Comscore Tracker

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!

Serasa dibawa menjelajahi waktu menuju abad-19 

Sejak akhir Desember 2020 lalu, nama Bridgerton kerap menjadi perbincangan hangat para penggemar series. Pasalnya, pesona Bridgerton bersaudara yang sarat akan makna hidup, persahabatan, dan pentingnya keluarga ini mampu membius siapapun yang menontonnya.

Serial besutan Chris van Dusen ini bercerita tentang kehidupan kaum bangsawan dan kelas menengah ke atas London pada tahun 1813, khususnya dalam lika-liku mencari jodoh.

Daphne (Phobe Dynevor), anak keempat sekaligus anak perempuan tertua keluarga Bridgerton, melakukan debut dalam pencarian jodoh. Suatu hari, ia bertemu dengan Simon Bassett (Rege-Jean Page), seorang Duke yang super cuek dan tidak berhasrat untuk menikah. Pertemuan tersebut membawa mereka menemukan cinta satu sama lain.

Selain alur cerita yang menarik, lokasi syuting yang ditampilkan pun juga eye-catching dan membawa penonton menjelajahi waktu menuju abad ke-19. Bangunan-bangunan klasik dengan berbagai gaya arsitektur tak pernah luput dari pandangan dan membuat penonton berdecak kagum.

Penasaran di mana saja lokasi syuting Bridgerton tersebut? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Ranger's House

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!Ranger's House The Wernher Collection (english-heritage.org.uk)

Para penonton setia pasti tidak asing dengan bangunan yang satu ini kan? Ya, rumah keluarga Bridgerton yang terletak di kawasan Grosvenor Square menjadi latar tempat utama dan muncul dalam setiap episodenya. Anthony (Jonathan Bailey), si anak sulung mewarisi aset keluarga ini dan gelar kebangsawanan ayahnya sekaligus menjadi kepala keluarga Bridgerton.

Bangunan rumah tersebut sebenarnya adalah Ranger’s House yang terletak di Greenwich, London tenggara. Villa bergaya Georgia ini dibangun pada tahun 1720 oleh Francis Hosier, seorang perwira angkatan laut sekaligus pebisnis kaya. Earl of Chesterfield ke-4 menjadi pemilik selanjutnya dan pada tahun 1813 (sesuai latar waktu Bridgerton), villa ini dihuni oleh Putri Augusta, saudara perempuan Raja George III.

Saat ini, Ranger’s House berfungsi sebagai galeri atau museum yang dikelola oleh The English Heritage. Berbagai koleksi seni kelas dunia yang dikumpulkan oleh Sir Julius Wernher sekitar tahun 1900 tersimpan dan dirawat dengan baik di sini, mulai dari patung abad pertengahan, enamel yang berkilauan, lukisan Renaisans (termasuk lukisan Madonna della Melagrana), perhiasan berornamen, hingga permadani Prancis yang indah.

Cocok banget buat para pencinta seni ya?

2. Royal Crescent, Bath 

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!Royal Crescent Bath (visitbath.co.uk)

Selain rumah keluarga Bridgerton, di Grosvenor Square juga terdapat rumah keluarga Baron Featherington yang dihuni oleh Lord Featherington (Ben Miller), Lady Featherington (Polly Walker), ketiga anak perempuan mereka: Prudence (Bessie Carter), Philippa (Harriet Cains), dan Penelope (Nicola Coughlan), serta saudara jauh sang Baron, Marina Thompson (Ruby Barker). Rumah Featherington ini digambarkan berseberangan dengan rumah Bridgerton.

Dalam kehidupan nyata, rumah keduanya berada di posisi yang berjauhan: rumah Bridgerton berada di Greenwich, London, sedangkan rumah Featherington berada di Bath. Bagian eksterior rumah Featherington merupakan sebuah museum yang terletak di No 1 Royal Crescent dan menjadi bagian dari komplek bangunan ikonik Bath, yaitu Royal Crescent.

Royal Crescent memiliki arsitektur bergaya Georgia dengan bangunan melengkung seperti bulan sabit yang terdiri dari 30 terrace house. Dibangun antara tahun 1767 hingga 1775, Royal Crescent menjelma menjadi landmark Bath yang dikenal di seluruh dunia.

Bagian penuh dari Royal Crescent ini dapat dilihat pada episode 1 Bridgerton ketika Daphne beserta ibu dan kakak-adiknya berada di dalam kereta kuda menuju istana.

3. Wilton House 

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!Wilton House (wiltonhouse.co.uk)

Wilton House menjadi salah satu lokasi syuting favorit dari puluhan film atau serial berlatar belakang abad pertengahan atau kerajaan, mulai dari Pride and Prejudice (2004), Emma (2019), The Crown (2016-2020), hingga yang terbaru adalah Bridgerton.

Dalam Bridgerton, lokasi yang ditampilkan di sini antara lain ruang tahta tempat Ratu Charlotte (Golda Rosheuvel) menyambut gadis-gadis yang melakukan debut, fasad interior, dan ruang makan di kediaman Kastil Clyvedon.

Wilton House ini terletak di Wilton, Salisbury dan telah menjadi kediaman Earl of Pembroke beserta keluarga selama lebih dari 450 tahun. Sebagian kawasan ini dibuka untuk umum selama musim panas sejak tahun 1951 dan bagian lainnya masih digunakan sebagai kediaman pribadi keluarga William Herbert, Earl of Pembroke ke-18.

Di sekitar kastil terdapat perkebunan Wilton seluas 14.000 hektar yang dibagi menjadi 14 lahan pertanian (ada yang dikelola sendiri dan ada pula yang disewakan), 200 properti tempat tinggal, serta Salisbury Racecourse dan South Wilts Golf Course.

Wah, seharian berkeliling sepertinya masih kurang ya?

4. The Holburne Museum 

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!The Holburne Museum (instagram.com/holburnemuseumbath)

Bangunan mewah yang satu ini digambarkan sebagai kediaman Lady Danbury (Adjoa Andoh). Pada episode 1, Simon datang ke sini setelah kematian ayahnya. Lady Danbury pun mengajak Simon bergabung dalam berbagai acara sosial tahun ini, termasuk pesta dansa pembuka musim yang akan dilaksanakan di rumah ini pada malam harinya.

Dalam kehidupan nyata, rumah Lady Danbury tersebut adalah The Holburne Museum yang terletak di Great Pulteney Street, Bathwick, Bath. Koleksi museum ini diinisiasi dan dikumpulkan oleh Sir Thomas William Holburne (1793-1874), seorang perwira Angkatan Laut Inggris sekaligus Baronet of Menstrie ke-5.

Saat ini terdapat lebih dari 10.000 objek bersejarah dari berbagai zaman yang dipamerkan di sini, mulai dari porselen, patung perak, miniatur, buku, koin Romawi, lukisan, peralatan makan, hingga permata milik keluarga Holburne.

Di bagian luar museum terdapat taman dan Garden Cafe yang menawarkan pemandangan indah kota Bath. Selain itu, bangunan museum ini juga disewakan untuk keperluan pesta dan syuting film.

Baca Juga: 6 Tempat Keren Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting 'Mission: Impossible'

5. Castle Howard 

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!Castle Howard (instagram.com/castle_howard)

Castle Howard ini digambarkan sebagai Clyvedon, kediaman utama Duke of Hastings. Setelah menikah, Daphne dan Simon pindah ke kastil ini. Daphne pun resmi menjadi Duchess of Hastings.

Castle Howard merupakan kastil mewah bergaya baroque yang terletak di bagian utara Yorkshire. Desain kastil ini dirancang oleh arsitek John Vanburg untuk Earl of Carlisle ke-3 dan mulai dibangun pada tahun 1699. Setidaknya dibutuhkan waktu lebih dari 100 tahun untuk menyelesaikannya. Saat ini kastil dimiliki oleh Castle Howard Estate Limited, perusahaan keluarga keturunan Earl of Carlisle, dan dikelola oleh Hon. Nicholas Howard.

Di sekitar kastil terdapat perkebunan, jalan setapak menuju hutan, air mancur, danau yang cukup luas, dan juga sebuah kapel. Selain itu juga terdapat beberapa penginapan di dalam kompleks kastil ini yang bisa disewa untuk berlibur bersama keluarga dan sahabat, yaitu Holiday Cottages, Lakeside Holiday Park, dan Camping & Caravan Park.

Tertarik menginap di sini?

6. Coneysthorpe Village, York 

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!Coneysthorpe Village (castlehoward.co.uk)

Setelah beberapa waktu tinggal di Clyvedon sebagai Duchess of Hastings, Daphne menghadiri acara pembukaan pekan raya desa di sebuah desa dan perkebunan yang terletak tidak jauh dari kastil, yaitu Clyvedon Village. Daphne pun berusaha mengenal dan berbaur dengan warga di sana.

Lokasi set desa tersebut berada di Coneysthorpe Village, sebuah desa kecil dan paroki sipil di distrik Ryedale, Yorkshire Utara, Inggris. Posisinya tak jauh dari Castle Howard. Desa ini masih dihuni dan dirawat dengan baik oleh masyarakat sekitar. Umumnya mereka bekerja sebagai petani organik dan peternak.

Jika ingin merasakan kehidupan asli di desa, para pengunjung bisa menginap di beberapa penginapan yang disediakan atau berbelanja bahan makanan sehari-hari dan oleh-oleh di village market, bakery, dan kafe yang ada di sana.

Seru banget kan?

7. Badminton House 

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!Badminton State (badmintonestate.com)

Selain Clyvedon, Duke of Hastings juga memiliki rumah lain yang terletak di London. Bangunan yang digunakan sebagai rumah tersebut adalah Badminton State, South Gloucestershire. Bagian dari bangunan ini yang dijadikan lokasi syuting adalah ruang tamu dan pekarangan.

Badminton House merupakan rumah pribadi milik Duke dan Duchess of Beaufort. Meski begitu tidak menutup kemungkinan jika ada pengunjung yang hendak melakukan tur rombongan sebanyak 15-30 orang bisa memesan terlebih dahulu kepada pihak Badminton State.

Setiap pengunjung dikenakan biaya sebesar GBP 30 per orang dan akan diajak berkeliling ke bagian dalam rumah di lantai dasar, taman, The Orangery, dan gereja oleh pemandu tur yang berwasasan luas dan mengetahui seluk-beluk rumah tersebut.

8. Hackney Empire Theater 

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!Hackey Empire (hackneyempire.co.uk)

Pada episode 7, masyarakat kelas menengah atas dan bangsawan London menonton konser musik klasik yang juga dihadiri Ratu Charlotte serta Duke dan Duchess of Hastings di sebuah auditorium. Di tempat ini pula kekasih Anthony, Siena Rosso (Sabrina Bartlett), bekerja sebagai penyanyi opera.

Hackney Empire ini dibangun pada tahun 1901 dan dirancang oleh Frank Matcham. Lokasinya berada di 291 Mare Street, London. Auditorium berkapasitas 1635 orang berdiri dengan pit barrier dan 1272 duduk ini tidak hanya berfungsi sebagai gedung pertunjukan teater dan opera, tetapi juga untuk pengambilan gambar film dan foto, acara pribadi, peluncuran produk, dan acara komunitas atau sosial.

9. Pickled Greens 

9 Lokasi Syuting Serial Bridgerton, Destinasi Wisata Megah!Pickled Greens Bath (bathfoodanddrink.co.uk)

Atelier Madame Delacroix yang bernama Modiste ini kerap didatangi para bangsawan dan masyarakat kelas menengah atas London. Selain minta dibuatkan baju, mereka biasanya berbasa-basi, bergosip, atau saling memamerkan kecantikan anak masing-masing. Saking seringnya butik ini menjadi tempat gosip, sampai-sampai Eloise Bridgerton (Claudia Jessie) mengira bahwa Madame Delacroix (Kathryn Drysdale) adalah Lady Whistledown lho!

Lokasi butik Madame Delacroix tersebut adalah Pickled Greens, sebuah kafe yang terletak di Abbey Street, Bath. Kafe ini menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk sarapan dan makan siang, mulai dari sandwich, sup, kopi, dan sebagainya. Selain itu, baik interior maupun eksterior kafe ini sangat estetik dan instagramable banget. Tertarik berkunjung ke sini?

Nah, itu dia 9 lokasi syuting serial Bridgerton di Inggris. Sembari menunggu musim ke-2 tayang, kamu bisa memasukkan tempat-tempat tersebut dalam wishlist liburan nanti setelah pandemi COVID-19 ini berakhir ya!

Baca Juga: 10 Lokasi di Indonesia yang Jadi Tempat Syuting Film Hollywood, Indah!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya