Comscore Tracker

7 Bukit Berlatar Gunung Rinjani di Sembalun-Lombok, Menakjubkan!

Pendaki pemula bisa mencoba ke beberapa bukit ini

Sembalun adalah kecamatan di Lombok Timur yang sebagian wilayahnya merupakan dataran tinggi. Kamu bisa mendaki Gunung Rinjani melalui daerah ini. Selain itu, terdapat Desa Sembalun yang kerap dikunjungi wisatawan. 

Kalau ingin menikmati kemegahan Gunung Rinjani dari sisi berbeda, bisa dari Sembalun. Ada sejumlah bukit yang bisa dijelajahi dan menjadikannya tempat camping. Ketujuh bukit berlatar Gunung Rinjani di Sembalun, Lombok, ini bisa kamu kunjungi. 

1. Bukit Pergasingan

7 Bukit Berlatar Gunung Rinjani di Sembalun-Lombok, Menakjubkan!pemandangan dari Bukit Pergasingan (instagram.com/novemlawalata)

Bukit Pergasingan kerap menjadi alternatif lain untuk trekking atau hiking, selain Gunung Rinjani. Bahkan, sejumlah agen wisata telah menyediakan beragam paket untuk destinasi satu ini. Biasanya, paket yang ditawarkan berlaku untuk dua hari satu malam. 

Dari puncak bukit kamu bisa menikmati matahari terbenam di balik Gunung Rinjani. Selain itu, hamparan sawah dan Desa Sembalun yang gak kalah menakjubkan bikin terpana. Tertarik untuk coba soft trekking di bukit ini? 

Kalau tidak menggunakan jasa agen wisata, kamu bisa membawa peralatan camping sendiri. Harga tiket masuknya mulai Rp15 ribu per orang. Jam operasionalnya mulai pukul 02.00 WITA.

2. Bukit Anak Dara

7 Bukit Berlatar Gunung Rinjani di Sembalun-Lombok, Menakjubkan!pemandangan dari Bukit Anak Dara (instagram.com/suryafirayama)

Selanjutnya ada Bukit Anak Dara dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Ini merupakan salah satu bukit tertinggi di Sembalun setelah Bukit Nanggi. Bukit yang dibuka untuk wisatawan sejak 2015 ini kerap disebut replika Gunung Rinjani.

Jalur pendakian di sini mirip dengan Gunung Rinjani, cukup menantang. Kamu bisa menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 2-3 jam untuk sampai puncak. Sedikit melelahkan, tapi kamu bisa menikmati keindahan alamnya yang menakjubkan. 

3. Bukit Nanggi

7 Bukit Berlatar Gunung Rinjani di Sembalun-Lombok, Menakjubkan!pemandangan dari Bukit Nanggi (instagram.com/arya_toak)

Bukit Nanggi menjadi bukit tertinggi di Sembalun yang mencapai 2.300 mdpl. Bukit ini kerap direkomendasikan untuk latihan pendaki pemula. Jalurnya cukup menantang dan cocok untuk mengasah kemampuan pendaki.

Sunset dan sunrise menjadi pemandangan favorit para pendaki. Apalagi ketika cuaca cerah, kamu bisa melihat Pulau Sumbawa dari puncak bukit ini, lho. Gimana, tertarik untuk mengunjunginya? 

Baca Juga: Info Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun: Rute, Biaya, dan Tips

4. Bukit Inspirasi

7 Bukit Berlatar Gunung Rinjani di Sembalun-Lombok, Menakjubkan!pemandangan dari Bukit Inspirasi (instagram.com/bukit_inspirasi)

Buat kamu yang enggan trekking berjam-jam, coba nikmati keindahan Gunung Rinjani dan Sembalun dari Bukit Inspirasi. Sesuai namanya, kamu bisa bersantai sambil mencari inspirasi. Cocok pula jadi tempat camping bareng teman maupun keluarga. 

Berbeda dari ketiga bukit sebelumnya, Bukit Inspirasi sudah dilengkapi gardu pandang dan replika perahu sebagai spot foto. Kamu pun bisa bersantai di atas hammock yang telah disediakan. Siapa tahu bisa menyegarkan mata dan pikiran.

5. Bukit Tanaq Abang

7 Bukit Berlatar Gunung Rinjani di Sembalun-Lombok, Menakjubkan!pemandangan dari Bukit Tanaq Abang (instagram.com/rizkianugrahhhh)

Bukit Tanaq Abang memiliki ketinggian 1.600 mdpl yang bisa ditempuh sekitar 3 jam. Trekking bakal seru melalui sungai musiman yang menjadi jalur aliran lahar. Selain itu, kamu bakal melewati hutan alami sepanjang 1,5 kilometer.

Ada tiga jalur pendakian yang bisa kau pilih untuk sampai di puncak bukit. Bisa melalui Dusun Karya, Kubur Nunggal, dan Desa Tanggi. Kamu cukup membayar Rp10 ribu per orang untuk mendaki bukit ini. 

6. Bukit Lembah Gedong

7 Bukit Berlatar Gunung Rinjani di Sembalun-Lombok, Menakjubkan!pemandangan dari Bukit Lembah Gedong (instagram.com/jejakkuramat)

Lembah Gedong kerap menjadi salah satu bagian dari tujuh Summit di Lombok. Ketinggiannya mencapai 2.200 mdpl, dari puncak kamu bisa melihat Gunung Rinjani lebih dekat. Kamu pun cukup mendaki mulai ketinggian 1.500 mdpl.

Meski tidak setinggi Gunung Rinjani dan dapat ditempuh sekitar 2-3 jam, tapi jalurnya cukup terjal, lho. Sehingga, gunung ini bisa menguras tenagamu, pastikan kondisi tubuhmu prima. Kamu harus melalui hutan dengan vegetasi cukup rapat dan sabana.

7. Bukit Kondo

7 Bukit Berlatar Gunung Rinjani di Sembalun-Lombok, Menakjubkan!pemandangan dari Bukit Kondo (instagram.com/nyomanady)

Wisata Bukit Kondo biasanya satu paket dengan Savana Propok. Pasalnya, sebelum sampai di puncak bukit dengan ketinggian 1.934 mdpl ini, kamu harus melalui Savana Propok. Savana tersebut 30 meter lebih rendah dari puncak. 

Buat yang ingin menikmati keindahannya, kamu perlu membayar mulai Rp15 ribu. Jika membawa kendaraan, kamu bisa dikenakan biaya lagi mulai Rp10 ribu. 

Jika kamu ingin melihat sisi lain Gunung Rinjani dari ketujuh bukit tersebut, pastikan memiliki persiapan yang matang, ya. Meski tidak setinggi Gunung Rinjani, tapi medannya cukup terjal.

Ada banyak agen wisata yang menyediakan paket wisata di bukit-bukit tersebut. Ada pula jasa guide yang bisa kamu gunakan. Pejalanan juga makin seru kalau beramai-ramai. Udah siap menjelajah perbukitan di Sembalun, Lombok?

Baca Juga: 9 Air Terjun di Lombok yang Beri Pengalaman Tak Terlupakan

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya