Comscore Tracker

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Pulau Ganghwa-Incheon

Banyak tempat bersejarah dengan pemandangan menawan di sini

Pulau Ganghwa atau nama resminya Ganghwa-do merupakan pulau terbesar keempat di Korea Selatan yang terletak di muara Sungai Han dan Laut Kuning atau tepatnya di kabupaten Ganghwa (Ganghwa-gun), Incheon.

Pulau dengan luas mencapai 302,4 km2 ini mendominasi sebagian besar wilayah kabupaten Ganghwa. Bahkan posisnya sangat dekat dengan Kaesong di Korea Utara dan hanya dipisahkan oleh sungai.

Kabupaten Ganghwa sendiri meskipun berstatus kabupaten atau county (-gun) tetapi secara adminstratif berada di bawah Kota Metropolitan Incheon.

Pulau Ganghwa juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di pantai barat Korea Selatan, khususnya wisata sejarah dan alam. Tak heran jika beberapa KDrama melakukan pengambilan gambar dan menunjukkan sisi indah pulau ini.

Penasaran di mana saja? Simak ulasannya di bawah ini ya! 

1. Wooilgak 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Pulau Ganghwa-Incheonpotret pintu utama kompleks Wooilgak (cinecafe.kr)

Wooilgak atau Grand House merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Pulau Ganghwa. Kompleks rumah hanok dengan 99 kamar ini dibangun pada tahun 1925 sebagai kediaman pribadi. Lokasinya berada di Desa Onsu, 74 Onsu-gil, Gilsang-myeon, Pulau Ganghwa, Incheon.

Sejak tahun 1998 hingga sekarang, tempat ini difungsikan sebagai arena pertunjukan dan syuting KDrama, film, atau acara-acara hiburan lainnya. Beberapa KDrama populer yang pernah melakukan pengambilan gambar di sini antara lain, Inspiring Generation (2014), Cross (2018), Suits (2018), Mr. Sunshine (2018), Secret Boutique (2019), dan A Piece of Your Mind (2020).

Khusus dalam drama Mr. Sunshine, kompleks ini muncul sebagai kantor Kedutaan Amerika Serikat. Go Ae Shin (Kim Tae Ri) menyusup ke sini untuk mengembalikan senjata curian tetapi tertangkap basah oleh Eugene Choi (Lee Byung Hun).

2. Sogeumbit Bookstore

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Pulau Ganghwa-Incheonpotret bagian eksterior Sogeumbit Bookstore (instagram.com/booknhandcraft)

Para penggemar drama The King: Eternal Monarch pasti familiar dengan toko buku satu ini. Sogeumbit Bookstore ini muncul pada episode 3 ketika Lee Gon (Lee Min Ho) sedang melihat koleksi di rak buku kemudian membeli buku kumpulan puisi karya Kim So Wol berjudul Azaleas. Setelah itu, ia pun kembali ke Kerajaan Corea.

Sogeumbit Bookstore tidak hanya terdiri dari kafe dan toko buku, tetapi juga toko yang menjual berbagai macam hasil kerajinan tangan, barang pecah belah atau tembikar, dan peralatan makan dengan nama Yurim Trading. Lokasinya berada di 7 Nammunan-gil, Desa Sinmun, Pulau Ganghwa, Incheon.

Arsitektur Sogeumbit Bookstore ini berbentuk hanok yang dibangun mulai tahun 1918 hingga 1928 dengan menggunakan kayu pinus berkualitas tinggi dari Gunung Baekdu.

Kini toko tersebut dikelola oleh sepasang suami istri dan menjadi satu-satunya toko di Incheon yang didukung oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

3. Haeden Museum 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Pulau Ganghwa-Incheonpotret bagian eksterior Haeden Museum (instagram.com/haedenmuseum)

Masih ingat dengan galeri tempat penyelenggaraan pameran foto Lee Soo (Ong Seung Woo) dalam episode terakhir drama More Than Friends (2020)? Di galeri ini jugalah ia kembali bertemu dengan mantan kekasihnya, Kyung Woo Yeon (Shin Ye Eun).

Dalam kehidupan nyata, galeri pameran tersebut adalah Haeden Museum, sebuah museum seni milik pribadi yang berdiri sejak tahun 2013 dan khusus mengelola karya seni abad ke-20. Uniknya, dinding luar museum ini dilapisi cermin dan terdapat beberapa instalasi seni.

Beberapa karya seniman terkenal seperti Picasso, Chagall, Armand, Nam June Paik, dan Bernar Venet, disimpan dengan sangat baik di sini. Lokasinya berada di 44 Jangheung-ro 101beon-gil, Jangheung-ri, Gilsang-myeon, Pulau Ganghwa, Incheon.

Selain More Than Friends, museum ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama Rich Man (2018) dan Switch: Change The World (2018).

Baca Juga: 7 Lokasi Syuting KDrama di Yeoju, Ada Rumah Park Seo Joon dan Hyun Bin

4. Jeongsusa Temple 

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Pulau Ganghwa-Incheonpotret Jeongsusa Temple di Pulau Ganghwa Incheon (heritage.go.kr)

Jeosungsa Temple merupakan kuil Buddha yang pertama kali dibangun oleh Seonsa Hoejeong pada tahun ke-8 Ratu Seondeok dari Dinasti Silla (639 M). Kuil ini kemudian dibangun kembali oleh Master Hamheo pada tahun ke-8 Raja Sejong dar Dinasti Joseon (1426 M). Lokasinya berada di 142 Haeannam-ro 1258beon-gil, Hwado-myeon, Pulau Ganghwa, Incheon.

Tahun 2018 lalu, kuil ini menjadi salah satu lokasi syuting drama My Mister. Gyeom Deok (Park Hae Joon) diceritakan tinggal di sini sebagai biksu. Park Dong Hoon (Lee Sun Kyun), Byoen Yo Soon (Go Du Shim), dan Jung Jung Hee (Oh Na Ra) datang ke sini untuk mengunjunginya.

5. Mumu House

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Pulau Ganghwa-Incheonpotret salah satu kamar di Mumu House (hotelmumu.modoo.at)

Mumu House merupakan sebuah hotel sekaligus kafe yang terletak di Desa Sagi, 26 Haeannam-ro 1066beon-gil, Hwado-myeon, Pulau Ganghwa, Incheon. Hotel ini juga menjadi bagian dari Mumu Housing atau Moomoo Construction Co., Ltd., sebuah firma arsitektur yang memiliki ciri khas karya bangunan selaras dengan alam.

Mumu House pernah menjadi lokasi syuting drama Pretty Noona Who Buys Me Food (2018). Pada episode 4, Yoon Jin Ah (Son Ye Jin) dan Seo Joon Hee (Jung Hae In) menginap di salah satu kamar estetik di hotel ini.

6. Oepori Ferry Pier

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Pulau Ganghwa-Incheonpotret para pemain drama The Third Charm di Oepori Ferry Pier (dok. JTBC/The Third Charm)

Oepori Ferry Pier merupakan pelabuhan atau dermaga penumpang dan kapal feri yang terletak di Desa Oepo, 883 Haeanseo-ro, Naega-myeon, Pulau Ganghwa, Incheon. Kapal-kapal dari pelabuhan ini membawa penumpang dan kendaraan dari Pulau Ganghwa menuju Pulau Seongmo dan sebaliknya dalam waktu 5 sampai 10 menit.

Tahun 2018 lalu, Oepori Ferry Pier menjadi salah satu lokasi syuting drama The Third Charm. Pada episode 9, Tim Jooran de Beaute dan HC Plastic Surgery menyelenggarakan bakti sosial di sebuah desa. Para relawan bertemu di pelabuhan ini.

Ohn Joon Young (Seo Kang Joon) dan Lee Young Jae (Esom) juga bergabung dalam kegiatan tersebut.

7. Goryeosan Mountain  

Menarik, Ini Dia 7 Lokasi Syuting KDrama di Pulau Ganghwa-Incheonpotret Goryeosan Mountain ketika bunga azalea mekar (ganghwa.go.kr)

Melihat potret tempat yang dipenuhi bunga azalea ini pasti membuat kalian ingin buru-buru ke sana, kan? Goryeosan atau Gunung Goryeo merupakan sebuah gunung setinggi 436 meter yang terletak di Naega-myeon, Pulau Ganghwa, Incheon, dan dikenal luas karena bunga azaleanya.

Setiap tahun pada pertengahan hingga akhir April diselenggarakan Festival Azalea di gunung ini. Untuk mendapatkan pemandangan bunga-bunga tersebut, para pengunjung harus mendaki selama 1 hingga 1,5 jam ke puncak gunung dari titik pendakian di 317 Bugeun-ri, Hajeom-myeon.

Goryeosan ini pernah menjadi lokasi syuting drama The King In Love (2017). Pada episode 24, Wang Won (Im Si Wan) bersama dengan Wang Rin (Hong Jong Hyun) dan Eun San (Im Yoon-a) berjalan-jalan di gunung ini dan menikmati waktu melihat bunga-bunga azalea.

Keindahan dan kelestarian tempat-tempat di Pulau Ganghwa, khususnya yang bernilai sejarah, tentu diimbangi dengan kepedulian pemerintah dan masyarakat setempat. Tak heran tempat-tempat yang telah disebutkan di atas tidak hanya terlihat indah di layar kaca, tetapi juga dalam kehidupan nyata. Kalian tertarik berkunjung ke Pulau Ganghwa?

Baca Juga: Ada Hospital Playlist, Ini 11 Lokasi Syuting KDrama di Hwaseong

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya