Comscore Tracker

7 Lokasi Syuting KDrama di Yeoju, Ada Rumah Park Seo Joon dan Hyun Bin

Mana tempat yang paling kalian ingat?

Yeoju atau nama resminya Yeoju-si merupakan wilayah setingkat kotamadya yang terletak di Provinsi Gyeonggi. Kota yang berbatasan langsung dengan Icheon ini dikenal sebagai pusat perajin keramik kontemporer Korea Selatan dan menjadi tuan rumah Pameran Keramik Dunia setiap tahun.

Yeoju juga dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil beras, ubi jalar, dan melon kuning berkualitas di Korea Selatan. Beberapa tempat di kota ini juga pernah dijadikan lokasi syuting KDrama. 

Penasaran di mana saja lokasi syuting KDrama di Yeoju? Simak ringkasan di bawah ini sampai habis ya!

1. House of Empress Myeongseong

7 Lokasi Syuting KDrama di Yeoju, Ada Rumah Park Seo Joon dan Hyun Binpotret bangunan House of Empress Myeongseong di Yeoju (yeoju.go.kr)

Yeoju dikenal sebagai wilayah kelahiran permaisuri terakhir Dinasti Joseon, yaitu Permaisuri Myeongseong (1851-1895), istri dari Raja Gojong. Rumah kelahirannya yang berada di 71 Myeongseong-ro, Yeoju-eup, Yeoju ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting drama Empress Myeongseong (KBS2, 2001-02) dan Fated to Love You (MBC, 2014).

Permaisuri Myeongseong tinggal di rumah tersebut sejak hari kelahirannya hingga ia berusia delapan tahun. Di dalam kompleksnya terdapat tiga bangunan, yaitu Balai Peringatan yang memamerkan artefak dan arsip kehidupan Permaisuri Myeonseong; ruang teater dengan kapasitas 161 kursi, dan Aula Kamgodang yang menjadi rumah pribadi sang permaisuri.

Rumah ini pun telah ditetapkan sebagai Properti Budaya Nyata Provinsi Gyeonggi No. 4 pada 10 Juli 1973.

2. Daeshin Middle and High School

7 Lokasi Syuting KDrama di Yeoju, Ada Rumah Park Seo Joon dan Hyun Binpotret Park Min Young dan Seo Kang Joon di Daeshin Middle and High School (dok. JTBC/When the Weather is Fine)

Daeshin Middle and High School menjadi salah satu lokasi syuting yang kerap muncul dalam drama When the Weather Is Fine (KBS2, 2020).

Kompleks sekolah ini digambarkan sebagai Hyecheon High School tempat para tokoh utamanya, yaitu Im Eun Seob (Seo Kang Joon) dan Mok Hae Won (Park Min Young), menempuh pendidikan. Para alumni mengadakan reuni sekaligus ulang tahun sekolah ke-50 di halaman sekolah ini.

Daeshin Middle and High School merupakan lembaga pendidikan setingkat SMP dan SMA yang terletak di 258-1 Yeongya-ro, Desa Hupo, Daesin-myeon, Yeoju.

Berdiri sejak tahun 1955, sekolah ini semula dibuka sebagai sekolah pertanian sekaligus sekolah pertama di Desa Hupo.

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting KDrama di Kota Nonsan Ini Seru Buat Dikunjungi Lho!

3. Yeoju Prison

7 Lokasi Syuting KDrama di Yeoju, Ada Rumah Park Seo Joon dan Hyun Binpotret Lee Se Young di depan Yeoju Prison (dok. SBS/Doctor John)

Penggunaan penjara sebagai lokasi syuting KDrama merupakan hal yang sudah umum dilakukan, khususnya untuk drama-drama bergenre kriminal dan misteri. Termasuk kemunculan Yeoju Prison dalam drama Doctor John (2019).

Penjara yang dibuka pada tahun 2001 dan terletak di 107 Yanghwa-ro, Desa Sinhae, Ganam-eup, Yeoju ini digambarkan sebagai Penjara Chungil tempat Cha Yo Han (Ji Sung) menjalani hukuman dan Kang Si Young (Lee Se Young) bekerja sebagai dokter penjara paruh waktu.

4. Ggotge Maeul

7 Lokasi Syuting KDrama di Yeoju, Ada Rumah Park Seo Joon dan Hyun Binpotret para pemain Why Secretary Kim di Ggotge Maeul Yeoju (dok. tvN/Why Secretary Kim)

Tahun 2018 lalu, Ggote Maeul menjadi lokasi syuting episode 10 drama Why Secretary Kim. Lee Young Joon (Park Seo Joon) datang ke sini bersama kekasinya, Kim Mi So (Park Min Young) dan kedua saudara perempuan Mi So, Kim Pil Nam (Baek Eun Hye) dan Kim Mal Hee (Heo Soon Mi) untuk makan kepiting sepuasnya.

Ggotge Maeul merupakan restoran yang menyediakan berbagai sajian olahan kepiting, seperti sup kepiting dan semur kepiting.

Meski dalam drama Why Secretary Kim diceritakan bahwa restoran tersebut berada di Pulau Jebudo, Hwaseong, sebenarnya lokasinya terletak di 121 Soyang-ro, Yeoju-eup, Yeoju. 

5. Maiim Vision Village

7 Lokasi Syuting KDrama di Yeoju, Ada Rumah Park Seo Joon dan Hyun Binpotret White House di dalam kompleks Maiim Vision Village (maiimvisionvillage.co.kr)

Dari semua tempat di Yeoju yang pernah dijadikan lokasi syuting KDrama, barangkali Maiim Vision Village ini yang paling populer. Kompleks ini merupakan pusat komunikasi dari Maiim Group, sebuah perusahaan produsen makanan dan kosmetik untuk kesehatan. Lokasinya berada di 28 Yongeun-gil, Neungseo-myeon, Yeoju.

Di dalam kompleks Maiim Vision Village terdapat Church of the Heart, Doldam Hall, galeri, Heukjip Doljip, Neuti House, Step House, Tree and Bench, Village Pond, Village Restaurant, Drama House, Welcome House, dan juga White House. 

Tempat-tempat tersebut pernah muncul dalam drama-drama populer, seperti Why Secretary Kim (2018) yang menggunakan galeri, Drama House, Welcome House, dan White House sebagai kompleks rumah Lee Young Joon (Park Seo Joon). Kim Joo Won (Hyun Bin) dalam drama Secret Garden (2010-11) juga digambarkan tinggal di Drama House.

Drama Winter Sonata (2002), Cantabile Tomorrow (2014), Vincenzo (2021), dan yang terbaru Mine (2021) tak ketinggalan turut melakukan pengambilan gambar di Maiim Vision Village.

Meski tak semua tempat-tempat di atas bisa dikunjungi masyarakat umum, setidaknya hal ini bisa menambah khazanah pengetahuan tentang tempat-tempat menarik yang pernah muncul dalam KDrama populer. Kalian mau berkunjung ke salah satunya?

Baca Juga: 6 Lokasi Syuting KDrama di Kota Asan, Ada Kampus Police University

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya