Comscore Tracker

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju 

Serasa jadi aktor dan artis drakor, nih! #IDNTimesTravel

Berbicara kota di Korea, nama Namyangju mungkin kurang populer jika dibandingkan dengan Seoul, Incheon, atau Busan. Namun, wilayah setingkat kotamadya di Provinsi Gyeonggi ini merupakan salah satu kota penting di Korea Selatan karena menjadi penghasil berbagai macam sayuran dan tanaman organik. Tanaman-tanaman tersebut dibudidayakan dengan metode yang ramah lingkungan.

Untuk soal pariwisata, Namyangju memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan mengundang banyak perhatian para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Bahkan, beberapa lokasi di Namyangju juga kerap dijadikan lokasi syuting KDrama, lho! Wah, di mana saja itu? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. The Dreamping 

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju suasana area natural dreamstay diThe Dreamping ketika malam hari (thedreamping.com)

The Dreamping ini menjadi lokasi syuting episode terakhir drama My Roommate Is A Gumiho (tvN, 2021). Shin Woo Yeo (Jang Ki Yong), Lee Dam (Hyeri Girl's Day), dan Yang Hye Sun (Kang Han Na) datang ke sini untuk merayakan kembalinya Woo Yeo dan ia telah menjadi manusia seutuhnya.

The Dreamping merupakan area glamping (glamour camping) yang terletak di 1630-18 Bukhangang-gil, Desa Geumnam, Hwado-eup, Namyangju, sekitar 50 menit perjalanan ke arah timur Seoul menggunakan kendaraan pribadi.

Di dalam kawasannya terdapat berbagai pilihan tenda untuk camping, di antaranya Vintage Caravan, Vintage Cabana, dan Natural Dreamstay. Selain area camping, para pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain yang tak kalah seru di sini, mulai dari wake surfing dan wakeboarding, berenang, bersepeda, wall climbing, indoor surfing, hingga water ski. Lengkap banget, kan?

2. SPACE1 Hyundai Premium Outlets 

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju potret Im Ju Kyung bertemu dengan Ryu Hyung Jin di depan SPACE1 Hyundai Premium Outlets (program.tving.com)

Masih ingat dengan adegan Jung Gun Joo menjadi cameo dalam drama True Beauty (tvN, 2020-21)? Pada episode 7, Im Ju Kyung (Moon Ga Young) keluar dari mall setelah kejadian elevator macet dan ia harus menahan buang air kecil. Salju tiba-tiba turun dan ketika ia hendak berlari, seorang lelaki, yang ternyata pemain bisbol SMA Seonil, Ryu Hyung Jin (Jung Gun Joo), datang memayunginya.

Adegan Ju Kyung bertemu Hyung Jin tersebut dilakukan di SPACE1 Hyundai Premium Outlets. Outlet yang baru dibuka pada bulan Oktober 2020 lalu ini merupakan outlet ke-4 yang dijalankan oleh Hyundai Department Store Co. Lokasinya berada di 50 Dasansunhwan-ro, Dasan-dong, Namyangju.

Nama SPACE1 dipilih karena memiliki makna yang dalam, lho! SPACE adalah akronim dari kata shopping, play, art, culture, dan experience. Sedangkan angka 1 menekankan fakta bahwa outlet ini menjadi yang pertama dan satu-satunya outlet yang berfokus pada budaya karena hampir 70% dari ruangnya didedikasikan untuk fasilitas seni dan kebudayaan. Keren sekali, bukan?

3. Selecto Coffee – Namyangju Hopyeong Branch 

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju dok. tvN/My Unfamiliar Family

Pada episode 10 drama My Unfamiliar Family (tvN, 2020), Jeon Ha Ra (Bae Yoon Kyoung) mengirim pesan kepada Kim Eun Hee (Han Ye Ri) agar menemuinya di kedai kopi bernama Selecto Coffee ini. Sesampainya di sana, Ha Ra memberi tahu Eun Hee bahwa dia akan segera kembali ke Amerika Serikat dan mulai berbicara tentang Im Gun Joo (Shin Dong Wook).

Selecto Coffee —Namyangju Hopyeong Branch ini merupakan cabang dari sebuah brand coffee shop Korea Selatan, Selecto Coffee, yang terletak di kawasan Smart Square, 231-1 Cheonmasan-ro, Hopyeong-dong, Namyangju. Cabang ini dibuka pada tahun 2017 lalu. 

Selain kopi, menu andalan di Selecto Coffee ini antara lain strawberry latte, strawberry milk tea, mango sparkling, aneka olahan yogurt, matcha latte, smoothies, aneka bingsu (dessert), sandwich, milk roll cake, carrot cake, berry cake, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Muslim Friendly, Ada Musalanya!

4. Dongwha Culture Village 

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju potret kompleks Dongwha Culture Village di Namyangju (dongwhaculturevillage.com)

Donghwa Culture Village ini mungkin sudah tidak asing di kalangan penggemar KDrama karena cukup sering dijadikan lokasi syuting drama-drama populer, mulai dari The Beauty Inside (JTBC, 2018), The World of The Married (JTBC, 2020), When I Was The Most Beautiful (MBC, 2020), Love Virtually (MBC, 2020), Please Don't Date Him (MBC, 2020), hingga yang terbaru The Uncanny Counter (OCN, 2020-21).

Dongwha Culture Village merupakan fasilitas pelatihan milik Grup Dongwha, sebuah perusahaan global yang berdiri sejak tahun 1948 dan membawahi berbagai perusahaan, mulai dari produsen bahan kimia, bahan bangunan (khususnya kayu, papan partikel, MDF, dan lantai laminasi), bisnis media, hingga otomotif. Lokasinya berada di 1708-38 Bukhangang-ro, Desa Guam, Hwado-eup, Namyangju.

Di dalam kompleksnya terdapat meeting center, conference hall, culture lounge, Riverside Guest House, Hillside Guest House, dan kafetaria yang bisa digunakan oleh siapapun dengan metode reservasi. Lima bangunan utama di sini dapat menampung 30 hingga 80 orang sekaligus, lho!

5. Namyangju Children Vision Center 

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju potret Four Seasons Sledding Range di dalam kompleks Namyangju Children Vision Center (ncuc.or.kr)

Sutradara Lee Eun Jung (Jeon Yeo Bin) membuat film dokumenter tentang kehidupan sehari-hari aktris Lee So Min (Lee Joo Bin) pada episode 6 drama Be Melodramatic (JTBC, 2019). Mereka pergi ke sebuah taman bermain sebelum kemudian So Min meluncur di atas sebuah papan. Ia pun terlihat menikmati waktu refreshing ini sebelum diserbu padatnya jadwal sebagai selebritas.

Adegan Lee So Min meluncur tersebut dilakukan di Four Season Sledding Range yang berada di kawasan Namyangju Children Vision Center, 96 Haemiryedang 1-ro, Desa Geumgok, Jinjeop-eup, Namyangju. Taman bermain ini memiliki konsep menggabungkan pendidikan dan pengalaman dengan cara yang menyenangkan.

Selain arena sledding tersebut, di Namyangju Children Vision Center juga terdapat ruang pameran, coding arena untuk belajar coding bagi anak-anak, play forest sebagai arena bermain balita, dan yang paling menarik perhatian adalah Lava Theme Park di mana anak-anak bisa bermain di berbagai wahana bertema kartun Lava sepuasnya. 

6. Garden Gallery 

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju potret bagian depan Garden Gallery yang terlihat segar dan asri (instagram.com/gardengallery1)

Baca Juga: Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Keren ala KDrama Doom at Your Service

Garden Gallery merupakan sebuah restoran berkonsep western yang pernah menjadi lokasi syuting drama Kill Me, Heal Me (MBC, 2015) dan digambarkan sebagai rumah sekaligus restoran tempat usaha orang tua Oh Ri On (Park Seo Joon) dan Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum). Selain itu, restoran ini juga pernah menjadi tempat pertemuan Park Hae Young (Lee Je Hoon) dan Cha Soo Hyun (Kim Hye Soo) pada episode 16 drama Signal (tvN, 2016).

Berlokasi di 57-28 Gangbyeonbuk-ro 632beon-gil, Suseok-dong, Namyangju, bangunan Garden Gallery ini terdiri dari dua lantai dan terdapat rooftop garden yang bisa digunakan untuk bersantai. Bagian luar dipenuhi dengan tanaman hijau sehingga terlihat asri dan sejuk ketika musim panas. Halamannya yang cukup luas juga sering digunakan sebagai penyelenggaraan pesta pernikahan privat.

Karena berkonsep western dengan speciality masakan Italia, restoran ini menyediakan aneka olahan pasta (cream pasta, tomato pasta, dan aglio olio), aneka pizza, risotto, dan juga salad. Suasana yang tenang ditambah dengan masakan yang cukup lezat tentunya akan membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

7. Byeolnae Rest Area 

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju potret Byeolnae Rest Area Namyangju (dok. tvN/Encounter)

Para penggemar KDrama mungkin sudah tidak asing dengan adegan para pemeran yang beristirahat di rest area ketika sedang melakukan perjalanan jauh, termasuk dalam drama Encounter (tvN, 2018-19). Pada episode 2, Kim Jin Hyuk (Park Bo Gum) dan Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo) mampir ke Byeolnae Rest Area ini untuk makan ramyeon. Tanpa mereka sadari, ada paparazzi yang mengambil foto mereka secara diam-diam.

Byeolnae Rest Area merupakan area peristirhatan yang terletak di 267-1 Desa Gwangjeon, Byeolnae-myeon, Namyangju. Rest area ini berada di pinggir jalan tol Guripochen atau antara wilayah Guri menuju Pocheon. Seperti rest area pada umumnya, di Byeolnae Rest Area ini juga terdapat berbagai fasilitas umum untuk para pengendara, seperti toilet, kafe, restoran, convenience store, dan foodstall yang menjual aneka street food.

8. Principle Coffee Company 

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju potret suasana di dalam Principle Coffee Company yang nyaman (instagram.com/principlecoffee_official)

Pada episode 13 drama Familiar Wife (tvN, 2018), Seo Woo Jin (Han Ji Min) datang ke Principle Coffee Company ini sebagai karyawan kantor pusat global bank dan bertemu dengan seorang klien dari Jepang. Woo Jin pun melakukan kesepakatan dengan klien tersebut dan memuji dasi yang dikenakannya.

Principle Coffee Company ini bukan hanya sekedar coffee shop biasa, lho! Tempat ini juga merupakan sekolah barista. Lokasinya berada di 4-46, Bulam-ro 109beongil, Byeolnae-dong, Namyangju. Selain kopi, di kafe ini juga menyediakan berbagai olahan pastry, seperti smoked salmon bagel, strawberry cheesecake, basque cheesecake, maron pound cake, eggtart, brownies, dan masih banyak lainnya. Hmm, sepertinya enak sekali, ya?

9. Praum Café and Restaurant

Rekomendasi 9 Tempat Berlibur ala KDrama di Kota Namyangju potret para pemain drama I'm Not a Robot di Praum Café and Restaurant (program.imbc.com)

Masih ingat dengan adegan pada episode 5 drama I'm Not A Robot (MBC, 2017-18) ketika Kim Min Kyu (Yoo Seung Ho) ingin menghadiahkan kalung kepada Ye Ri El (Hwang Seung Un) tetapi ditolak? Ri El mengajak Min Kyu bersalaman dan hal ini menyebabkan alergi Min Kyu kambuh. Robot Aji 3/Jo Ji Ah (Chae Soo Bin) kemudian duduk di sampingnya dan menenangkannya.

Adegan tersebut dilakukan di Praum Café and Restaurant, sebuah restoran Italia yang terletak di 756 Gyeonggang-ro, Wabu-eup, Namyangju, sekitar 1,5 jam ke arah timur Seoul dengan menggunakan transportasi umum. Restoran ini berada di tepi sungai dan menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Praum Café and Restaurant menyediakan berbagai sajian masakan Italia yang lezat, mulai dari pizza, cream pasta, tomato pasta, aglio olio, stik, risotto, hingga paket makan siang berupa sandwich atau toast lengkap dengan americano. Hmm, jadi lapar, kan?

Nah, itu dia 9 rekomendasi tempat berlibur ala KDrama di Namyangju. Kalian bisa memasukkannya ke dalam wishlist destinasi liburan ke Korea Selatan nanti setelah pandemi Covid-19 ini berakhir, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Muslim Friendly, Ada Musalanya!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya