Comscore Tracker

8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!

Di sini surganya snorkeling sampai surfing #LokalIDN

Keeksotisan bahari Indonesia udah gak diragukan lagi. Kamu pun bisa menikmatinya dengan beragam cara, termasuk island hopping atau berkunjung dari satu pulau ke pulau lainnya yang bisa bikin tenang dan betah.

Kamu tertarik untuk island hopping? Coba deh kunjungi beberapa pulau sekaligus di Kepulauan Hinako, Nias Barat. Berikut ini delapan pulau yang bisa kamu kunjungi.

1. Pulau Asu

8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!Pulau Asu (instagram.com/olo_asu)

Pulau Asu adalah salah satu pulau yang paling populer di Kepulauan Hinako. Air lautnya jernih berpadu dengan pasir putih yang lembut, menjadi daya tarik bagi wisatawan. Kamu bisa sekadar berjalan di sepanjang bibir pantai, memancing, atau bahkan berselancar.

Fasilitas pendukung seperti resort dan surf camp juga sudah tersedia di pulau tersebut. Sedangkan untuk bisa sampai ke Pulau Asu, kamu harus naik perahu dari Pelabuhan Sirombu. Kemudian mengarah pilih perahu yang mengarah Kepulauan Hinako atau perahu lain ke Pulau Asu.

2. Pulau Heruanga

8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!ilustrasi Pulau Heruanga (instagram.com/chelnessa)

Berbeda dari sebelumnya, Pulau Heruanga kurang populer di kalangan wisatawan. Pulau ini memang tidak berpenghuni sehingga gak heran kalau fasilitasnya terbatas. Namun, keindahan alamnya masih terjaga, lho.

Salah satu pulau terluar ini memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda yakni pasir putih, laut yang jernih, dan terumbu karang nan eksotis. Kalau kamu merasa tertantang, coba deh jelajahi Pulau Heruanga.

3. Pulau Imana

8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!Pulau Imana (instagram.com/anakdesa_design)

Kamu ingin menikmati keindahan pantai khas daerah tropis yang sesungguhnya? Pulau Imana bisa menjadi salah satunya. Meski pulau ini sudah menjadi destinasi wisata, tapi tidak seramai Pulau Asu.

Sensasi bak pulau pribadi bisa kamu nikmati dari pagi hingga petang. Pasalnya, sedikit wisatawan yang menjadikan pulau ini sebagai salah satu tujuan untuk hopping island. Namun, hal ini justru membuat pesona pulau ini masih terjaga dan gak kalah dari pulau-pulau di sekitarnya.

4. Pulau Bawa

8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!Pulau Bawa (instagram.com/goadvmdn)

Selanjutnya ada Pulau Bawa yang terletak di sebelah selatan Pulau Imana. Ada tiga desa dengan masyarakat lokal yang ramah di pulau ini. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa turis betah di sana.

Kamu bisa menemui pantai berpasir yang umumnya terletak di bagian timur pulau. Sedangkan pantai berbatu yang cukup terjal mendominasi bagian barat pulau. Sebab, bagian barat menghadap Samudera Hindia.

Keeksotisan terumbu karang di sekitar pulau menjadikannya sebagai salah satu tempat yang cocok untuk snorkeling atau diving. Selain pantai, ada danau air tawar di tengah pulau tersebut, yakni Danau Baua. Fasilitas seperti jasa transportasi lokal pun telah tersedia di Pulau Bawa.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Pulau Nias yang Mendunia, Bikin Kangen Liburan!

5. Pulau Hamatula

8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!ilustrasi Pulau Hamatula (facebook.com/pinouva.travel)

Hamatula menjadi pulau tak berpenghuni selanjutnya yang bisa kamu kunjungi di Kepulauan Hinako. Daya tariknya tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Kamu bisa menjadikannya sebagai tempat untuk survival vacation.

Pulau Hamatula tidak seluas Heruanga dan teletak di sebelah selatan Pulau Bogi. Sehingga, kamu bisa menjejelajahi keduanya sekaligus.

6. Pulau Bogi

8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!ilustrasi Pulau Bogi (instagram.com/chelnessa)

Pulau Bogi tepat di sebelah utara Pulau Hamatula dengan daratan yang lebih luas. Terumbu karang dan beragam jenis ikan di perairan dangkal menjadi daya tarik utama. Bisa nih menjadi rekomendasi untuk diving dan snorkeling.

Buat kamu pencinta fotografi, panorama di sana gak akan mengecewakan. Kamu pun bisa island hopping ke beberapa pulau terdekat seperti Hamatula, Hinako, dan Bawa.

Aktivitas apa nih yang akan kamu lakukan di sini?

7. Pulau Langu

8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!ilustrasi Pulau Langu (instagram.com/goadvmdn)

Pulau Langu terletak paling timur di Kepulauan Hinako. Meski tidak cukup luas dibanding sejumlah pulau lainnya, tapi keindahannya tetap luar biasa. Pulau ini cocok banget buat kamu pencinta senja. Kamu bisa menyusuri pantai berpasir sambil menunggu matahari terbenam.

Terumbu karangnya juga gak kalah dari sejumlah pulau di sekitarnya. Gak heran kalau menjadi destinasi wisata hits di kalangan pelancong.

8. Pulau Hinako

8 Pulau di Kepulauan Hinako-Nias Barat, Cocok untuk Island Hopping!Pulau Hinako (instagram.com/main_ke_nias)

Sudah bisa menebak pulau utama di kepulauan ini? Ya, Pulau Hinako yang tentunya gak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa menikmati laut biru, pasir putih, terumbu karang beragam spesies, sampai matahari terbenam.

Namanya mirip dengan bahasa Jepang, konon tidak jauh berbeda dengan nuansa musim panas di Jepang. Ada pula yang menyebutnya memiliki keindahan yang mirip dengan Raja Ampat. Apalagi cuaca yang kerap bersahabat membuat pulau ini dapat dikunjungi nyaris sepanjang tahun.

Kepulauan Hinako terkenal sebagai spot untuk snorkeling, diving, dan selancar. Kamu pun bisa island hopping sambil menjelajah keindahannya.

Pulau mana saja nih yang akan kamu jadikan sebagai rute hopping island-mu?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Murah di Nias, Harus Mampir Nih!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya