Comscore Tracker

7 Air Terjun Paling Menakjubkan di Meksiko, Bikin Pikiran Tenang

Sajian warna pirus di sekitar air terjun bikin mata adem

Meksiko merupakan salah satu negara di Amerika Latin yang memiliki keindahan menakjubkan.

Di Meksiko, pantai menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan. Bersantai sambil menikmati deburan ombak, bisa bikin pikiran makin tenang.

Selain pantai, Meksiko juga menawarkan wisata alam lain yang gak kalah menarik. Ada banyak air terjun yang bisa kamu jelajahi, bahkan beberapa di antaranya cukup terpencil. Cocok nih buat kamu yang gemar menjelajah alam.

Berikut ini tujuh air terjun paling menakjubkan di Meksiko. Let's check this out!

1. Air Terjun Tamul

7 Air Terjun Paling Menakjubkan di Meksiko, Bikin Pikiran TenangAir Terjun Tamul (instagram.com/josemostajo)

Permata Potosi menjadi sebutan Air Terjun Tamul, air terjun terbesar di San Luis Potosi, Aquismon. Air terjun setinggi 105 meter ini menjadi salah satu yang terindah di Meksiko. Airnya berasal dari Sungai Gallinas menuju Sungai Santa Maria dan membentuk aliran Sungai Tampaon.

Bulan Oktober hingga Mei, ketika curah hujan mulai berkurang dan air terjun kembali berwarna biru dan biru kehijauan, kamu pun bisa memacu adrenalin dengan aktivitas ekstrem, seperti rappelling di dinding air terjun.

Selain itu, arung jeram dan kayak di sepanjang Sungai Tampaon menjadi olahraga lain yang bisa dipilih.

2. Air Terjun Hierve el Agua

7 Air Terjun Paling Menakjubkan di Meksiko, Bikin Pikiran TenangAir Terjun Misol Ha (instagram.com/karanikolov)

Hierve el Agua menjadi air terjun paling menakjubkan di negara bagian Oaxaca yang terletak di antara Pegunungan Sierra Mixe dan Sierra Norte Oaxaca.

Air terjun ini tercipta melalui proses selama ribuan tahun, oleh air dengan kandungan mineral yang tinggi, terutama kalsium karbonat.

Ketika air menyembur dan bersentuhan dengan udara, maka air tersebut akan mengapur. Kemudian membuatnya terlihat seperti lilin yang menetes. Fenomena tersebut,juga terjadi di Pamukale (Turki) dan Sichuan (China).

3. Air Terjun Agua Azul

7 Air Terjun Paling Menakjubkan di Meksiko, Bikin Pikiran TenangAir Terjun Agua Azul (instagram.com/davidjuan.s)

Agua Azul merupakan air terjun paling megah di Chiapas. Seperti namanya, air terjun ini berwarna biru cerah karena kandungan mineral yang tinggi dan mengendap di atas batuan. Endapan yang kaya akan batu kapur juga membuat air terjun ini memiliki bentuk menarik dan bergelombang.

Melansir CNN, gempa bumi di Meksiko selatan mengakibatkan dasar sungai retak dan mengubah aliran air. Karung pasir digunakan untuk mengembalikan aliran sungai dan dinding permanen dipasang. Akhir November 2017, aliran air ke Agua Azul sudah kembali 100 persen.

Baca Juga: 5 Danau Paling Terkenal yang Terdapat di Meksiko, Wisata Alam Favorit!

4. Air Terjun Misol Ha

7 Air Terjun Paling Menakjubkan di Meksiko, Bikin Pikiran TenangAir Terjun Misol Ha (instagram.com/roman_frolek)

Misol Ha merupakan air terjun setinggi 35 meter yang strategis. Dikelilingi oleh Air Terjun Agua Azul, Taman Air Agua Clara, Situs Arkeologi Palenque, sampai Pantai Catazaja, air terjun ini menjadi salah satu ekowisata di Chiapas yang gak boleh dilewatkan.

Mengutip laman resmi Misol Ha, air terjun ini dikelola oleh sekelompok pemilik properti pertanian yang disebut ejidatarios. Mereka bertugas untuk melestarikan flora dan fauna melalui beragam layanan wisata yang ditawarkan. Ada penginapan ekologis hingga restoran masakan nasional dan internasional di sini.

5. Air Terjun Basaseachic

7 Air Terjun Paling Menakjubkan di Meksiko, Bikin Pikiran TenangAir Terjun Basaseachic (instagram.com/cbeersy)

Basaseachic merupakan air terjun yang terletak di  taman nasional dengan nama yang sama di Chihuahua. Air terjun ini memiliki ketinggian 246 meter, menjadikannya sebagai air terjun tertinggi kedua di Meksiko.

Basaseachic dikenal dengan pemandangannya yang indah, terutama dari tebing. Air terjun ini dikelilingi formasi batuan dan hutan pinus yang indah.

Selama bulan Maret sampai April dan Oktober sampai November, vegetasi tampak hijau dan air terjun mengalir lebih deras.

6. Air Terjun El Chiflon

7 Air Terjun Paling Menakjubkan di Meksiko, Bikin Pikiran Tenangfoto udara Air Terjun El Chiflon (instagram.com/creaturviajes)

El Chiflon adalah air terjun lain yang gak kalah menakjubkan di Chiapas. Ada lima air terjun raksasa dan "kolam renang" yang penuh dengan air berwarna pirus, dihubungkan dengan jalur hiking. Sedangkan air terjun utama, tingginya hampir 120 meter.

Jalur yang relatif datar, pedesaan subur, area piknik terawat, menjadikan area Air Terjun El Chiflon sebagai salah satu tempat terbaik untuk menghilangkan penat. Kamu pun bisa menikmati kesejukan udara di sana sambil berenang.

7. Air Terjun Cusarare

7 Air Terjun Paling Menakjubkan di Meksiko, Bikin Pikiran TenangAir Terjun Cusarare (instagram.com/grijalvx)

Air Terjun Casarare jadi salah satu tujuan paling populer bagi pengunjung Sierra Tarahumara. Sebab, jalurnya mudah untuk dilalui dan layak untuk dikunjungi. Selain itu, pengunjung juga disuguhi hutan pinus Chihuahua selama perjalanan menuju air terjun.

Di sekitar puncak air terjun menjadi salah satu spot foto yang paling mengesankan. Jika ingin mendapatkan pemandangan lain, kamu bisa menuruni ratusan anak tangga untuk sampai di bawah.

Itulah tujuh air terjun paling menakjubkan di Meksiko. Beberapa di antaranya memiliki warna pirus yang memanjakan mata. Apalagi, udara sejuk yang bikin pikiran makin tenang.

Baca Juga: 9 Pesona Keindahan Iguazu, Air Terjun Paling Spesial di Bumi

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya