Comscore Tracker

Rekomendasi 5 Tempat Liburan Menarik ala KDrama di Kota Gwacheon

Jalan-jalan ke kota kelahiran Jin BTS 

Begitu mendengar nama Gwacheon, pasti banyak orang-orang di luar Korea Selatan yang bertanya-tanya, di mana tempat ini berada? Gwacheon atau nama resminya Gwacheon-si memang tidak sepopuler Seoul atau Busan. Namun, kota yang berada di Provinsi Gyeonggi ini secara geografis sangat dekat dengan Seoul.

Kota kelahiran Kim Seok Jin alias Jin BTS ini juga pernah berperan sebagai ibu kota administatif Korea Selatan sejak akhir tahun 1970-an hingga tahun 2012 lalu.

Tak heran, jika beberapa destinasi wisata di sana menggunakan nama Seoul di depannya untuk keperluan branding.

Bahkan, tak sedikit tempat-tempat di Gwacheon pernah menjadi latar tempat dalam KDrama. Penasaran di mana saja itu? Berikut 5 rekomendasinya.

1. Seoul grand park 

Rekomendasi 5 Tempat Liburan Menarik ala KDrama di Kota Gwacheonpotret salah satu sudut taman di kompleks Seoul Grand Park (instagram.com/seoulgrandpark)

Meski menggunakan embel-embel nama Seoul, Seoul Grand Park sebenarnya berada di Gwacheon atau tepatnya di 102 Daegongwongwangjang-ro, Makgye-dong, Gwacheon.

Taman hiburan ramah keluarga ini resmi dibuka pada 1 Mei 1984 dan terdiri dari berbagai fasilitas bertema yang bertujuan mempromosikan pelestarian beragam hewan dan tumbuhan.

Dengan tagline “People and animals are happy together” dan slogan “Together, With Nature”, di dalam kompleks Seoul Grand Park terdapat kebun binatang bernama Seoul Zoo, taman botani, taman tematik yang terdiri dari taman mawar dan kebun binatang mini, hingga arena berkemah. Selain itu juga terdapat Seoul Land dan National Museum of Modern and Contemporary Art, Gwacheon.

Seoul Grand Park pernah menjadi latar tempat dalam beberapa drama populer, mulai dari Boys Over Flowers (2009), Another Miss Oh (2016), Should We Kiss First (2018), Come and Hug Me (2018), Hotel Del Luna (2019), Mystic Pop-up Bar (2020), hingga yang terbaru 18 Again (2020).

2. Seoul land 

Rekomendasi 5 Tempat Liburan Menarik ala KDrama di Kota GwacheonPark Hyung Sik dan Park Bo Young di Seoul Land dalam drama Strong Woman Do Bong Soon (tv.jtbc.joins.com)

Masih ingat dengan adegan Do Bong Soon (Park Bo Young) mengajak Ahn Min Hyuk (Park Hyung Sik) jalan-jalan ke taman bermain untuk mengubah suasana hatinya? Keduanya menaiki beberapa wahana, makan es krim, dan mengenakan bandana berbentuk telinga kucing.

Taman bermain yang dikunjungi Bong Soon dan Min Hyuk dalam drama Strong Woman Do Bong Soon (2017) tersebut adalah Seoul Land yang berada di dalam kompleks Seoul Grand Park, 181 Gwangmyeong-ro, Makgye-dong, Gwacheon.

Dibuka sejak tahun 1987, taman bermain ini memiliki 5 tema area permainan dengan 40 wahana,  termasuk gedung bioskop.

Selain Strong Woman Do Bong Soon, Seoul Land juga pernah muncul dalam beberapa drama, diantaranya Princess Hours (2006), The Golden Bride (2007-08), She Was Pretty (2015), The Smile Has Left Your Eyes (2018), The Secret Life of My Secretary (2019), dan When My Love Blooms (2020).

Baca Juga: Liburan Sambil Belajar, Ini Dia 5 Destinasi Wisata Akuarium Ala KDrama

3. National museum of modern and contemporary art, gwacheon 

Rekomendasi 5 Tempat Liburan Menarik ala KDrama di Kota Gwacheonpotret National Museum of Modern and Contemporary Art, Gwacheon (grandpark.seoul.go.kr)

Selain Seoul Land, satu lagi bangunan penting yang berada di kawasan Seoul Grand Park, yaitu National Museum of Modern and Contemporary Art, Gwacheon. Museum ini merupakan cabang utama dari National Museum of Modern and Contemporary Art yang berada di Seoul.

Di dalamnya terdapat berbagai karya seniman modern dan kontemporer, baik dari Korea Selatan maupun luar negeri, beberapa pameran khusus, serta menyediakan berbagai program dan acara untuk dinikmati pengunjung.

Salah satu instalasi yang populer adalah "The More The Better" (1988) yang dibuat dari 1003 layar televisi oleh seniman Paik Nam June, seorang pelopor seni video Korea Selatan untuk merayakan Olimpiade Seoul 1988.

National Museum of Modern and Contemporary Art, Gwacheon pernah menjadi lokasi syuting drama Secret Garden (2010-11), My Princess (2011), Emergency Couple (2014), dan The Last Empress (2018-19).

4. LetsRun park seoul 

Rekomendasi 5 Tempat Liburan Menarik ala KDrama di Kota Gwacheonpotret suasana lomba pacuan kuda di LetsRun Park Seoul (instagram.com/letsrunpark_seoul)

Berbeda dengan taman-taman yang telah disebutkan di atas, LetsRun Park Seoul ini merupakan gelanggang pacuan kuda utama di Korea Selatan.

Dibangun pada tahun 1989 dengan nama Seoul Race Park, kawasan ini kemudian berganti nama menjadi LetsRun Park Seoul pada tahun 2014. Para pengunjung bisa bermain dan menunggang kuda, serta menikmati hidangan di kafe dan restoran yang ada di sana.

Berlokasi di 107 Gyeongmagongwon-daero, Gwacheon, LetsRun Park Seoul ini pernah muncul dalam beberapa drama lawas, yaitu Sprint (1997), Time Between Dog And Wolf (2007), dan Paradise Ranch (2011).

5. Moon park 

Rekomendasi 5 Tempat Liburan Menarik ala KDrama di Kota GwacheonKim Yoo Jung dan Yoon Kyun Sang di Moon Park dalam drama Clean with Passion For Now (tv.jtbc.joins.com)

Moon Park merupakan sebuah restoran Italia yang terletak di 19 Gail-ro, Galhyeon-dong, Gwacheon ini. Dibuka pada tahun 2016, restoran ini menyediakan berbagai macam masakan Italia, mulai dari piza, steik, pasta, risotto, salad, roti, dan sebagainya.

Bagian interiornya terinspirasi dari corak bangunan mediterania dengan sentuhan warna putih seperti Santorini.

Tahun 2018 lalu, Moon Park pernah muncul sebagai salah satu latar dalam drama Clean With Passion For Now. Pada episode 1, Gil Oh Sol (Kim Yoo Jung) bertemu dengan Yang Seon Gyeol (Yoon Kyun Sang) di kafe ini. Seon Gyeol menuntut ganti rugi sebesar 3,5 juta won karena Oh Sol menabrak mobilnya dengan bak sampah.

Penggunaan tempat-tempat wisata di atas sebagai lokasi syuting tentu memberikan dampak yang positif. Salah satunya pengingkatan jumlah kunjungan wisatawan dari dalam maupun luar Korea Selatan. Kalian berminat mengunjungi salah satunya suatu hari nanti?

Baca Juga: 7 Ide Liburan di Pulau Jeju ala Kimbab Family, Yuk Intip!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya