Comscore Tracker

8 Pantai Indah di Korea Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populer

Bisa masuk wishlist destinasi liburan kalian lho!

Dalam dua dekade terakhir, industri hiburan di Korea Selatan mengalami kemajuan yang signifikan. Hal ini pun berbanding lurus dengan kemajuan industri pariwisata di sana. Masyarakat dari seluruh penjuru dunia berbondong-bondong pergi ke Korea Selatan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu jawabannya : karena K-Drama.

Fakta bahwa KDrama telah memberikan dampak besar terhadap kemajuan pariwisata di sana memang tak dapat dipungkiri. Sebuah drama tidak hanya mengandalkan visual dan kemampuan akting aktor-aktrisnya serta skenario yang menarik, tetapi juga harus dapat menyuguhkan latar tempat yang memorable. Ketika kalian sedang nonton drama yang menampilkan lokasi yang menarik pasti akan terbesit keinginan untuk berkunjung ke sana, kan?

Salah satu lokasi syuting KDrama yang sering menjadi pusat perhatian penonton adalah pantai. Pantai digambarkan sebagai suatu tempat yang bebas, luas, dan tidak terbatas sehingga para pemerannya dapat melakukan berbagai adegan di sana, mulai dari bermain pasir, kejar-kejaran, menikmati senja, hingga menyatakan perasaan terhadap orang yang disukai.

Hmm, penasaran di mana saja pantai-pantai indah yang pernah menjadi lokasi syuting KDrama populer? Yuk, kita kupas sembari merencanakan liburan ke tempat tersebut!

1. Kangmun Beach

8 Pantai Indah di Korea Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populerenglish.visitkorea.or.kr

Dalam episode 7 She Was Pretty (MBC, 2015), Kim Hye-Jin (Hwang Jung-Eum) dan Ji Sung-Joon (Park Seo-Joon) melakukan perjalanan bisnis. Sembari menunggu rekan lainnya, mereka menyegarkan pikiran di sebuah pantai cantik. Hye-jin berlari-lari di sekitarnya, sedangkan Sung-joon menggambar sketsa. Kemudian mereka mengobrol sebentar kemudian berjalan bersama menyusuri pantai.

Pantai tersebut bernama Pantai Kangmun yang terletak di wilayah Kangmun, Kota Gangneung, Provinsi Gangwon atau sekitar 173 km ke arah timur Seoul. Pantai tersebut memiliki hamparan pasir yang luas dan dermaga dengan menara pandang yang berada tidak jauh dai bibir pantai.

Selain itu, juga terdapat sebuah jembatan yang cukup eye-catching serta bangku pantai yang menjadi tempat Sung-joon menggambar sketsa. Mau coba ke sana?

2. Jumunjin Beach Breakwater

8 Pantai Indah di Korea Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populervisitkorea.or.id

Siapa yang tak ingat adegan Ji Eun-tak (Kim Go-eun) duduk sendiri di tepi pantai sembari membawa kue ulang tahun dan menyalakan lilin? Setelah mengucapkan keinginan dan meniup lilin tersebut, tanpa diduga Kim Shin (Gong Yoo) muncul di belakangnya sembari membawa satu buket bunga yang baru dipetik dari kebunnya.

Salah satu adegan dalam episode 1 drama Guardian : The Lonely and Great God alias Goblin (tvN, 2016-2017) tersebut memang takkan pernah dilupakan oleh siapapun yang menontonnya. Lokasi syutingnya berada di Jumunjin Beach Breakwater yang terletak di Desa Gyohang, Jumunjin, Kota Gangneung, Provinsi Gangwon, atau sekitar 3 – 4 jam perjalanan dari Seoul menggunakan transportasi umum.

Pantai Jumunjin memiliki sekitar lima pemecah gelombang (breakwater) untuk mencegah abrasi karena laut di sana (Laut Jepang) memiliki gelombang yang cukup besar. Adegan dalam drama Goblin tersebut dilakukan di pemecah gelombang ke-4. Tertarik pergi ke sana?

Baca Juga: 10 Elemen Klise yang Selalu Hadir dalam KDrama

3. Daepohang Port Light House

8 Pantai Indah di Korea Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populerenglish.visitkorea.or.kr

Pantai ini menjadi salah satu lokasi syuting drama fenomenal yang ditayangkan JTBC pada awal tahun 2017, yaitu Strong Woman Do Bong-Soon. Pada episode 12, Ahn Min-hyuk (Park Hyung-sik) mengajak Do Bong-soon (Park Bo-young) untuk melakukan ‘workshop’ yang bertujuan menyelesaikan game buatan Bong-soon.

Tetapi rupanya Min-hyuk malah mengajak Bong-soon jalan-jalan dan melupakan pekerjaannya. Mereka menikmati suasana dan berfoto bersama di sebuah pantai dengan mercusuar cantik bernama Daepohang Port Light House.

Daepohang Port Light House terletak di wilayah Sokcho, Provinsi Gangwon, pantai timur Korea Selatan yang berbatasan langsung dengan Laut Jepang. Dari Seoul dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum atau pribadi selama 2,5 sampai 3 jam.

Selain sebuah mercusuar cantik berwarna merah yang menjadi primadona, pantai ini juga memiliki breakwater atau pemecah gelombang yang tertata di sekeliling dermaga mercusuar. Tidak jauh dari pantai terdapat pasar ikan dan restoran yang menyajikan berbagai olahan seafood segar.

4. Daemyung Sol Beach Hotel and Resort

8 Pantai Indah di Korea Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populerkoreandramaland.com

Masih dalam drama Strong Woman Do Bong-Soon. Setelah berfoto di Daepohang Port Light House, mereka melanjutkan jalan-jalan ke sebuah pantai cantik yang cukup sepi dan tenang. Min-hyuk kemudian menggambar setengah hati di pasir dan Bong-soon melanjutkan setengahnya sebagai jawaban bahwa mereka resmi berkencan. So sweet banget kan?

Pantai tempat pengambilan adegan tersebut bernama Pantai Daemyung Sol yang terletak di Desa Osan, Seonsayujeok-ro, Sonyang-myeon, Yangyang, Provinsi Gangwon (wilayah timur Korea Selatan) dan merupakan bagian dari Daemyung Sol Beach Hotel & Resort.

5. Ilgwang Beach

8 Pantai Indah di Korea Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populerenglish.visitkorea.or.kr

Pantai ini menjadi latar syuting salah satu drama yang ditayangkan KBS2 hits tahun 2017, yaitu Fight for My Way. Pada episode 9 dan 10, Choi Ae-ra (Kim Ji-won) sedang bertugas sebagai MC di sebuah acara yang tidak jauh dari bibir pantai.

Sedangkan Ko Dong-man (Park Seo-joon) menjadi salah satu pengisi acara dan mengadakan demonstrasi bela diri. Di akhir episode 10, keduanya bercengkerama di pinggir pantai, saling menyatakan perasaan, dan resmi berkencan.

Pantai tersebut bernama Ilgwang atau sering disebut sebagai Pantai Daylight. Posisinya berada di Desa Samsung, Kota Ilgwang, wilayah Gijang, Busan, Provinsi Gangwon. Luas wilayah pantai ini hampir mencapai 40.000㎡ dan termasuk perairan dangkal. Selain menjadi tempat favorit untuk berlibur, pantai ini juga menjadi langganan tuan rumah berbagai acara kebudayaan Korea Selatan setiap tahunnya.

6. Deungmyeong Beach

8 Pantai Indah di Korea Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populergangwon.to

Pantai Deungmyoung menjadi salah satu lokasi syuting beberapa drama populer, mulai dari Kill Me, Heal Me (MBC, 2015); Legend of The Blue Sea (SBS, 2016-17; Guardian : The Lonely and Great God (tvN, 2016-17); hingga Encounter (tvN, 2018-19).

Adegan paling memorable yang dilakukan di pantai ini adalah ketika Heo Joon-jae (Lee Min-ho) membangun rumah dan hidup bahagia dengan Sim Chung (Gianna Jun) dalam episode 20 Legend of The Blue Sea. Selain itu juga dama episode 1 Guardian : The Lonely and Great God ketika Grim Reaper (Lee Dong-wook) menghampiri Ji Eun-tak kecil karena ia adalah jiwa hilang yang seharusnya mati sebelum dilahirkan ke dunia. Masih ingat kan?  

Pantai Deungmyoung terletak di wilayah timur Korea Selatan, tepatnya di Desa Jeongdongjin, wilayah Gangdong, Kota Gangneung, Provinsi Gangwon atau sekitar 240 km arah tenggara Seoul.

Pantai ini tertata dengan cukup baik, memiliki wilayah pantai berpasir sepanjang 800 meter, dan tidak jauh dari sana juga terdapat hutan pinus yang lebat, fasilitas umum yang menunjang kebutuhan para pengunjung, hingga area untuk berkemah lho!

7. Samcheok Beach

8 Pantai Indah di Korea Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populerenglish.visitkorea.or.kr

Pantai Samcheok menjadi salah satu lokasi memorable dalam drama While You Were Sleeping (SBS, 2017). Dalam episode 24, Jung Jae-chan (Lee Jong-suk) meminjam mobil salah satu rekannya dan mengajak Nam Hong-joo (Bae Suzy) menyegarkan pikiran (sekaligus bolos kerja) di pantai ini. Mereka pun terlihat bersenang-senang seakan melepaskan beban dan berbagai masalah yang selama ini ada di pundak mereka.

Pantai Samcheok terletak di wilayah timur Korea Selatan, tepatnya di wilayah Galcheon atau sekitar 1,4 km dari pusat Kota Samcheok, Provinsi Gangwon. Pantai ini memiliki hamparan pasir pantai sepanjang 1,2 km dengan perairan dangkal. Konon katanya pantai ini memiliki keindahan dan suasana yang unik di setiap musimnya lho!

8. Yeocha Mongdol Beach

8 Pantai Indah di Korea Ini Jadi Lokasi Syuting KDrama Populerenglish.visitkorea.or.kr

Pantai Yeocha menjadi salah satu lokasi penting dalam drama I’m Not A Robot (MBC, 2017-18). Setelah mengucapkan selamat tinggal yang kesekian kalianya kepada Kim Min-kyu (Yoo Seung-ho), Jo Ji-ah/Aji 3 (Chae Soo-bin) hendak pergi dan menenangkan diri ke pantai.

Tanpa sepengetahuannya, Min-kyu menyusul dan mendapati Ji-ah sedang duduk sembari menangis di pinggir pantai. Bencana pun terjadi ketika Min-kyu mengetahui Ji-ah mengenakan kalung yang ia berikan kepada Aji 3. Ia menyadari bahwa ia telah ditipu selama ini dan mengalami shock berat yang menyebabkan alerginya kambuh.

Pantai Yeocha Mongdol terletak wilayah selatan dari Korea Selatan, tepatnya di Teluk Yeocha, Desa Dapo, Nambu, Pulau Geoje, Provinsi Gyeongsangnam. Pantai ini memiliki pemecah gelombang atau breakwater seperti yang terlihat dalam drama tersebut.

Tidak seperti pantai pada umumnya yang berpasir putih, bibir pantai ini justru terdiri dari bebatuan kecil. Suasana di pantai ini sangat indah dengan pemandangan pulau-pulau kecil di sekelilingnya serta tempat pelelangan ikan yang menjual ikan-ikan segar. Tak heran pantai ini menjadi favorit warga Korea Selatan untuk menikmati liburan musim panas.

Wah, pasti kalau berkunjung ke 8 pantai tersebut jadi teringat sama dramanya ya! Paling pengen berkunjung ke pantai mana, nih?

Baca Juga: 5 Hotel di Korea Selatan yang Jadi Langganan Lokasi Syuting K-Drama

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You