Comscore Tracker

Yuk Jalan-Jalan ke 5 Destinasi Wisata Ala KDrama di Damyang! 

Hutan-hutan nya sangat cantik pada musim semi dan gugur 

Damyang merupakan wilayah setingkat kabupaten yang berada di Provinsi Jeollanam, Korea Selatan. Kota ini dikenal karena makanan khasnya yang lezat, yaitu tteokgalbi yang berisi campuran daging yang dimarinasi dengan bumbu-bumbu tertentu kemudian dipanggang dengan cara barbekyu; dan juga daetongbap, nasi yang dimasak dengan bambu.

Dalam bidang pariwisata, Damyang memiliki bentang alam yang sangat indah karena berada di lembah gunung Chuwolsan dan Byeongpungsan, serta terdapat hutan-hutan bambu yang teduh dan sangat populer di kalangan wisatawan. Tak sedikit pula tempat-tempat wsiata di Damyang yang menjadi langganan syuting KDrama.

Di mana saja itu? Baca ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

1. Damyang reina country club 

Yuk Jalan-Jalan ke 5 Destinasi Wisata Ala KDrama di Damyang! potret kemegahan clubhouse di Damyang Reina Country Club (dreamgolftour.com)

Para penggemar KDrama pasti tidak asing dengan kompleks yang satu ini. Damyang Reina Country Club kerap dijadikan sebagai latar rumah atau mansion para chaebol, misalnya dalam drama Boys Over Flowers (2009) digambarkan sebagai mansion milik keluarga Goo Jun Pyo (Lee Min Ho) atau dalam drama Crash Landing on You (2019-20) sebagai rumah ayah kandung Yoon Se Ri (Nam Kyoung Eub).

Damyang Reina Country Club yang sebelumnya bernama Damyang Dynasty Country Club merupakan clubhouse dari resor golf kelas atas yang dibuka pada tahun 2008. Lokasinya berada di 169 Gipeunsil-gil, Damyang-eup, Damyang.

Selain Boys Over Flowers dan Crash Landing on You, kompleks ini juga pernah mernjadi lokasi syuting drama-drama My Fair Lady (2009),The King 2 Hearts (2012), The Master's Sun (2013), SKY Castle (2018-19), Chief Of Staff (2019), Absolute Boyfriend (2019), dan The Spies Who Loved Me (2020).

2. Damyang gwanbangjerim forest 

Yuk Jalan-Jalan ke 5 Destinasi Wisata Ala KDrama di Damyang! potret Jang Ki Yong di Damyang Gwanbangjerim Forest dalam drama My Roommate Is A Gumiho (instagram.com/tvn_drama)

Tak jauh dari Damyang Reina Country Club, terdapat sebuah kawasan hutan cantik yang sangat populer bernama Damyang Gwanbangjerim Forest. Hutan sepanjang 2 km ini dibuat pada tahun 1648 M ketika pemerintahan Raja Injo dari Dinasti Joseon untuk melindungi rumah warga di sekitar aliran Damyangcheon dari banjir.

Berlokasi di 37 Gaeksa 7-gil, Damyang-eup, Damyang, di kawasan ini terdapat sekitar 420 pohon muku, zelkova, ceri, nettle, dan ek Jepang yang rata-rata berusia 200 hingga 300 tahun. Dari jumlah tersebut, 185 pohon diantaranya yang membentuk bagian sepanjang 1,2 km dan telah ditetapkan sebagai monumen alam yang dilindungi.

Damyang Gwanbangjerim Forest pernah menjadi lokasi syuting drama Mask (2015); Meow, The Secret Boy (2020); dan My Roommate Is A Gumiho (2021). Dalam drama My Roommate Is A Gumiho, hutan ini muncul dalam adegan ketika Shin Woo Yeo (Jang Ki Yong) sedang mengenang perjalanan kehidupannya sebagai gumiho (rubah berekor Sembilan) pada episode 1.

3. Damyang metasequoia road 

Yuk Jalan-Jalan ke 5 Destinasi Wisata Ala KDrama di Damyang! potret Jang Ki Yong dan Hyeri di Damyang Metasequoia Road dalam drama My Roommate Is A Gumiho (instagram.com/tvn_drama)

Damyang Metasequoia Road ini tentu masih hangat di kalangan penggemar My Roommate Is A Gumiho (2021). Pada episode 5, Shin Woo Yeo (Jang Ki Yong) menjemput Lee Dam (Hyeri) di kampus. Keduanya kemudian berjalan-jalan ke kawasan ini yang dipenuhi pepohonan dan dedaunan berwarna-warni cantik khas musim gugur.

Damyang Metasequoia Road atau Damyang Metasequoia Land merupakan sebuah boulevard sepanjang 8,5 km (2 km diantaranya jalan setapak) yang dipenuhi jajaran pohon Metasequoia. Pepohonan tersebut ditanam pada awal tahun 1970-an oleh Kementerian Dalam Negeri Korea Selatan. Lokasinya berada di 59-14 Hakdong-ri, Damyang-eup, Damyang.

4. Damyang pension stay 

Yuk Jalan-Jalan ke 5 Destinasi Wisata Ala KDrama di Damyang! potret keindahan kawasan Damyang Pension Stay (담양팬션.kr)

Penginapan yang satu ini juga muncul dalam drama My Roommate is A Gumiho (2021). Pada episode 9, para mahasiswa Departemen Sejarah Universitas Seogwa melakukan study tour di beberapa situs bersejarah. Mereka kemudian menginap di Damyang Pension Stay ini dan barbekyu bersama.

Damyang Pension Stay merupakan sebuah wisma atau penginapan yang berada di kaki Gunung Chuwol, 1229, Chuwolsan-ro, Yong-myeon, Damyang. Penginpan ini menyediakan 9 kamar dengan kapasitas mulai dari 2 sampai 12 orang dan sering menjadi destinasi favorit wisatawan karena pemandangan alamnya yang indah dan udaranya yang segar.

Halamannya yang luas dengan rerumputan segar juga sering disewa untuk penyelenggaran pesta pernikahan. Di depan wisma terdapat kebun bunga dan lahan pertanian bernama Damyang Pension Stay Farm yang digunakan untuk wisata edukasi, seperti memanen kentang, ubi jalar, apel, persik, jujube, delima, dan sebagainya. Seru sekali, bukan?

5. Juknokwon 

Yuk Jalan-Jalan ke 5 Destinasi Wisata Ala KDrama di Damyang! potret kawasan Juknokwon dan paviliun dilihat dari atas (english.visitkorea.or.kr)

Juknokwon ini berada tak jauh dari Damyang Pension Stay. Kawasan ini merupakan hutan bambu berbukit seluas 310.000 meter persegi yang dibuka pada bulan Mei 2003 dan berlokasi di 119 Jungnogwon-ro, Damyang-eup, Damyang.

Di dalamnya terdapat delapan jalur berkelok-kelok dengan tema berbeda, pavilion, air terjun buatan, juga area untuk pameran, dan juga observatorium. Dari observatorium tersebut, para pengunung bisa melihat aliran sungai Damyangcheon, Damyang Gwanbangjerim Forest, dan Damyang Metasequoia Road.

Juknokwon ini pernah menjadi lokasi syuting drama Iljimae: The Phantom Thief (2008), Mask (2015), dan juga dalam salahs satu episode variety show 2 Days & 1 Night.

Bagaimana, tempat-tempatnya indah sekali, kan? Tak heran jika tempat-tempat tersebut menjadi lokasi syuting KDrama sekaligus destinasi wisata favorit para wisatawan. Kalian juga bisa memasukkannya dalam wishlist liburan ke Korea Selatan nanti lho!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Destinasi Wisata ala Drama Korea di Kota Gyeongju

Fasrinisyah Photo Verified Writer Fasrinisyah

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya