Comscore Tracker

7 Lokasi Syuting KDrama di Taean, Ada Film Set Crash Landing On You!

Banyak pantai-pantai dengan pemandangan indah juga lho! 

Nama Taean mungkin masih asing di telinga beberapa orang, terutama yang berasal dari luar Korea Selatan. Taean merupakan wilayah setingkat kabupaten (-gun) yang berada di bagian barat Korea Selatan atau tepatnya di Provinsi Chungcheongnam.

Wilayah ini dikenal karena memiliki banyak pantai dengan air jernih dan hamparan pasir putih yang luas. Selain itu karena posisinya yang berada di wilayah barat, pantai-pantai tersebut juga kerap diserbu menjelang matahari terbenam.

Keindahan pantai dan beberapa tempat wisata di Taean rupanya pernah ‘dimunculkan’ dalam beberapa KDrama populer. Penarasan di mana saja tempat-tempat tersebut? Yuk, baca ulasan berikut sampai habis!

1. Victoria pension

7 Lokasi Syuting KDrama di Taean, Ada Film Set Crash Landing On You!potret Victoria Pension di Pulau Anmyeondo, Kota Taean (victoriaps.co.kr)

Masih ingat dengan Paradise Pension dalam drama lawas To The Beautiful You (2012)? Tempat tersebut digambarkan sebagai penginapan milik ibu Ha Seung Ri (Seo Jun Young). Ia mengundang semua orang untuk datang untuk liburan akhir pekan pada episode 3 dan 4.

Dalam kehidupan nyata, Paradise Pension tersebut bernama Victoria Pension. Penginapan ini terletak di tepi Pantai Jangsampo dan di ujung Pulau Anmyeondo atau tepatnya di 283-42 Keunjangdol-gil, Gonam-myeon, Taean.

Selain kamar penginapan yang nyaman, di sini juga terdapat fasilitas barbekyu yang luas dan kolam renang eksklusif. Hamparan pantai yang luas dengan pemandangan matahari terbenam yang indah pun ada di depan mata.

Tertarik datang ke sini?

2. Padori beach 

7 Lokasi Syuting KDrama di Taean, Ada Film Set Crash Landing On You!potret Padori Beach di Taean (taean.go.kr)

Padori Beach ini muncul pertama kali dalam drama The Slave Hunters (2010). Sepuluh tahun kemudian kembali menjadi latar dalam episode terakhir drama My Unfamiliar Family (2020) di mana Kim Eun Joo (Choo Ja Hyun) datang memberikan kejutan kepada Yoon Tae Hyeong (Kim Tae Hoon) kemudian keduanya jalan-jalan ke pantai ini.

Padori Beach merupakan pantai berpasir putih sepanjang 1 km dan lebar 30 meter yang terletak di Desa Pado, 63-12 Pado-gil, Sowon-myeon, Taean. Airnya jernih dan bersih sehingga cocok digunakan sebagai tempat memancing dan berkemah keluarga.

Pantai ini sebenarnya sudah ada dikenal sejak pemerintahan Munjong dari Joseon (1450–1452) dengan nama ‘pado’ yang bermakna gelombang karena dianggap sebagai tempat yang sulit untuk dilalui dan suara ombak tidak pernah berhenti.

Sempat terbengkalai beberapa tahun, Padori Beach akhirnya dibuka untuk wisata pada tahun 1980. Di sini banyak terdapat batu giok laut dan deretan batu hitamnya. Namun, pengunjung dilarang mengambil atau mengumpulkan batu-batu tersebut.

Apabila hendak memilikinya disarankan membeli di Haeok Exhibition Hall, tak jauh dari pantai.

3. Moken resort 

7 Lokasi Syuting KDrama di Taean, Ada Film Set Crash Landing On You!potret mewahnya Moken Resorti di Taean (moken.co.kr)

Moken Resort ini mulai dikenal sejak muncul dalam drama King 2 Hearts (2012).

Pada episode 11, Kim Bong Goo/John Mayer (Yoon Je Moon) merekam pesan video di sini. Tak selang lama, resor ini kembali menjadi latar tempat drama Five Fingers (2012); That Winter, The Wind Blows (2013); Good Doctor (2013); The K2 (2016); dan Introverted Boss (2017).

Moken Resort merupakan sebuah penginapan sekaligus spa dan kafe yang berlokasi di 129-87 Gomseom-ro, Desa Sinon, Nam-myeon, Taean. Bangunan resort ini dirancang oleh Arsitek Kwak Hee Soo pada tahun 2009 dan selesai dibangun tahun 2011. Karena keunikan konsep bangunannya, sang arsitek pun memenangkan World Architecture Award Cycle 25 lho!

Baca Juga: 8 Lokasi Syuting di Kota Cheongju Ini Menarik untuk Dikunjungi

4. Gangpo beach 

7 Lokasi Syuting KDrama di Taean, Ada Film Set Crash Landing On You!potret Ji Chang Wook dan Yoona dalam salah satu adegan drama The K2 di Gangpo Beach (program.tving.com)

Selain Moken Resort, drama The K2 juga melakukan pengambilan gambar di Gangpo Beach. Pantai ini muncul pada episode 9 ketika Kim Je Ha/K2 (Ji Chang Wook) berjalan-jalan bersama Go Anna (Yoona SNSD). Dua pengawal lainnya, Jang Mi Ran (Lee Ye Eun) dan Lee Sung Kyoo (Lee Jae Woo), juga turut serta.

Gangpo Beach merupakan pantai yang dikenal karena airnya yang cukup jernih serta hamparan pasir yang halus dan luas. Lokasinya berada di 745-17 Haeangwangwang-ro, Desa Changgri, Anmyeon-eup, Taean.

Di kawasan pantai ini juga terdapat hutan pinus yang lebat dan beberapa wisma untuk menginap yang berada di desa terdekat. Pemandangan matahari terbenam dari pantai ini menjadi momen yang paling ditunggu dan tidak terlupakan.

5. Pine and sea pension 

7 Lokasi Syuting KDrama di Taean, Ada Film Set Crash Landing On You!potret para pemain Why Secretary Kim di Pine and Sea Pension Taean (dok. tvN/Why Secretary Kim)

Masih ingat dengan pertemuan resmi pertama antara Lee Young Joon (Park Seo Joon) dengan kedua kakak Kim Mi So (Park Min Young) pada epiosode 10 drama Why Secretary Kim (2018)?

Saat itu Kim Mi So dan kakak-kakaknya sedang berkumpul untuk memperingati hari ulang tahun mendiang ibu mereka di sebuah penginapan dekat pantai. Tanpa diduga, Lee Young Joon menyusul dan memperkenalkan diri sebagai kekasih Mi So.

Adegan tersebut dilakukan di Haesonggwa Bada Pension atau nama lainnya Pine and Sea Pension. Penginapan tersebut terletak di Desa Uihang, 827, Songui-ro, Sowon-myeon, Taean, sekitar 4,5 jam ke arah selatan dari Seoul dengan kendaraan umum.

6. Jadrak 

7 Lokasi Syuting KDrama di Taean, Ada Film Set Crash Landing On You!potret Jadrak di Taean yang sangat luas dan asri (jadrak.com)

Tahun 2021 ini, Jadrak menjadi salah satu lokasi syuting drama At a Distance, Spring is Green (2021). Pada epiosode 9 dan 10, Profesor Park Si Jae (Eru/Jo Seong Hyeon) dengan didampingi Song Soo Kyung (Cha Chung Hwa) membawa sekelompok siswa ke sebuah penginapan untuk membantu mereka healing dan menghabiskan waktu bersama.

Jadrak atau Jadeulag merupakan penginapan pribadi yang terletak di Pantai Anmyeondo, 2535-139 Woni-ro, Iwon-myeon, Taean. Penginapan ini menyediakan berbagai macam kamar yang disesuaikan dengan kapasitas, seperti kamar biasa, kamar keluarga, dan villa dengan kapasitas mulai dari dua orang hingga 16 orang.

Range harganya sekitar 130.000 won hingga 900.000 won.

7. Crash landing on you taean film set 

7 Lokasi Syuting KDrama di Taean, Ada Film Set Crash Landing On You!potret Son Ye Jin dan Hyun Bin di film set Crash Landing On You (program.tving.com)

Tempat yang terakhir ini barangkali menjadi lokasi syuting sekaligus destinasi wisata paling populer di Taean: Crash Landing On You Taean Film Set. Tempat ini dibangun untuk keperluan syuting drama Crash Landing On You (2019-20) dan digambarkan sebagai perkampungan militer garis depan Korea Utara tempat Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin) tinggal.

Taean Film Set ini berlokasi di Desa Janggok, 3741-119 Anmyeon-daero, Gonam-myeon, Taean. Untuk menuju kawasan ini perlu berjalan kaki beberapa meter ke utara dari Tempat Parkir Moseokwon. Dari Seoul dapat ditempuh sekitar 4 jam perjalanan ke  arah selatan menggunakan transportasi umum.

Setelah proses syuting drama Crash Landing On You selesai, film set ini dibuka secara gratis untuk wisatawan. Namun beberapa kabar menyatakan bahwa kawasan ini telah dibongkar karena timbulnya kekhawatiran mengganggu warga yang tinggal di sekitarnya.

Meski nama Taean kurang dikenal jika dibandingkan dengan Seoul atau Busan, tetapi wilayah ini bisa memberikan kesan yang indah bagi siapapun yang datang ke sana. Apalagi buat para penggemar KDrama yang ingin mengunjungi beberapa lokasi syuting drama favorit.

Kalau ada kesempatan ke Taean, kalian mau berkunjung ke mana, nih?

Baca Juga: Ini Dia 13 Lokasi Syuting Hometown Cha-Cha-Cha di Kota Pohang

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya