Comscore Tracker

7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama Korea

Menarik untuk dijadikan destinasi wisata

Nama Pocheon mungkin kurang populer jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Korea Selatan, seperti Seoul, Busan, Incheon, atau Daegu. Namun, wilayah setingkat kotamadya di bagian timur laut Provinsi Gyeonggi ini memiliki sejarah yang panjang sejak zaman Samhan, sebelum Tiga Kerajaan (Goguryeo, Baekje, dan Silla) berdiri.

Secara geografis, Pocheon terletak di wilayah pegunungan Gwangju yang membentang dari timur laut Pocheon hingga tenggara serta memiliki dua sumber air utama, yaitu Aliran Yeongpyeongcheon dan Aliran Sannaecheon. Hampir 70 persen wilayah Pocheon adalah hutan serta dikenal sebagai penghasil apel, pir, ginseng, jamur tiram, barley, wijen, dan perilla.

Tak hanya itu, dalam hal pariwisata Pocheon juga memiliki banyak destinasi dan tempat-tempat menarik yang kerap dijadikan lokasi syuting KDrama. Penasaran di mana saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Bidulginang Falls

7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama KoreaBidulginang Falls (hantangeopark.kr)

Masih ingat dengan adegan Jeon Nokdu (Jang Dong Yoon) dipaksa mandi bersama beberapa wanita desa janda dalam drama The Tale of Nokdu (KBS2, 2019)? Tempat mereka mandi digambarkan dengan sangat indah di sebuah kolam alami dengan air terjun di antara bebatuan. Lokasi tersebut berada di Bidulginang Falls.

Bidulginang Falls atau juga dikenal dengan nama Bidulginang Pokpo Waterfall berada di ngarai Sungai Hantan, kawasan UNESCO Global Geopark atau Hantangang River Geopark, Desa Daehoesan, Yeongbuk-myeon, Pocheon. Pemerintah setempat telah menetapkannya sebagai Monumen Alam No. 537 pada tahun 2012.

Air terjun ini dinamakan Bidulginang karena konon katanya kawasan tersebut dulu dihuni oleh kawanan burung merpati yang membangun banyak sarang di celah bebatuan (bidulgi berarti merpati dalam bahasa Korea). Selama Perang Korea (1950-1953), kawasan ini digunakan sebagai tempat berlindung para penduduk desa dan tempat istirahat para tentara.

Selain The Tale of Nokdu, Bidulginang Falls ini pernah digunakan sebagai lokasi syuting drama Great Queen Seondeok (MBC, 2009); The Slave Hunters (KBS2, 2010); It's OK, It's Love (SBS, 2014); Entourage (tvN, 2016); Kingdom Season 1 (Netflix, 2019); dan Zombie Detective (KBS2, 2020).

2. Hantangang Sky Bridge 

7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama KoreaPark Min Young dan Park Seo Joon di Hantangang Sky Bridge dalam drama Why Secretary Kim (program.tving.com)

Tak jauh dari Bidulginang Falls, terdapat sebuah jembatan yang sangat populer di kalangan wisatawan dan penggemar KDrama, yaitu Hantangang Sky Bridge. Jembatan ini baru dibuka pada 13 Mei 2018 dan mulai dikenal masyarakat sejak menjadi lokasi syuting drama Why Secretary Kim (tvN, 2018).

Hantangang Sky Bridge merupakan jembatan sepanjang 200 meter dengan tinggi 50 meter yang membelah ngarai Sungai Hantan. Lokasinya berada di kawasan Hantangang River Geopark, 207 Bidulginang-gil, Desa Daehoesan, Yeongbuk-myeon, Pocheon. Pada salah satu bagiannya terdapat kaca sehingga pengunjung bisa melihat sungai di bawahnya. Pemandangan alam di sekitarnya pun sangat cantik, apalagi menjelang senja.

Selain Why Secretary Kim, jembatan ini juga pernah menjadi tempat syuting drama Crash Landing On You (tvN, 2019-20). Kalian masih ingat adegan apa yang dilakukan di sini?

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Asia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting Drama Korea

3. Pocheon Art Valley

7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama KoreaCheonjuho Lake di dalam kompleks Pocheon Art Valley (instagram.com/pocheon_artvalley)

Pocheon Art Valley ini pastinya sudah tidak asing di kalangan penggemar KDrama. Pasalnya, kawasan bekas tambang ini kerap menjadi lokasi syuting drama-drama populer, seperti Can You Hear My Heart (MBC, 2011); Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (SBS, 2016); Legend of The Blue Sea (SBS, 2016-17); Hwayuki (tvN, 2017-18); My First First Love (Netflix, 2019); dan Melting Me Softly (tvN, 2019).

Sama seperti Bidulginang Falls dan Hantangang Sky Bridge, Pocheon Art Valley ini juga terletak di kawasan Hantangang River Geopark atau tepatnya di 234 Artvalley-ro, Desa Giji, Sinbyuk-myeon, Pocheon. Kompleks ini diubah dari bekas tambang granit yang terbengkalai menjadi ruang budaya dan seni pada bulan Oktober 2009.  

Di dalam kompleks Pucheon Art Valley terdapat Astronomical Science Museum, Sculpture Park, dua buah tempat pertunjukan luar ruangan, dan yang paling terkenal tentu saja Cheonjuho Lake. Di Cheonjuho Lake inilah adegan Hae Soo (IU) menceburkan diri kemudian melakukan perjalanan waktu menuju zaman Kerajaan Goryeo dalam drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo.

4. Pocheon Herbs Island 

7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama KoreaPocheon Herb Island (herbisland.co.kr)

Sesuai dengan namanya, Pocheon Herb Island merupakan sebuah salah satu kebun raya sekaligus taman botani herbal terbesar di Korea Selatan yang terletak di 35 Cheongsin-ro 947beon-gil, Pocheon. Dibuka sejak 3 Oktober 1998, taman ini tidak hanya berfungsi sebagai wahana rekreasi tetapi juga sebagai sarana healing (penyembuhan) dan pendidikan.

Lebih dari 250 varietas tanaman herbal, tanaman hias, dan bumbu yang tumbuh dengan sangat baik di sini. Selain itu juga terdapat Herb Plant Museum; The Healing Zone dengan Herb Umbrella Road dan Sky Herb Farm; Venetian Zone dengan wahana kanal dan gondola; Santa John dengan Dinosaur Village dan Donkey Experience Center; serta Fragrance Zone dengan deretan kafe, restoran, dan toko-toko souvenir.

Pocheon Herb Island pernah menjadi lokasi syuting drama Cinderella’s Stepsister (KBS2, 2010); Cunning Single Lady (MBC, 2014); The Producers (KBS2, 2015); Hyde, Jekyll & I (SBS, 2015); Oh My Venus (KBS2, 2015-16); dan Criminal Minds (tvN, 2017). Masih ingat adegan yang ditampilkan di sini dalam drama-drama tersebut?

5. Polar Day Caravan and Pension 

7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama KoreaDok. SBS/The Secret Life of My Secretary

Tahun 2019 lalu, Polar Day Caravan and Pension ini menjadi lokasi syuting drama The Secret Life of My Secretary (SBS, 2019). Pada episode 21 (episode penuh 11), Ki Dae Joo (Koo Ja Sung) datang ke sini untuk memancing. Veronica Park (Kim Jae Kyung) kemudian memberikan kejutan dengan datang tiba-tiba. Mereka pun menikmati makan siang dengan ikan hasil tangkapan Dae Joo.

Polar Day Caravan and Pension merupakan area perkemahan dengan konsep ‘Fishing Bed and Breakfast’. Lokasinya berada di 58 Seonjeongbi-ro, Desa Geueup, Gunnae-myeon, Pocheon. Selain caravan untuk berkemah, di sana juga terdapat area barbekyu, kolam renang, kafe, dan lapangan luas untuk bermain sepak bola atau sekadar jogging. Tertarik menginap di sini?

6. Sansan Lake Family Hotel 

7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama KoreaSansan Lake Family Hotel Pocheon (pocheon.grandculture.net)

Para penggemar berat Kim Sabu, pasti tidak asing lagi dengan bangunan yang satu ini. Dalam drama Romantic Doctor, Teacher Kim musim 1 dan 2, Sansan Lake Family Hotel ini digambarkan sebagai eksterior Rumah Sakit Doldam tempat Kim Sabu (Han Su Kyu) bekerja sebagai ahli bedah dengan segala suka dukanya.

Sansan Lake Family Hotel yang beroperasi sebagai hotel keluarga sejak tahun 1988 hingga 2013. Lokasinya tak jauh dari Danau Sansan atau tepatnya di 771 Sanjeonghosu-ro, Desa Sansan, Yeongbuk-myeon, Pocheon. Bangunan ini sekarang dalam tahap perencanaan untuk dibuka kembali sekaligus menjadikannya sebagai destinasi wisata oleh pemerintah setempat.

7. Yeonseungwon Traditional Chinese Cuisine 

7 Tempat di Pocheon Ini Andalan Lokasi Syuting Drama KoreaDok. tvN/Hospital Playlist

Masih ingat dengan adegan Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho) berkendara berjam-jam dari Seoul untuk menemui Lee Ik Sun (Kwak Sun Young) dan makan jjajangmyeon pedas dengannya? Adegan dalam episode 7 drama Hospital Playlist (tvN, 2020) ini tentu membuat gemas siapapun yang menontonnya. Ditambah lagi dengan sikap Jun Wan yang sangat manis terhadap Ik Sun. Kiyowo!

Kedai tempat Jun Wan dan Ik Sun makan jjajangmyeon tersebut adalah Yeonseungwon Traditional Chinese Cuisine atau biasa disebut sebagai Yeon Seung Won yang terletak di 489 Hoguk-ro, Desa Idonggyo, Sohol-eup, Pocheon. Dalam drama Hospital Playlist kedai ini digambarkan sebagai Kedai Nuklir karena lokasinya dekat dengan markas tentara angkatan darat.

Yeon Seung Won menyediakan berbagai masakan Cina, seperti jjajangmyeon, jjampong, dan sebagainya. Kalau mengunjungi kedai ini sepertinya akan terbayang betapa manisnya Jun Wan mengaduk jjajangmyeon untuk Ik Sun.

 

Nah, itu dia 7 lokasi syuting KDrama di Kota Pocheon yang bisa kalian kunjungi untuk liburan atau sekadar jalan-jalan. Pastinya nanti setelah pandemi Covid-19 ini berakhir ya!

Baca Juga: Bikin Baper, 7 Lokasi Syuting Drama Korea Move To Heaven

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya