Comscore Tracker

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong 

Banyak tempat yang memorable banget lho! 

Dibandingkan dengan Seoul, Busan, atau Incheon, nama Yangpyeong mungkin masih kalah populer. Namun, wilayah setingkat kabupaten yang terletak di Provinsi Gyeonggi ini memiliki sejarah panjang sejak zaman Dinasti Goguryeo. Yangpyeong merupakan gabungan dari dua wilayah, yaitu Jipyeong dan Yanggeun, sejak tahun 1908.

Yangpyeong dikenal memiliki banyak destinasi wisata menarik yang kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional. Beberapa tempat di antaranya populer setelah menjadi lokasi syuting KDrama lho! Wah, di mana saja itu? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. The Hill House 

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong The Hill House Yangpyeong (thehillhouse.co.kr)

Siapa yang tak kenal dengan bangunan mewah yang satu ini? Para penggemar KDrama pasti langsung mengenalinya sebagai ‘rumah keluarga Kim Tan’ dalam drama The Heirs (SBS, 2013). Selain itu, juga pernah menjadi rumah orang tua Lee Young Joon (Park Seo Joon) dalam drama Why Secretary Kim (tvN, 2018) lho!

Bangunan bernama The Hill House ini merupakan sebuah resor hotel mewah yang terletak tepi Sungai Namhan atau tepatnya di 489 Gangnam-ro, Gangha-myeon, Yangpyeong. Dari Seoul dapat ditempuh selama 1,5 jam perjalanan ke arah timur menggunakan kendaraan umum.

The Hill House berdiri sejak tahun 1990 di bawah naungan Hotel Yangpyeong. Di dalam kompleksnya terdapat dua bangunan hotel mewah, lima restoran (termasuk restoran tepi sungai), meeting room, dan garden wedding yang sangat indah. Harga menginap per malamnya mulai dari KRW 160.000 sampai KRW 370.000. Kalian tertarik menginap di sini?

2. The Greem 

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong The Greem (thegreem.com)

Selain The Hill, bangunan mewah yang kerap dijadikan rumah para chaebol dalam KDrama adalah sebuah mansion yang terletak di dalam kompleks The Greem. Mansion tersebut telah muncul dalam lebih dari 20 judul KDrama, seperti Can Anyone Love (SBS, 2000); My Husband Got A Family (KBS2, 2012); Rooftop Prince (SBS, 2012); Doctor Stranger (SBS, 2014), Let’s Eat 3 (tvN, 2018), dan masih banyak lainnya.

The Greem sendiri merupakan kompleks taman botani mini yang terletak di 175 Sansa-gil, Desa Yongcheon, Okcheon-myeon, Yangpyeong, sekitar satu jam perjalanan dari Seoul dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Berdiri sejak tahun 1996, taman ini biasa digunakan sebagai destinasi wisata pelepas penat dari aktivitas sehari-hari atau bisa disebut healing garden.

Selain mansion yang telah disebutkan di atas, di dalam kompleksnya terdapat taman lanskap dengan pemandangan gunung, air terjun, kolam ikan, pepohonan rindang, dan taman bunga. Para pengunjung juga bisa bersantai di kafe dan restoran yang ada di sana atau berbelanja beberapa souvenir cantik di gift shop.

3. Bukhangang Railroad Bridge 

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong Bukhangang Railroad Bridge (ggtour.or.kr)

Bukhangang Railroad Bridge ini sangat populer di kalangan traveler sekaligus penggemar KDrama sejak menjadi salah satu lokasi syuting drama Doctors (SBS, 2016). Para wisatawan lokal maupun internasional berdatangan ke jembatan ini untuk berfoto atau bersepeda di sepanjang jembatan seperti Park Shin Hye dan Kim Rae Won.

Bukhangang Railroad Bridge dibuka pada tahun 1939 sebagai perlintasan kereta api sepanjang 500 meter yang membelah Sungai Bukhan (anak Sungai Han).

Setelah adanya pembangunan jalur kereta api baru di sampingnya, perlintasan ini kemudian beralih fungsi menjadi jembatan yang menghubungkan Desa Jinjung di Namyangju dan Desa Yangsu di Yangpyeong serta digunakan untuk bersepeda dan jalan kaki.

Selain Doctors, jembatan ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama Angel Eyes (SBS, 2014); The Third Charm (JTBC, 2018); dan Hotel del Luna (tvN, 2019). Dalam drama Hotel del Luna, jembatan ini sering muncul dan digambarkan sebagai jalan menuju akhirat. Kalian masih ingat?

4. Gudun Station 

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong Gudun Station (english.cha.go.kr)

Gudun Station ini ‘meraih popularitas’ sejak menjadi lokasi syuting film Architecture 101 pada 2012 lalu. Kemudian muncul lagi dalam drama Shark (KBS2, 2013; The Great Seducer (MBC, 2018); Still 17 (SBS, 2018); dan Beautiful Love, Wonderful Life (KBS2, 2019).

Gudun Station ini dibuka pada 1 April 1940 dan melayani kereta api jalur Cheongnyangni dan jalur Jungang dari Yangpyeong ke Wonju. Berlokasi di 3 Gudunyeok-gil, Desa Ilsin, Jipyeong-myeon,  Yangpyeong, stasiun ini sudah berhenti beroperasi sejak tahun 2012 sebagai dampak pembangunan rute baru double-track yang menuju Wonju.

Gudun Station telah ditetapkan sebagai Properti Budaya Nasional No. 296 dan dibuka sebagai ruang budaya, seni, dan pariwisata pada tahun 2016. Para wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati suasana tenang khas pedesaan dengan pepohonan rindang serta bangunan utama stasiun dan rel-rel yang masih terawat.

5. Yangpyeong Dumulmeori Park 

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong Yangpyeong Dumulumeori Park (ggtour.or.kr)

Tak jauh dari Bukhangang Railroad Bridge, terdapat satu tempat wisata yang sebenarnya sudah lebih dulu populer dari jembatan tersebut: Yangpyeong Dumulmeori Park. Secara harfiah ‘dumulmeori’ bermakna ‘dua wilayah perairan’. Hal ini dikarenakan posisinya yang menjadi pertemuan pasang surut Sungai Han Utara (Bukhan) dan Sungai Han Selatan (Namhan), tepatnya di Dumulmeori-gil, Desa Yangsu, Yangseo-myeon, Yangpyeong.

Di kawasan taman ini terdapat pohon zelkova berusia lebih dari 400 tahun dan pohon weeping willow (dedalu tangis) yang memberikan kesan teduh bak pedesaan. Juga terdapat perahu layar hwangpo, dermaga untuk kapal feri bergaya kuno, serta sebuah bingkai kayu di tepi danau yang kerap menjadi spot berfoto para pengunjung.

Lebih dari 10 drama yang pernah menjadikan Yangpyeong Dumulmeori Park ini sebagai lokasi syuting, diantaranya First Love (KBS2, 1996-97); Spring Waltz (KBS2, 2006); She Was Pretty (MBC, 2015); Two Cops (MBC, 2017-18); The Beauty Inside (JTBC, 2018); Melting Me Softly (tvN, 2019); When I Was The Most Beautiful (MBC, 2020); dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Yuk Nostalgia ke 5 Lokasi Syuting KDrama The K2 di Korea Selatan Ini! 

6. Castle Assisi 

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong Castle Assisi Yangpyeong (ggtour.or.kr)

Masih ingat dengan adegan Heo Joon Jae (Lee Min Ho) dan Sim Chung (Gianna Jun) bertemu dengan seorang penipu bernama Thomas (Ahn Jae Hong) di sebuah gereja di Spanyol? Adegan dalam epsiode 2 drama Legend of the Blue Sea (SBS, 2016-17) tersebut sebenarnya tidak dilakukan di Spanyol, tetapi di Castle Assisi ini lho!

Castle Assisi merupakan sebuah hotel bergaya arsitektur Italia yang terletak di tepi Sungai Namhan atau tepatnya di 319 Gangnam-ro, Desa Jeonsu, Gangha-myeon, Yangpyeong-gun. Nama Assisi diambil dari nama sebuah kota di bagian tengah Italia.

Lantai pertama Castle Assisi digunakan sebagai restoran Italia yang menyediakan pizza, pasta, risoto, baguette, salad, wine, dan aneka kopi. Sedangkan lantai dua berfungsi sebagai hotel.

Selain itu juga terdapat toko souvenir yang menyediakan aksesoris dan pakaian impor dari Italia serta aula yang kerap digunakan untuk pesta pernikahan, pertemuan, dan acara keluarga.

Selain Legend of the Blue Sea, Castle Assisi ini juga pernah menjadi lokasi syuting drama Mr. Back (MBC, 2014); Fated to Love You (MBC, 2014 ); dan Birth of a Beauty (SBS, 2014-15).

7. Bom Farmer’s Garden 

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong Bom Farmer's Garden Yangpyeong (fgbom.co.kr)

Tak jauh dari The Hill House dan Castle Assisi, terdapat sebuah restoran yang memorable di kalangan penggemar KDrama. Restoran bernama Bom Farmer’s Garden ini menjadi tempat penyelenggaraan ulang tahun Lee Tae Oh (Park Hae Joon) pada episode 1 dan 2 drama The World of The Married (JTBC, 2020). Di tempat ini pula sang istri, Ji Sun Woo (Kim Hee Ae), mengetahui perselingkuhan Tae Oh.

Bom Farmer’s Garden merupakan sebuah kompleks restoran sekaligus kebun yang terletak di tepi Sungai Namhan atau tepatnya di 729-46 Gangnam-ro, Desa Byeongsan, Gangsang-myeon, Yangpyeong, sekitar 2 jam perjalanan ke arah timur Seoul menggunakan transportasi umum.

Dibuka sejak bulan April 2014, Bom Farmer’s Garden ini menanam sendiri sayuran dan bahan-bahan makanan organik yang disajikan di restoran. Selain itu juga terdapat Art Park yang menampilkan berbagai instalasi seni dan jalur hutan yang teduh dan dipenuhi pepohonan ginkgo, zelkova, birch, hawthorn, cemara, bunga-bunga liar, dan semak belukar menambah kehangatan dan suasana yang tenang.

8. ChangeUp Campus (CUC) — Yangpyeong Camp 

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong ChangeUp Campus - Yangpyeong Camp (yea.or.kr)

Masih ingat dengan SMA Shinhwa tempat para chaebol drama Boys Before Flowers (KBS2, 2009) bersekolah? Atau Healing Village dalam drama Devilish Joy (MBN/Dramax, 2018)? Bangunan mewah bergaya Eropa modern yang digunakan sebagai latar SMA Shinhwa dan Healing Village tersebut adalah ChangeUp Campus (CUC) — Yangpyeong Camp.

ChangeUp Campus (CUC) — Yangpyeong Camp merupakan ‘kampung Inggris-nya Korea’ yang ditujukan untuk orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris secara intensif. Lokasinya berada di 209 Yeonsu-ro, Yongmun-myeon, Yangpyeong.

Berdiri pada tahun 2006 sebagai Gyeonggi English Village Yangpyeong, tempat ini sempat ditutup pada tahun 2016 kemudian rebranding dengan nama baru, 'ChangeUp Campus’. Kampus keduanya terletak di Paju.

Arsitektur bangunan ini dibuat menyerupai wilayah-wilayah di Eropa agar para siswa mendapatkan pengalaman dan atmosfer tinggal di negara yang penduduknya berbahasa Inggris. Kalian tertarik datang ke sini?

9. CAFORE 

Rekomendasi 9 Tempat Wisata Ala KDrama di Kota Yangpyeong CAFORE Yangpyeong (cafore.co.kr)

Awal tahun 2021 ini, CAFORE menjadi salah satu lokasi syuting drama Sisyphus: The Myth (JTBC, 2021). Pada episode 1, kafe ini digambarkan sebagai rumah Han Tae Sul (Cho Seung Woo). Setahun sebelumnya, rooftop kafe ini juga menjadi tempat Yoon Hee Jae (Ju Ji Hoon) mengungkapkan perasaannya kepada Jung Geum Ja (Kim Hye Soo) dalam drama Hyena (SBS, 2020).

CAFORE merupakan kafe, galeri, taman sekaligus kompleks budaya yang terletak di 458 Gangnam-ro, Desa Jeonsu, Gangha-myeon, Yangpyeong. Kafe ini dirancang oleh arsitek Kwak Hee-soo berkolaborasi dengan desainer Sarah Kim dan mengusung konsep ‘forest cabinet’.

Ruangan di dalam kompleks ini digunakan untuk pameran lukisan, piano, fashion, dan karya fotografi. Pada bagian paling atas gedung terdapat rooftop yang cukup luas dan instagramable banget lho!

Nah, itu dia 9 rekomendasi destinasi wisata ala KDrama di Yangpyeong. Menarik semuanya bukan? Kalian bisa memasukannya dalam wishlist liburan setelah pandemi COVID-19 berakhir nanti ya!

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Bersejarah di Korea Ini Pernah Dikunjungi oleh RM BTS!

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya