Comscore Tracker

7 Danxia Landform di China yang Wajib Dikunjungi, Magis nan Eksotis!

Pesonanya bikin berdecak kagum

China memiliki wilayah daratan yang luas dengan beragam keunikan, salah satunya bentuk lahan danxia. Dilansir China Today, danxia landform merupakan bentuk lahan dengan batuan berwarna merah yang dicirikan oleh tebing curam. Karakteristik unik tersebut banyak ditemukan di China, salah satu yang populer adalah Zhangye Danxia.

Sejauh ini telah ditemukan sekitar 800 lokasi danxia landform, namun hanya beberapa yang dianggap paling representatif. Bukan sekadar keindahannya, tapi evolusi dari tahap awal hingga usia tua juga menjadi alasan. Keunikan bentuk lahan tersebut telah mendapat pengakuan secara internasional. Bahkan, beberapa kawasan masuk dalam daftar warisan dunia dengan nama China Danxia.

Mau tahu lebih lanjut? Berikut ini tujuh danxia landform di China yang paling direkomendasikan.

1. Gunung Danxia Shaoguan

7 Danxia Landform di China yang Wajib Dikunjungi, Magis nan Eksotis!Shaoguan danxia (instagram.com/dorothywss)

Gunung Danxia Shaoguan terletak di bagian utara Provinsi Guangdong dan menjadi salah satu geopark yang terkenal. Dilansir China Global Television Network, sekitar 140 juta tahun lalu, kawasan ini berupa cekungan yang dikelilingi perbukitan. Adanya erosi, sedimentasi dan pengangkatan daratan, maka terbentuklah kondisi geografis saat ini.

Kawasan ini cocok buat kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kota sekaligus berpetualang. Kamu bisa trekking dan menikmati beragam formasi batuan yang spektakuler. Selain itu, kamu pun bisa menyusuri sungai menggunakan perahu dan menemukan sejumlah kuil di kawasan ini.

Geopark ini telah terdaftar sebagai warisan alam dunia pada tahun 2010. Meski, pariwisata meningkat, perlindungan ekologi dan penelitian ilmiah tetap menjadi prioritas, lho. Bahkan, dapat membantu ilmuwan untuk studi tentang perubahan iklim paleoklimat.

2. Gunung Wuyi

7 Danxia Landform di China yang Wajib Dikunjungi, Magis nan Eksotis!Nine Bend Stream (instagram.com/xfeiwu)

Gunung Wuyi terletak di Provinsi Fujian dan telah masuk dalam daftar warisan dunia, UNESCO. Kawasan ini terkenal sebagai tempat konservasi keanekaragaman hayati yang mencakup hutan subtropis dan hutan hujan China. Selain penting bagi alam, ternyata memiliki pengaruh besar dalam penyebaran neo-konfusianisme.

Dilansir laman resmi UNESCO, keindahan ngarai Nine Bend Stream menjadi salah satu daya tariknya. Kamu pun bisa melihat tebing-tebing batu dengan air yang jernih. Sedangkan di sepanjang sungai terdapat kuil dan biara yang berpengaruh dalam budaya Asia Timur sejak abad ke-11. 

Kawasan ini telah memiliki status perlindungan yang ketat sejak tahun 1979, hanya sedikit penduduk yang tinggal di sana. Sehingga, sebagian besar keasliannya masih terjaga, termasuk situs arkeologi hingga kondisi alam setempat.

3. Geopark Taining

7 Danxia Landform di China yang Wajib Dikunjungi, Magis nan Eksotis!Geopark Taining (instagram.com/e_kaspersky)

Masih di Provinsi Fujian, terdapat Geopark Taining yang menjadi taman geologi komperhensif. Kawasan ini terdiri dari bentang alam danxia, granit, dan vulkanik. Puncak gunung yang aneh, gua danxia misterius, dan ngarai yang dalam membentuk pemandangan magis.

Kawasan ini dibagi menjadi empat area yang bisa kamu ekplorasi, yakni Shiwang, Danau Daijin, Tebing Baxian, dan Gunung Jinnao. Grand Canyon Zhaixia Scenic Area di sekitar Danau Daijin merupakan bentuk lahan danxia tahap awal. Ada tiga ngarai yang saling terhubung yang membentuk segitiga, seperti naga emas yang tergeletak di pegunungan.

Banyak gua danxia yang telah menjadi tempat suci bagi para biksu dan biksuni Buddha. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi tempat tujuan untuk menemukan kedamaian jiwa. Budaya gua danxia yang unik tersebut cukup disorot di wilayah Taining.

Baca Juga: 9 Potret Indahnya Gua Longmen di China, Situs Warisan Dunia UNESCO

4. Gunung Longhu

7 Danxia Landform di China yang Wajib Dikunjungi, Magis nan Eksotis!Gunung Longhu (instagram.com/mountlonghu)

Beralih ke Provinsi Jiangxi, terdapat Gunung Longhu yang termasuk World Geopark Network sejak tahun 2007. Kawasan gunung ini menjadi taman geologi dunia, situs warisan alam dan budaya nasional. Selain itu, iklim setempat tergolong sejuk dan lembab, sehingga cukup nyaman bagi wisatawan.

Kamu bisa menikmati keindahan Sungai Luxi yang menjadi penghubung antara Istana Shanqing, Istana Tianshi, Gunung Longhu hingga Fairy Water Cliff. Apalagi dikelilingi oleh perbukitan dan mata air yang indah. Hal tersebut menjadi keindahan utama yang ditawarkan oleh Gunung Longhu.

Buat kamu yang ingin mengeksplorasi keindahannya, bisa dengan jalur sungai atau darat. Kamu tidak perlu memikirkan musim jika ingin melalui jalur darat. Sedangkan jalur air atau sungai, lebih baik pada bulan Maret hingga November.

5. Gunung Langshan

7 Danxia Landform di China yang Wajib Dikunjungi, Magis nan Eksotis!Gunung Langshan (instagram.com/thomaschuphoto)

Langshan menjadi salah satu danxia lanform yang populer, terletak di Provinsi Jiangsu. Meski disebut Gunung Langshan, sebenarnya terdiri dari lima gunung. Ada Gunung Junshan, Jianshan, Langshan, Ma'anshan, dan Huangnishan. Pegunungan tersebut menjadi pemandangan spektakuler di tepi Sungai Yangtze.

Gunung Langshan menjadi salah satu dari delapan gunung agama Buddha yang terkenal di China. Ada banyak peninggalan, termasuk kuil dan bangunan bersejarah lainnya. Gak heran  jika terdapat sebuah resor Buddhis megah dan terkenal di Nantong.

Ada beberapa spot menarik yang bisa kamu temui saat mengunjungi Gunung Langshan. Seperti Bajiao Stonghold yang dikenal sebagai jiwa Gunung Langshan. Chilli Peak yang menjadi puncak terindah dengan ketinggian 180 meter.

6. Zhangye Danxia

7 Danxia Landform di China yang Wajib Dikunjungi, Magis nan Eksotis!Zhangye Danxia (instagram.com/mangoozzzzz)

Kamu pasti udah gak asing lagi dengan danxia landform satu ini, Zhangye Danxia. Berbeda dari sebelumnya yang berupa pegunungan berhiaskan hutan, sungai, hingga bangunan bersejarah. Zhangye Danxia memiliki warna beragam, seperti lukisan.

Kawasan ini digadang-gadang sebagai pemandangan paling menakjubkan di China. Selain itu, dianggap sebagai taman nasional paling berwarna di dunia. Sedangkan Area Pemandanngan Linze Danxia menjadi yang paling populer dan berkembang.

Bukan sekadar memiliki pemandangan yang menakjubkan, tapi juga mudah untuk diakses. Taman nasional ini dilengkapi serangkaian jalan setapak yang memungkinkan pengunjung untuk berjalan-jalan di sekitar lanskap batu pasir beragam warna. Jalan setapak yang rata, memudahkan pengguna kursi roda dan wisatan dengan keterbatasan fisik lainnya.

7. Chishui Danxia

7 Danxia Landform di China yang Wajib Dikunjungi, Magis nan Eksotis!Chinshui Danxia Landform (csdxcn.com)

Satu lagi nih bentuk lahan danxia paling direkomendasikan di China, Chishui Danxia. Berlokasi di bagian barat laut Provinsi Guizhou, tepatnya di Taman Nasional Chisui Danxia. Kawasan ini merupakan perwakilan dari bentuk lahan danxia pada tahap awal.

Sekitar 95 persen wilayahnya masih berupa hutan dan menjadi habitat tanaman langka. Banyak sungai yang mengalir dari puncak gunung, membentuk ngarai yang khas, sejumlah tebing, dan air terjun berbentuk tapal kuda. Kondisi alam di sini masih terjaga dan aktivitas manusia masih terbatas.

Geopark ini meliputi Zhuhai dan Yanziyan National Forest Park, serta Suoluo National Nature Reserve. Bentang alamnya dicirikan oleh dataran tinggi, lembah dalam, tebing, dan air terjun.

Itulah tadi ketujuh danxia landform paling direkomendasikan di China. Bukan hanya memiliki keunikan bentuk lahan, tapi pemandangan dan peninggalan arkeologi yang masih terawat. Mana nih yang menurutmu paling magis nan eksotis?

Baca Juga: 9 Fakta Kepala Singa, Bakso Terpopuler Khas China yang Super Lezat

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya