Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Turin, Ibu Kota Pertama Italia

Pusat industri dan desain kontemporer

Italia tidak hanya terkenal dengan beragam hidangan lezat, tapi juga destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain Roma, Turin menjadi salah satu kota yang sayang untuk dilewatkan. Kota yang terletak di kaki Pegunungan Alpen ini memiliki sejarah panjang dan bangunan dengan arsitektur mengagumkan.

Turin juga terkenal sebagai pusat industri dan desain kontemporer di Italia. Gak heran kalau banyak museum dengan koleksi menarik. Sehingga, kamu bisa menikmati keindahan alam dan kekayaan seni dan budayanya sekaligus.

Mau tahu lebih lanjut tentang Turin? Yuk, simak beberapa fakta menariknya berikut!

1. Ibu kota pertama Italia bersatu pada 1861

5 Fakta Menarik Turin, Ibu Kota Pertama ItaliaIlustrasi Kota Turin di kaki Pegunungan Alpen (pixabay.com/_simo)

Sebelum menjadi seperti saat ini, ternyata Turin memiliki sejarah panjang. Hannibal, pemimpin perang selama invasi di Italia, menghancurkan wliayah tersebut pada 218 SM. Namun, beberapa abad kemudian Turin menjadi "rumah" yang penting bagi kamp militer Romawi.

Pada abad pertengahan, setelah Kekaisaran Romawi runtuh, Turin dikuasasi oleh Lambordia, Frank, dan Goth sampai munculnya pengaruh Dinasti House of Savoy. Pada abad ke-15, wilayah ini menjadi ibu kota negara yang sedang berkembang. Istana megah menjadi salah satu peninggalan pemerintahan Savoy.

Peran penting wilayah ini membuat Prancis terus menyerang Turin sebagai bentuk invasi. Meski pernah terjadi perebutan wilayah, Turin pernah menjadi ibu kota Kerajaan Sadinia, kemudian menjadi ibu kora pertama Unified Italy atau pada 1861. Wilayah ini tumbuh menjadi salah satu pusat kekuasaan industri baru negara yang menarik bagi migran di seluruh penjuru negeri.

2. Pusat industri otomotif ternama di Italia

5 Fakta Menarik Turin, Ibu Kota Pertama ItaliaKoleksi di Museo Nazionale dell'automobile (instagram.com/peterkevill)

Di bawah Mussolini yang mengambil alih negara pada 1922, Fiat dibuat untuk memproduksi teknologi militer untuk tentara. Hal ini menjadikan Turin sebagai sasaran pengeboman sekutu dalam Perang Dunia II. Namun, Turin menjadi salah satu wilayah tercepat di Italia yang pulih pada tahun-tahun pascaperang. Daerah ini berkembang di bidang ekonomi melalui industri otomotifnya. 

Turin menjadi pusat industri otomotif Italia paling awal - Spa, Italia, Lancia, Fiat - diikuti oleh pabrik tekstil dan mekanik. Sejak saat itu, Turin mencapai kemakuran dan kemajuan dalam industri, perdagangan, dan budaya. Sayangnya, Turin sempat dilanda krisis parah pada 1980-an yang tidak pernah pulih sepenuhnya setelah kehilangan sebagian besar penduduknya.

Tahun 2006, Turin menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin yang memberikam dorongan untuk perekonomian dan infrastruktur transportasi. Turin kembali menjadi tempat kelahiran beberapa perusahaan negara, seperti Telecom Italia, televisi, dan bioskop.

Baca Juga: Warga Turin Demam Gelato 'CR7 Cup' di Tengah Rumor Transfer Ronaldo

3. Dikenal sebagai kota film dan bioskop

5 Fakta Menarik Turin, Ibu Kota Pertama ItaliaIlustrasi Villa Della Regina (pixabay.com/nonmisvegliate)

Kelahiran bioskop di Turin menjadikannya sebagai kota film dan bioskop. Melansir laman resmi Badan Pariwisata Nasional Italia, Turin adalah kota metropolis pertama yang melihat melihat munculnya gambar bergerak, pada 1914. Cabiria, karya Giovanni Pastrone, film bisu dengan teks terjemahan oleh Gabriele D'Annunzio yang diputar untuk publik.

Kini, Turin menjadi tuan rumah dengan banyaknya jumlah bioskop. Selain itu, panggung teater kota pun banyak sehingga dapat memenuhi selera penonton yang beragam. Beberapa di antaranya Teatro Stabile kolosal yang berdiri di sebelah Teatro Regio, didedikasikan untuk opera, musik, dan tarian.

Turin juga menjadi "rumah" bagi Museum Sinema Nasional yang terletak di Mole Antonelliana, bangunan abad ke-19 yang megah dan paling terkenal. Kamu bisa menikmati koleksi film sampai melihat pemandangan kota dari bagian atas gedung tersebut dengan sudut 360 derajat. 

4. Pusat penting seni dan desain kontemporer

5 Fakta Menarik Turin, Ibu Kota Pertama ItaliaIlustrasi Gereja Katholik di Turin (pixabay.com/cococc)

Sisa kejayaan Turin masih bisa dinikmati pada era modern saat ini. Ada banyak bangunan terkenal berarsitektur Renaissance, Baroque, Rocco, Neo-klasik, dan Art Nouveau. Pantas saja jika kota ini penting untuk seni dan desain kontemporer.

Di antara sekian banyak bangunan berarsitektur abad pertengahan, beberapa di antaranya patut untuk kamu kunjungi. Dilansir Itali Heritage, Istana Kerajaan Savoy termasuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO yang sayang untuk dilewatkan. Ada pula Katedral St. Yohanes Pembaptis yang menjadi tempat kain kafan suci diawetkan sejak 1578.

Selain bangunan berarsitektur khas Eropa, kamu bisa mengunjungi beragam museum yang mengoleksi barang-barang seni. Sebagian besar bangunan tersebut beralih fungsi, seperti Gedung Lingotto. Gedung tersebut pernah menjadi pabrik mobil terbesar di dunia, kini berubah menjadi pusat konvensi, gedung konser, galeri seni, dan pusat perbelanjaan.

5. Tempat "kelahiran" cokelat padat yang lezat

5 Fakta Menarik Turin, Ibu Kota Pertama ItaliaIlustrasi Piazza Vittorio (pixabay.com/splitshir)

Selain industri, seni, dan desainnya, ternyata Turin memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner. Bukan Belgia saja yang terkenal sebagai produsen cokelat, Turin pun mendapat julukan sebagai tempat "kelahiran" cokelat padat. Pada akhir abad ke-18, Mr. Doret menemukan mesin pembuat cokelat padat.

Gianduiotto, sebutan untuk cokelat khas yang diproduksi oleh perusahaan cokelat Turin. Setiap tahunnya, kota ini menyelenggarakan Cioccolato, festival cokelat selama dua minggu. Festival ini diadakan oleh beberapa perusahaan internasional, seperti Venchi dan Lindt & Sprungli.

Sekarang kamu makin tahu tentang Turin, kan? Kota di kaki Pegunungan Alpen, menyajikan keindahan alam dan karya seni serta budaya yang selaras. Bisa masuk daftar destinasi wisata yang patut dikunjungi, nih!

Baca Juga: Ada Wisata Sejarah dan Alam, Ini 5 Destinasi Favorit di Sicily-Italia

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya