Comscore Tracker

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera 

Dijamin pengin ke sana setelah pandemi berakhir nanti

Jika biasanya sebuah drama menceritakan hubungan asmara tokoh utama laki-laki dengan perempuan, maka drama Navillera (tvN/Netflix, 2021) ini justru menyuguhkan hubungan persahabatan dan kekeluargaan antara dua orang laki-laki berbeda generasi.

Sim Deok Chool (Park In Hwan) adalah seorang lelaki 70 tahun yang telah menjalani kehidupan panjang, memiliki keluarga yang hangat, dan sedang menikmati masa pensiun. Di masa lalu, ia bermimpi menjadi penari balet tetapi ditentang oleh ayahnya sehingga ia memutuskan bekerja sebagai karyawan kantor pos selama 40 tahun.

Suatu hari, Deok Chool bertemu dengan seorang balerino muda bernama Lee Chae Rok (Song Kang) dan terpesona dengan tariannya. Ia pun memutuskan untuk mengejar kembali mimpinya di usia senja. Di sisi lain, kehadiran Deok Chool dalam hidup Chae Rok tidak hanya mengubah pandangannya tentang mengejar impian, tetapi juga memberikan kehangatan dan arti sebuah keluarga.

Selain alur cerita dan akting jempolan para pemainnya, lokasi syuting yang ditampilkan pun juga memorable banget lho! Penasaran di mana saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. B.Mansion 

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera B. Mansion Cafe (instagram.com/b.mansion_cafe

B.Mansion ini digambarkan sebagai kafe tempat Lee Chae Rok bekerja sebagai karyawan paruh waktu bersama sahabatnya, Kim Se Jong (Kim Hyun Mok). Kafe ini pun menjadi latar tempat dalam beberapa episode. Sim Eun Ho (Hong Seung Hee) turut bergabung sebagai pegawai magang selama enam pekan di sini.

B.Mansion merupakan brunch cafe berkonsep fine dining yang dibuka pada tahun 2019 lalu. Kafe ini menyediakan berbagai olahan masakan western yang lezat, mulai dari pasta, steik, salad, croissant, waffle, dan cake.

Tak hanya itu, kafe yang berlokasi di 205, Sosadong-ro, Goean-dong, Distrik Sosa, Kota Bucheon, Provinsi Gyeonggi ini juga menyediakan aneka kopi, minuman, dan dessert yang menyegarkan. Kalian tertarik mampir ke sini?

2. Dangjin Culture and Art Canter 

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera Dangjin Art and Culture Center (dangjin.grandculture.net)

Pada episode 1 ketika akan pulang ke rumah, Sim Deok Chool melihat sebuah poster pertunjukan balet ‘Swan Lake’ di halte bus. Ia pun segera menuju tempat pertunjukan dan menontonnya. Lee Chae Rok bersama teman-teman dan mentornya, Ki Seung Joo (Kim Tae Hoon) juga menonton pertunjukan ini.

Lokasi pertunjukkan balet tersebut adalah Dangjin Culture and Art Canter, sebuah kompleks pengembangan budaya dan seni di kota Dangjin. Belokasi di 25-21 Musudong2-gil, Eupnae-dong, Dangjin, Provinsi Chungcheongnam, Dangjin Culture and Art Canter ini dibuka bulan Mei 2005.

Di dalam kompleks tersebut terdapat dua bangunan dengan tiga lantai yang mencakup gedung pertunjukan dan gedung pameran. Tempat ini juga menaungi Yayasan Budaya Dangjin yang diluncurkan pada tahun 2013 untuk melestarikan dan mengembangkan budaya dan seni lokal.

3. Ankara Park 

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera Ankara Park Seoul (korean.visitkorea.or.kr)

Ankara Park menjadi salah satu tempat yang menjadi latar adegan-adegan penting. Di taman inilah Sim Deok Chool rutin berolahraga pagi. Ia juga menghadiahkan mobilnya kepada cucu perempuannya, Sim Eun Ho, pada episode 4.

Adegan yang paling tidak bisa dilupakan di tempat ini adalah ketika Deok Chool tidak bisa mengenali Lee Chae Rok untuk pertama kalinya karena penyakit alzheimernya kambuh pada episode 8. Tak hanya itu, di taman ini pulalah ia menyemangati Yang Ho Beom (Kim Kwon) agar memulai kembali karirnya sebagai pemain bola.

Ankara Park atau juga dikenal sebagai Jamae Neighborhood Park merupakan taman kota yang dibangun untuk memperingati penandatanganan afiliasi persaudraaan antara Seoul dan Ankara, ibukota Turki, pada tahun 1971. Taman ini resmi dibuka pada 1 Mei 1977 dan terletak di 166 Uisadang-daero, Yeouido-dong, Distrik Yeongdeungpo, Seoul.

Di dalam kompleksnya terdapat sebuah bangunan dua lantai bernama Ankara House yang dibangun pada 28 Agustus 1995 dan dibuka pada 26 Juli 1995. Arsitektur bangunannya terinspirasi dari rumah-rumah tradisional di perkebunan anggur Turki lengkap dengan perabotan dan peralatan rumah tangga serta menjadi tempat pameran seni dan kerajinan tangan tradisional Turki. Menarik sekali bukan?

4. Baeksa Village 

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera Dok. tvN/Navillera

Baeksa Village ini digambarkan sebagai desa tempat Sim Deok Chool versi muda (Lee Hyun Kyun) memulai karirnya sebagai petugas pengantar surat. Di desa ini pulanya ia berjumpa dengan istrinya untuk pertama kali.

Baeksa Village atau juga dikenal dengan nama Junggye Village ini terletak di kaki Gunung Buramsan, Junggyebon-dong, Distrik Nowon, Seoul. Desa ini dipercaya sebagai daldongnae terakhir di Seoul. Daldongnae sendiri bermakna desa yang posisinya berada di puncak bukit dan diibaratkan tampak lebih dekat ke bulan daripada kota di bawahnya.

Berdiri pada tahun 1967, Baeksa Village dihuni oleh para pengungsi dari wilayah-wilayah kumuh, seperti Changsin-dong, Anam-dong, dan Yeongdeungpo sebagai akibat pembangunan kota. Pada tahun 1971 hingga 2008, pemerintah setempat melarang ada pembangunan di kawasan ini. Akhirnya pada bulan Mei 2009, Baeksa Village ditetapkan sebagai daerah pembangunan kembali yang diharapkan selesai tahun 2024.

Baca Juga: 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Bucheon Ini Menarik untuk Dikunjungi 

5. Hapcheon Image Theme Park 

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera Hapcheon Imaget Theme Park (english.visitkorea.or.kr)

Ketika melihat Lee Chae Rok menari balet, ingatan Sim Deok Chool seakan kembali ke masa lalu ketika pertama kali melihat penari balet dari depan pintu sebuah sekolah dansa. Deok Chool yang masih kecil pun jatuh cinta pada balet tetapi ayahnya mengatakan bahwa anak laki-laki tidak seharusnya menyukai hal semacam itu.

Lokasi tempat Deok Chool kecil melihat balet pertama kali tersebut adalah Hapcheon Image Theme Park, sebuah studio atau set film yang dimiliki bersama oleh KBS dan MBC. Berlokasi di 757 Hapcheonhosu-ro, Desa Gaho, Yongju-myeon, Hapcheon, Provinsi Gyeongsangnam, kawasan ini mulai dikenal setelah digunakan sebagai lokasi syuting film Tae Guk Gi: The Brotherhood of War pada tahun 2004.

Hapcheon Image Theme Park ini merekonstruksi Seoul dalam dua set utama secara terpisah sesuai periode waktu dan kepemilikan, yaitu area berlatar waktu tahun 1930-an hingga 1960-an yang dimiliki KBS; serta area tahun 1970-an dan 1980-an yang dimiliki MBC. Para pengunjung pun akan diajak melakukan perjalanan waktu di sini. Kalian tertarik mengunjunginya?

6. The Garden of Morning Calm 

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera The Garden of Morning Calm (morningcalm.co.kr)

The Garden of Morning Calm ini digambarkan sebagai tempat pemakaman sahabat Sim Deok Chool, yaitu Lee Gyo Seok (Lee Young Sook). Pada episode 2, Deok Chool mengunjunginya dan mengatakan bahwa ia mulai belajar balet. Kemudian pada episode 10 Deok Chool ke sini lagi dan sengaja menghilang sebentar dari keluarganya.

The Garden of Morning Calm merupakan taman atau kebun raya milik pribadi yang dibuat oleh Han San Kyung, seorang profesor hortikultura di Universitas Sahmyook, dan dibuka pada 11 Mei 1996. Nama The Garden of Morning Calm terinspirasi dari puisi pendek penyair dan seniman India, Rabindranath Tagore, berjudul ‘Lamp of the East’ yang ditulis pada tahun 1929.

Berlokasi di 427 Sumogwon-ro, Desa Imcho, Sang-myeon, Gapyeong, Provinsi Gyeonggi, desain taman ini didasarkan pada kurva dan keseimbangan asimetris. Sang pendiri ingin menunjukkan keindahan alam Korea, mistik oriental, dan spirit orang-orang Korea di dalam taman tersebut. Hal ini dapat dilihat dengan ‘wajah’ taman yang berbeda tetapi indah pada setiap musimnya.

7. Yeouido Hangang Park 

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera Yeouido Hangang Park Seoul (ydp.go.kr)

Pada episode 5, Lee Chae Rok tanpa sengaja bertemu dengan Sim Eun Ho di sebuah jembatan. Eun Ho sedang bersedih karena gagal dalam penilaian magang. Keduanya kemudian datang ke Yeouido Hangang Park ini dan berbicara dari hati ke hati. Chae Rok pun bercerita kepada Eun Ho tentang hal yang paling membuatnya bahagia, yaitu balet. Ia pun menyarankan Eun Ho untuk menemukan kebahagiannya sendiri.

Yeouido Hangang Park merupakan kompleks taman yang terletak di tepi Sungai Han atau tepatnya di 290 Yeouidong-ro, Yeouido-dong, Distrik Yeongdeungpo, Seoul. Landmark paling terkenal di taman ini, yaitu 'I·SEOUL·U Sculpture', dipasang sejak Mei 2016

Kawasan Yeouido Hangang Park dibagi menjadi empat tema berbeda, yaitu Grass Square, Culture Square, The Traditional Korean Forest, dan Nature’s Ecosystem Forest. Taman ini juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara-acara menarik, mulai dari Yeouido Cherry Blossom Festival di musim semi, International Firework Festival di musim gugur, hingga berbagai konser dan lomba maraton sepanjang tahun.

8. Play Aquarium 

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera Play Aquarium (playaquarium.co.kr)

Pada episode 6 dan 7, Sim Deok Chool bersama istrinya, Choi Hae Nam (Na Moon Hee), merayakan hari ulang tahun pernikahan mereka di sebuah Play Aquarium ini. Keduanya pun duduk di depan akuarium raksasa. Deok Chool kemudian pergi untuk membeli minuman dan permen. Namun, ia tak kunjung kembali karena tersesat.

Play Aquarium merupakan sebuah kompleks akuarium dan kebun binatang mini yang mengusung konsep ‘pertemuan akuarium dan hutan di kota’. Lokasinya berada di kompleks Woongjin Play City, 2 Jomaru-ro, Sang-dong, Distrik Wonmi, Kota Bucheon, Provinsi Gyeonggi. Di dalamnya terdapat berbagai jenis binatang air yang dibagi ke dalam 9 zona berbeda yang disesuaikan dengan habitatnya.

Play Aquarium ini buka setiap hari sepanjang tahun. Untuk dapat memasukinya, para pengunjung akan dikenakan biaya sebesar KRW 25.000 untuk anak-anak, KRW 27.000 untuk remaja, dan KRW 30.000 untuk dewasa. Ada diskon khusus untuk grup pelajar dan lansia juga lho!

9. Mediterium 

Heart-Warming, Ini Dia 9 Lokasi Syuting KDrama Navillera Mediterium di kawasan Paju Book City (tour.bookcitytour.or.kr)

Bangunan yang satu ini mungkin sudah tidak asing di kalangan pecinta KDrama. Dalam drama Navillera ini, Mediterium digambarkan sebagai eksterior Bank Hangang, tempat Sim Seong San (Jung Hae Kyun) dan Kim Ae Ran (Shin Eun Jung), ayah dan ibu Sim Eun Ho, bekerja.

Mediterium merupakan sebuah museum medis, galeri, dan kafe buku yang berdiri sejak tahun 2017. Lokasinya berada di 338 Hoedong-gil, Seopae-dong, Kota Paju, Provinsi Gyeonggi. Dari Seoul dapat ditempuh sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi atau taksi.

Nah, itu 9 lokasi syuting KDrama Navillera yang heart-warming dan memorable pastinya. Kalian mau mengunjungi salah satu atau semuanya setelah pandemi COVID-19 ini berakhir nanti?

Baca Juga: 7 Lokasi Syuting KDrama di Kota Yangyang Ini Sayang untuk Dilewatkan 

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya