Comscore Tracker

7 Lokasi Syuting KDrama di Uijeongbu, Ada Tempat Reply 1988

Kamu pernah lihat tempat ini dalam drama gak?

Nama Uijeongbu mungkin masih sangat asing di kalangan penggemar KDrama atau wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Korea Selatan. Padahal, wilayah setingkat kota di Provinsi Gyeonggi ini sangat dekat dengan Seoul, sekitar 30 menit saja.

Kota kelahiran penyanyi Taeyang BIGBANG dan aktor Hwang In Yeop ini dikenal karena budae-jjigae atau sup kimchi yang dimasak dengan ham dan daging kalengan. Bahkan, ada jalan khusus bernama Budaejjigae Street, lho.

Biar gak semakin penasaran tentang kota ini, intip beberapa tempat di Uijeongbu yang pernah jadi lokasi syuting KDrama. Kamu sadar gak, nih?

1. Uijeongbu Arts Center

7 Lokasi Syuting KDrama di Uijeongbu, Ada Tempat Reply 1988potret Uijeongbu Arts Center (english.visitkorea.or.kr)

Ingat dengan adegan Jung Pal (Ryu Jun Yeeol) kalah cepat dari Choi Taek (Park Bo Gum) ketika hendak menghampiri Deok Sun (Hyeri) di tempat konser? Di situ ia menyalahkan lampu merah sehingga terlambat beberapa detik.

Adegan episode 18 drama Reply 1988 tersebut dilakukan di Uijeongbu Arts Center, sebuah ruang budaya serbaguna dengan teater besar berkapasitas 1.057 penonton, teater kecil, ruang konferensi, dan ruang pameran. Lokasinya sekitar satu jam perjalanan dari Seoul.

2. Uijeongbu Cathedral

7 Lokasi Syuting KDrama di Uijeongbu, Ada Tempat Reply 1988potret bagian depan Uijeongbu Cathedral (m.cha.go.kr)

Dalam drama Start-Up, Uijeongbu Cathedral menjadi tempat Choi Won Deok (Kim Hae Soo) atau nenek dari Seo Dal Mi (Bae Suzy) kerap berkunjung untuk berdoa. Dal Mi pun sesekali mengikuti sang nenek berdoa di sini.

Selain Start-Up, drama Chocolate juga pernah melakukan pengambilan adegan Moon Cha Yeong (Ha Ji Won) sedang berdoa di gereja ini pada episode 16. Sementara itu, Lee Kang (Yoon Kye Sang) melihatnya dari ambang pintu.

Uijeongbu Cathedral merupakan gereja Katolik yang didirikan pada 1953. Karena memiliki nilai sejarah dan tradisi Katolik di Korea Selatan, gereja ini pun ditetapkan sebagai Benda Warisan Budaya Provinsi Gyeonggi No. 99 pada 2001.

3. Uijeongbu Art Library

7 Lokasi Syuting KDrama di Uijeongbu, Ada Tempat Reply 1988potret Oh Jung Se di Uijeongbu Art Library (dok. tvN/It's Okay to Not Be Okay)

Uijeongbu Art Library pernah muncul dalam drama It's Okay to Not Be Okay. Pada episode 13, Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun), Moon Sang Tae (Oh Jung Se), dan Ko Moon Yeong (Seo Ye Ji) pergi ke perpustakaan ini untuk meneliti ilustrasi buku anak setelah ketiganya melakukan foto keluarga di studio.

Uijeongbu Art Library merupakan salah satu dari 74 perpustakaan yang ada di Uijeongbu. Perpustakaan ini menggabungkan budaya dan seni dengan buku serta menjadi tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman lintas usia dan generasi. Perpustakaan ini dibuka pada 2019.

Baca Juga: Akuarium Sampai Pantai, Ini 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yeosu

4. Farmer’s Village+

7 Lokasi Syuting KDrama di Uijeongbu, Ada Tempat Reply 1988potret bagian depan dari kafe Farmer's Village+ di Uijeongbu (facebook.com/farmersvillage2)

Kafe sekaligus toko roti bernama Farmer’s Village+ ini mulai dikenal publik sejak menjadi lokasi syuting drama When I Was The Most Beautiful. Pada episode 13, Seo Hwan (Ji Soo) and Amber (Stephanie Lee) memutuskan untuk berpisah alias putus di kafe ini.

Farmer’s Village+ yang memiliki konsep arsitektur industrial Eropa ini baru dibuka pada 2020 lalu. Lokasinya di 381-10 Howon-dong, Uijeongbu. Roti yang dihidangkan di kafe ini terbuat dari bahan-bahan organik, lho!

5. Joe Coffee

7 Lokasi Syuting KDrama di Uijeongbu, Ada Tempat Reply 1988potret Ong Seung Wu dan Park Ho San di Joe Coffee dalam drama Shall We Have A Cup Of Coffee? (instagram.com/kakaotv.official)

Jika kamu penggemar drama Shall We Have A Cup Of Coffee? pasti tidak asing dengan coffee shop satu ini. Di sinilah set utama dari 2Dae Coffee milik Park Seok (Park Ho San) berada. Kang Go Bi (Ong Seong Wu) mulai bekerja sebagai barista pada episode 2.

Joe Coffee baru dibuka  2020 lalu. Selain kopi, kafe ini juga menyediakan aneka kudapan, seperti croffle. Interior kafe ini sempat mengalami perubahan dan ditata ulang dengan konsep Scandinavian yang minimalis untuk keperluan syuting drama tersebut.

6. Uijeongbu Youth Street

7 Lokasi Syuting KDrama di Uijeongbu, Ada Tempat Reply 1988potret salah satu sudut tempat di Uijeongbu Youth Street (bbkk.kr)

Uijeongbu Youth Street juga menjadi lokasi syuting drama Shall We Have a Cup of Coffee?. Pada episode 3, Sung Min (Lee Kyu Hyung) berjalan melewati jalan ini sembari menjelaskan dengan voice-over hal apa saja yang membuat kedai kopi dikatakan bagus.

Uijeongbu Youth Street merupakan jalan atau kawasan perbelanjaan di sepanjang Haengbok-ro, Uijeongbu-dong, Uijeongbu. Jalanan ini bebas dari mobil, sehingga para pengunjung bisa berjalan kaki dengan nyaman.

Selain itu, jalanan ini juga kerap digunakan untuk menyelenggarakan berbagai acara. Beberapa patung, seperti Obelisk Milenium dan patung Raja Taejo berdiri gagah di kawasan ini.

7. Dutch480

7 Lokasi Syuting KDrama di Uijeongbu, Ada Tempat Reply 1988potret bagian depan Dutch480 di Uijeongbu (instagram.com/dutch480k.h)

Satu lagi tempat di Uijeongbu yang muncul dalam drama Shall We Have A Cup Of Coffee?, yaitu Dutch480. Di sini Kim Ju Hee (Seo Young Hee) bertemu dengan mantan suaminya pada episode 4.

Dutch480 merupakan kafe sekaligus coffee roasters, atau pusat pemanggangan kopi. Biji kopi yang digunakan di kafe ini berasal dari Panama dan ditanam di daerah pegunungan. Teknik pemanggangannya pun menggunakan hot-air roasting, memanggang bagian dalam dan luar biji secara merata, pada suhu 140 derajat Celsius, sehingga rasa kopi lebih kuat.

Sepertinya tempat yang dijadikan lokasi syuting KDrama di Uijeongbu, Korea Selatan, di atas seru buat dikunjungi, ya? Apalagi jaraknya tidak jauh dari Seoul, sehingga bisa seharian berada di sana. Yuk, segera jadwalkan keberangkatanmu!

Baca Juga: 6 Wisata Alam di Korea Selatan Paling Indah, Ada Bekas Aliran Lava!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya