Comscore Tracker

7 Pantai di Kota Gangneung yang Populer karena KDrama 

Cocok untuk tempat liburan dan refreshing 

Nama Gangneung mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar KDrama. Banyak dialog antar pemeran yang menyebut nama kota ini dan kerap digambarkan sebagai tempat untuk berlibur atau refreshing.

Dalam kehidupan nyata, Gangneung memang dikenal sebagai tujuan wisata bagi orang-orang yang ingin melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari.

Jika berbicara tentang wisata Gangneung, maka pantai adalah jawaban sekaligus daya tarik utamanya. Kota di Provinsi Gangwon ini memang dikenal sebagai kota pantai di kawasan timur Korea Selatan karena posisinya yang langsung ‘menghadap’ Laut Jepang. Keindahan pantai-pantai di Gangneung ditampilkan dengan sangat indah dalam beberapa KDrama populer.

Penasaran seperti apa dan di mana saja pantai-pantai di Kota Gangneung tersebut? Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

1. Gangmun Beach 

7 Pantai di Kota Gangneung yang Populer karena KDrama Gangmun Beach (korean.visitkorea.or.kr)

Tahun 2015 lalu, Gangmun Beach ini menjadi salah satu lokasi syuting drama She Was Pretty (MBC, 2015). Pada episode 7, Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum) dan Ji Sung Joon (Park Seo Joon) mampir ke pantai ini dalam rangka perjalanan bisnis. Hye Jin yang terlihat sangat senang kemudian berlari-lari di sekitar pantai. Sedangkan Sung Joon duduk di sebuah bangku bulat sembari menggambar sketsa.

Gangmun Beach merupakan sebuah pantai yang terletak di 15-1 Changhae-ro 350beon-gil, Gangmun-dong, Gangneung, atau sekitar 173 km ke arah timur Seoul. Daya tarik pantai ini tentu saja hamparan pasir yang sangat luas, dermaga dengan menara pandang berwarna kuning pada bagian ujungnya, dan jembatan cantik yang instagramable.

Selain She Was Pretty, Gangmun Beach juga pernah menjadi lokasi syuting drama My First First Love (Netflix, 2019) dan Bubblegum (tvN, 2015). Kalian masih ingat adegan apa yang dilakukan di pantai ini dalam dua drama tersebut?

2. Jumunjin Beach Breakwater 

7 Pantai di Kota Gangneung yang Populer karena KDrama Jumunjin Beach Breakwater (program.tving.com)

Siapa yang tak kenal dengan pantai yang satu ini? Sejak menjadi lokasi syuting drama Goblin atau Guardian: The Lonely and Great God (tvN, 2016-2017), nama Jumunjin Beach Breakwater menjadi sangat populer dan dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional.

Jumunjin Beach Breakwater merupakan sebuah pantai dengan pemecah gelombang yang terletak di 81-68 Desa Gyohang, Jumunjin-eup, Gangneung, sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan dari Seoul menggunakan transportasi umum.

Terdapat lima pemecah gelombang (breakwater) di kawasan pantai ini yang berfungsi mencegah abrasi laut. Adegan dalam drama Goblin tersebut dilakukan di pemecah gelombang ke-4.

Uniknya, adegan Kim Shin (Gong Yoo) yang tiba-tiba muncul di dermaga pantai ini dan memberikan bunga soba (buckwheat flower) kepada Ji Eun Tak (Kim Go Eun) ‘direka ulang’ oleh Lee Soo (Ong Seong Woo) dan Kyung Woo Yeon (Shin Ye Eun) dalam drama More Than Friends (JTBC, 2020). Jika berkunjung ke sana, kalian pasti juga ingin berpose dengan gaya seperti itu kan?

3. Deungmyeong Beach 

7 Pantai di Kota Gangneung yang Populer karena KDrama Deungmyeong Beach (gangwon.to)

Para penggemar drama Legend of the Blue Sea (SBS, 2016-17) pasti masih ingat dengan adegan yang ditampilkan di Deungmyoung Beach ini kan? Pada episode terakhir, Heo Joon Jae (Lee Min Ho) yang telah ‘bertaubat’ memilih bekerja sebagai pegawai pemerintah di kota kecil kemudian membangun rumah di tepi pantai ini dan hidup bahagia bersama Sim Chung (Gianna Jun).

Deungmyoung Beach terletak di 490-1 Desa Jeongdongjin, Gangdong-myeon, Gangneung. Pantai memiliki hamparan pasir sepanjang 800 meter dan tidak jauh dari sini terdapat hutan pinus yang lebat. Di sana juga terdapat area perkemahan yang ditunjang dengan berbagai fasilitas umum, seperti toilet, kafe, toserba, dan sebagainya.

Selain Legend of the Blue Sea, Deungmyoung Beach ini juga pernah menjadi lokasi syuting beberapa drama populer, mulai dari Kill Me, Heal Me (MBC, 2015); Guardian: The Lonely and Great God (tvN, 2016-17); Manhole (KBS2, 2017); Encounter (tvN, 2018-19); hingga Search: WWW (tvN, 2019).

Baca Juga: 7 Hutan Lokasi Syuting KDrama, Rekomendasi Wisata Alam Korea!

4. Jeongdongjin Beach 

7 Pantai di Kota Gangneung yang Populer karena KDrama Jeongdongjin Beach (gn.go.kr)

Selain Deungmyoung Beach, drama Legend of the Blue Sea (SBS, 2016-17) juga melakukan pengambilan gambar di Jeongdongjin Beach. Pada episode 20, Sim Chung (Gianna Jun) kembali ke Korea Selatan setelah tiga tahun ‘menyembuhkan diri’. Ia memesan satu stel pakaian dan dikirim oleh seorang petugas layanan antar yang meletakannya di dekat pantai.

Drama Plus Nine Boys (tvN, 2014) menampilkan sisi lain dari Jeongdongjin Beach ini. Pada episode 3, Kang Jin Goo (Kim Young Kwang) dan Ma Se Young (Kyung Soo Jin) sedang memeriksa lokasi untuk bekerja kemudian mampir ke sebuah kafe di kawasan pantai ini untuk makan olahan seafood.

Jeongdongjin Beach terletak di 257-2 Desa Jeongdongjin-ri, Gangdong-myeon, Gangneung. Tak jauh dari pantai ini terdapat Hourglass Park, Jeongdongjin Station (satu-satunya stasiun tepi pantai di Korea Selatan), dan Sun Cruise Resort & Yacht Gangneung, sebuah hotel berbentuk kapal pesiar yang berada di atas bukit.

Wow, menarik sekali bukan?

5. Sachonjin Beach 

7 Pantai di Kota Gangneung yang Populer karena KDrama Sachonjin Beach (korean.visitkorea.or.kr)

Pada epiosde 3 drama Encounter (tvN, 2018-19), Sachonjin Beach ini menjadi tempat Kim Jin Hyeok (Park Bo Gum) dan Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo) bermain pasir pantai hingga larut malam. Selain itu, dalam drama One Percent of Anything (Dramax, 2016) episode 14, pantai ini menjadi tempat Lee Jae In (Ha Seek Jin) dan Kim Da Hyun (Jeon So Min) melakukan kencan terakhir sebelum hubungan kontrak mereka berakhir.

Sachonjin Beach merupakan pantai berpasir luas yang terletak tak jauh dari Pelabuhan Sacheon, tepatnya di 266-2 Desa Sacheonjin, Sacheon-myeon, Gangneung. Pantai ini memiliki permukaan yang dangkal dan tenang sehingga menjadi favorit orang-orang yang suka memancing.

Lokasi tempat syuting Encounter kini ditandai dengan sebuah poster besar yang menampilkan gambari kedua tokoh utamanya sedang bermain pasir. Kalian tertarik untuk bermain juga?

6. Sunguet Beach 

7 Pantai di Kota Gangneung yang Populer karena KDrama Sunguet Beach (programs.sbs.co.kr)

Dalam drama The Secret Life of My Secretary (SBS, 2019), Sunguet Beach ini menjadi tempat Do Min Ik (Kim Young Kwang) dan sekretarisnya, Jung Gal Hee (Jin Ki Joo), ‘kabur’ dari rapat pemegang saham. Mereka makan kerang bakar di sebuah kafe yang berada berada persis di tepi pantai ini. Setelah makan, keduanya berjalan-jalan menyusuri pantai.

Sunguet Beach atau dikenal dengan nama Sandwind Beach terletak di 682-5 Haean-ro, Gyeongpo-dong, Gangneung, tepat di sebelah utara Gyeongpo Beach. Pantai berpasir putih ini memiliki panjang 200m dan luas total 6.000m2.

Suasana yang nyaman, tenang, ombak yang tidak tinggi, serta airnya yang dangkal menjadikan Sunguet Beach tempat favorit para wisatawan, khususnya keluarga. Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat tempat parkir kendaraan gratis, area perkemahan, hostel, toserba, kafe, ruang ganti, toilet umum dan shower, serta beberapa payung besar untuk berteduh dari terik matahari atau hujan.

7. Heonhwa-ro Coastal Drive 

7 Pantai di Kota Gangneung yang Populer karena KDrama Heonhwa-ro Coastal Drive (gangwon.to)

Dari sekian pantai indah yang telah disebutkan di atas, tempat yang satu ini sedikit berbeda tetapi cukup familiar di kalangan pencinta KDrama.

Heonhwa-ro Coastal Drive merupakan salah satu jalan pantai sepanjang 2,5 km menuju Gangnenung yang terletak di Desa Geumjin, Okgye-myeon, Gangneung. Kawasan ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan ombak yang pecah di sepanjang garis pantai serta tebing tinggi pada sisi lainnya.

Nama Heonhwa-ro terinspirasi dari lagu rakyat Dinasti Silla, Heonhwaga (Lagu Persembahan Bunga). Jalanan ini pernah menjadi lokasi syuting beberapa drama populer, diantaranya True Beauty (tvN, 2020-21); More Than Friends (JTBC, 2020); When I Was The Most Beautiful (MBC, 2020); It's Okay to Not Be Okay (tvN, 2020); The Secret Life of My Secretary (SBS, 2019); Legend of the Blue Sea (SBS, 2016-17); dan juga Signal (시그널) (tvN, 2016).

Nah, itu dia 7 pantai indah di Gangneung yang kerap menjadi langganan syuting KDrama. Kalian berminat mengunjungi salah satu atau semuanya setelah pandemi COVID-19 berakhir nanti?

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Paling Horor di Korea Selatan, Berani Datang?

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya