Comscore Tracker

Danau Paniai, Surga Air Tawar nan Eksotis di Papua

Keindahannya diakui secara internasional

Papua memiliki banyak wisata alam yang masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai dan kepulauan yang eksotis menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Kalau kamu bosan dengan suasana pantai, Danau Paniai bisa menjadi destinasi alternatif.

Danau Paniai merupakan salah satu danau yang memiliki panorama indah di Kabupaten Paniai, Papua. Cocok buat kamu yang suka menjelajah tempat-tempat yang masih alami dan tersembunyi. Daripada penasaran, yuk, simak ulasan berikut!

1. Keindahannya telah diakui dunia

Danau Paniai, Surga Air Tawar nan Eksotis di Papuainstagram.com/ifon_ww

Danau Paniai memiliki luas 14.500 Ha dan menjadi salah satu danau terbesar di Indonesia. Danau ini menjadi salah satu danau dari tiga danau yang disebut Wisselmeren pada masa Belanda. Penamaan tersebut berawal dari seorang pilot berkebangsaan Belanda yang bernama Wissel terpesona dengan keindahan ketiga danau. 

Tidak berhenti sampai di situ, keindahan Danau Paniai juga telah diakui ratusan negara pada Konferensi Danau Seluruh Dunia di India pada tahun 2007 lalu. Bahkan, pemerhati budaya, Thedy Pekey juga mengusulkan untuk digelar festival di danau tersebut sebagai salah satu cara promosi. 

2. Makin menawan saat matahari terbenam

Danau Paniai, Surga Air Tawar nan Eksotis di Papuainstagram.com/nawipasam

Ketika pagi sampai siang hari, kamu bisa menikmati udara yang sejuk dengan birunya air danau. Selain itu, deretan pegunungan dan aktivitas warga setempat mampu memanjakan mata. Tapi, kalau kamu ingin menikmati suasana berbeda, bisa datang saat sore hari untuk mendapatkan momen matahari terbenam. Cocok nih buat yang hobi fotografi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Rumah Makan Khas Papua di Jakarta, Bikin Laper!

3. Lengkap dengan keanekaragaman hayati

Danau Paniai, Surga Air Tawar nan Eksotis di Papuaflickr.com/135875205@N04

Selain memiliki panorama yang indah, karena belum terlalu populer sehingga lingkungan Danau Paniai masih alami. Airnya yang jernih akan memudahkanmu untuk melihat ikan maupun biota air tawar yang ada di danau tersebut. Jika beruntung, kamu pun bisa menemukan udang selingkuh yang menjadi fauna endemik di Danau Paniai. Bahkan, danau ini menjadi salah satu penghasil ikan air tawar terbesar di Papua, lo.

4. Sensasi wisata yang tetap membumi

Danau Paniai, Surga Air Tawar nan Eksotis di Papuaflickr.com/135875205@N04

Fasilitas di danau ini cukup lengkap dengan adanya pos jaga dan pemandu wisata. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri danau. Buat kamu yang hobi memancing, juga disediakan alat pancing. Sedangkan jika ingin bermalam, tersedia beberapa penginapan atau menginap di rumah warga setempat.

5. Cara menuju Danau Paniai

Danau Paniai, Surga Air Tawar nan Eksotis di Papuaonwestpapua.com

Sesuatu yang indah memang tidak selalu mudah untuk dicapai, begitu pula Danau Paniai. Masih menempuh perjalanan cukup jauh dari pusat Kota Enarotali. Jalan menuju danau ini dari cukup terjal jika menggunakan jalur darat. Kalau kamu punya cukup biaya, bisa menggunakan jalur udara dengan pesawat perintis.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai Danau Paniai di Papua yang eksotis. Kamu tidak hanya disuguhi keindahan alam saja tapi juga bisa berbaur dengan masyarakat setempat.

Baca Juga: 6 Wisata Alam di Semarang Ini Cocok Buat Liburan, Ngadem Dulu Yuk!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You