea.

Kota ini pun semakin dikenal ketika beberapa destinasi wisata yang ada di sana muncul dalam drama-drama populer. Di mana saja lokasi syuting KDrama di Namwon? Simak rangkuman di bawah ini ya!

1. Gwanghalluwon Garden

5 Lokasi Syuting KDrama di Namwon, Ada Tempat Pendakian Gunung Jiri!potret Yeo Jin Goo dan Lee Se Young di Gwanghalluwon dalam drama The Crowned Clown (dok. tvN/The Crowned Clown)

Para penggemar drama sageuk barangkali sudah tidak asing dengan Gwanghalluwon Garden. Taman bersejarah ini kerap muncul dalam drama-drama yang berlatar kerajaan atau sejarah, seperti Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016), Moonlight Drawn By Clouds (2016), The Crowned Clown (2019), Mr. Queen (2020-21), dan Lovers of the Red Sky (2021).

Berlokasi di 447, Yocheon-ro, Namwon, Gwanghalluwon Garden ini diyakini sebagai tempat pertemuan Yi Mong Ryong dan Chun Hyang dalam cerita rakyat Chunhyangjeon. Namun, sebenarnya dahulu taman ini digunakan sebagai kediaman politikus era Joseon, Hwang Hui.

Pada tahun 1434 di bawah pemerintahan Raja Sejong dari Dinasti Joseon, kompleks taman dibangun dan diberi nama Gwanghalluwon. Di dalamnya terdapat Paviliun Gwanghallu, Paviliun Wanwoljeong, Wolmaejip, Bangjangjeong, Cheongheobu, dan Jembatan Ojakgyo.

Taman ini juga telah ditetapkan sebagai National Cultural Heritage Scenic Spot No. 33 pada 8 Januari 2008.

2. Old Seodo Station

5 Lokasi Syuting KDrama di Namwon, Ada Tempat Pendakian Gunung Jiri!potret peron Old Seodo Station Namwon (wishbeen.co.kr)

Old Seodo Station merupakan sebuah stasiun tua yang dibangun pada tahun 1932 dan sebagian besar konstruksinya menggunakan kayu. Berlokasi di 32, Seodo-gil, Samae-myeon, Namwon, stasiun ini telah berhenti beroperasi pada tahun 2002 setelah pembangunan Stasiun Seodo yang baru dan kini digunakan sebagai destinasi wisata.

Tahun 2018 lalu, Old Seodo Station pernah menjadi latar tempat dalam drama Mr. Sunshine. Di depan peron stasiun inilah Goo Dong Mae (Yoo Yeon Seok) duduk bersila menunggu Go Ae Shin (Kim Tae Ri) untuk mengetahui apa yang terjadi dengannya.

Baca Juga: 7 Lokasi Syuting KDrama di Yeoju, Ada Rumah Park Seo Joon dan Hyun Bin

3. Namwon Land

5 Lokasi Syuting KDrama di Namwon, Ada Tempat Pendakian Gunung Jiri!adegan para pemain drama Youth of May di Namwon Land (dok. KBS2/Youth of May)

Seperti di beberapa wilayah di Korea Selatan yang memiliki amusement park atau taman hiburan, Kota Namwon juga punya Namwon Land. Taman hiburan ini pernah muncul dalam drama Youth of May (2021). Pada episode 6, Hwang Hee Tae (Lee Do Hyun) dan Kim Myung Hee (Go Min Si) mengajak adik-adik mereka berkunjung dan bermain ke sini.

Namwon Land merupakan taman taman hiburan terbesar di kota Namwon, yang terletak di dalam Kompleks Wisata Namwon, 58-13 Yangnim-gil, Noam-dong, Namwon. Di dalamnya terdapat berbagai wahana permainan, mulai dari bianglala, komidi putar, viking (seperti kora-kora di Dufan), bumper car, kereta rusa, dan masih banyak lainnya. 

4. Heungbugol Recreational Forest

5 Lokasi Syuting KDrama di Namwon, Ada Tempat Pendakian Gunung Jiri!potret kawasan Heungbugol Recreational Forest Namwon (instagram.com/heungbu_gol)

Para penonton setia drama Jirisan yang masih on going pasti tidak asing dengan salah satu bangunan di kawasan Heungbugol Recreational Forest ini. Ya, bangunan tersebut digambarkan sebagai Haedong Ranger Station yang berada di Jirisan National Park dan terlihat pada adegan kedatangan Kang Hyun Jo (Ju Ji Hoon) pada misi penyelamatan tahun 2018.

Heungbugol Recreational Forest merupakan hutan rekreasi dengan pepohonan cemara berusia 55 tahun yang menjadi bagian awal dari Inwol-Geumgye walking tour course dan terletak di 125 Guinwol-gil, Inwol-myeon, Namwon.

Di dalam kompleksnya terdapat gedung pelatihan kelompok, 7 buah rumah hutan untuk penginapan, rumah Heungbu, dapur umum, dan kamar mandi umum.

Jirisan Dulle-gil yang menghubungkan lingkar Gunung Jirisan juga ada di kawasan ini dan kerap didatangi pendaki atau wisatawan yang ingin menikmati pemandangan hutan dan persawahan sekaligus.

5. Jirisan Baemsagol Visitor Center 

5 Lokasi Syuting KDrama di Namwon, Ada Tempat Pendakian Gunung Jiri!Jirisan Baemsagol Visitor Center Namwon (blog.naver.com/chonsaram2)

Jika dalam drama Jirisan (2021) Heungbugol Recreational Forest digambarkan sebagai Haedong Rangers Station tahun 2018, maka Jirisan Baemsagol Visitor Center muncul sebagai Haedong Rangers Station tahun 2020 . Seo Yi Gang (Jun Ji Hyun) kembali ke sini dengan kursi roda.

Jirisan Baemsagol Visitor Information Center merupakan pusat informasi bagi para wisatawan atau pendaki Gunung Jiri (Jirisan) yang dibuka pada bulan Mei 2007. Lokasinya berada di San 93-4, Buun-ri, Sannae-myeon, Namwon.

Bangunan ini terdiri dari dua lantai yang masing-masing digunakan untuk memamerkan sejarah, budaya lanskap, dan ekosistem alami Gunung Jiri di lantai pertama serta perkenalan dan aktivitas para ranger di lantai kedua.

Cukup menarik tempat-tempatnya, bukan? Tak hanya tempat bersejarah, tetapi juga ada taman hiburan dan tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan indah. Kalian tertarik mengunjungi semuanya?

Baca Juga: 9 Fakta Sunshine Studio yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Mr. Sunshine

Fasrinisyah Suryaningtyas Photo Verified Writer Fasrinisyah Suryaningtyas

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya