Comscore Tracker

Selain Madame Tussauds, Ini 5 Rekomendasi Museum di Thailand

Yang pengen liburan ke Thailand, wajib kesini!

Thailand merupakan salah satu negara yang banyak diminati wisatawan. Ada banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan rekomendasi seperti Pantai Railay atau The Grand Palace. Namun, buat kamu yang ingin menjadikan liburanmu berbeda, bisa memilih museum sebagai tujuan wisata.

Thailand memiliki beberapa museum unik yang bisa menambah pengetahuanmu dan liburanmu lebih seru. Salah satu museum yang terkenal di Thailand yaitu Museum Madame Tussauds. Jika kamu ingin mengunjungi museum lain, berikut ini lima museum yang direkomendasikan.

1. Museum Siam

Selain Madame Tussauds, Ini 5 Rekomendasi Museum di Thailandflickr.com/flyeast

Museum Siam ini cocok buat kamu yang ingin menambah pengetahuanmu tentang etnografi, antropologi maupun sejarah Thailand dan Asia Tenggara. Museum tersebut terdiri dari tiga lantai dan 14 ruangan yang berbeda.

Kamu pun bisa menikmatinya dengan tampilan yang lebih modern dan artistik, seperti gambar ilustrasi 3D pada dinding atau diorama. Sehingga, kamu tidak akan bosan untuk menyusuri setiap sudut museum ini. 

Berlokasi di 4 Sanam Chai Rd, Khwaeng Phra Borom Maha Ratchawang, Khet Phra Nakhon, Krung Thrp Maha Nakhon 10200. Buka setiap hari Selasa sampai Minggu, pukul 10.00 - 18.00. Harga tiketnya mulai Rp50.000 untuk dewasa, Rp100.000 untuk wisatawan asing dan Rp25.000 untuk siswa.

2. Bangkokian Museum

Selain Madame Tussauds, Ini 5 Rekomendasi Museum di Thailandtrawellthailand.com

Bangkokian Museum terdiri dari tiga bangunan berbeda yang menyajikan beragam koleksi bersejarah. Bangunan pertama berupa rumah bergaya barat yang dibangun pada tahun 1937. Rumah tersebut menyajikan perabotan dan perlengkapan asli yang digunakan pada tahun 1940an. 

Bangunan kedua merupakan rumah dua lantai yang dibangun sejak tahun 1929. Barang yang dipamerkan berasal dari tahun 1920an. Berupa perabotan, perlengkapan rumah tangga dan peralatan yang digunakan di apotek.

Sedangkan bangunan ketiga terdiri dari dua lantai yang berisi peralatan dapur kuno, bekas peternakan kecil serta berbagai berbagai artefak. Selain itu juga berisi sejarah Thailand dari masa ke masa yang terletak di lantai dua. 

Museum ini berlokasi di Charoen Krung Soi 43 dan dekat dengan Hotel Royal Orchid Sheraton. Buka setiap hari Rabu sampai Minggu, pukul 10.00 - 16.00 dengan tiket masuk gratis.

Baca Juga: 6 Wisata Gratis di London, Mulai dari Museum Hingga Taman

3. Bangkok National Museum

Selain Madame Tussauds, Ini 5 Rekomendasi Museum di Thailandbuffalotrip.com

Museum Nasional Bangkok menjadi salah satu museum yang wajib kamu kunjungi saat ke Thailand. Letaknya strategis dan dekat dengan Grand Palace memudahkanmu untuk sampai ke sana. Kamu bisa melihat berbagi barang antik dan belajar sejarah Thailand sejak periode Sukothai sampai Kerajaan Thailand modern.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati koleksi arkeologi, etnologi dan beragam seni dekoratif dari China serta seluruh negara di Asia Tenggara. Hal unik lainnya, ada tour guide berbahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan dengan gratis. Sedangkan bahasa Jerman bisa kamu dapatkan pada hari Kamis, bahasa Prancis dan Jepang pada hari Rabu.

Berlokasi di Na Phroothat Road, dekat dengan Grand Palace. Kamu bisa mengunjunginya setiap hari Rabu sampai Minggu, pukul 09.00 - 16.00. Harga tiket masuk untuk wisatawan asing Rp93.000.

4. Bangkok Seashell Museum

Selain Madame Tussauds, Ini 5 Rekomendasi Museum di Thailandgoshoppingthailand.com

Jika kamu ingin mengunjungi museum yang berbeda dari biasanya, Bangkok Seashell Museum bisa menjadi pilihan. Kamu bisa melihat berbagai jenis kerang yang indah dengan beragam ukuran. Koleksi di museum ini mencapai 3 ribu spesimen dari 600 spesies. 

Kamu tidak hanya belajar beragam jenis kerang, tapi juga penggunaan kerang dari masa ke masa. Mulai digunakan sebagai mata uang, alat musik sampai penelitian medis. Penyajiannya pun ada yang menggunakan ilustrasi dan lebih informatif. Liburanmu jadi lebih bermakna, kan?

Berlokasi di Jalan Silom, sebelah Soi Silom 23 dan tepat di seberang Rumah Sakit Lerdsin. Jam operasional setiap hari Selasa sampai Minggu, biasanya ditutup saat hari libur tertentu di Thailand, buka pukul 10.00 - 18.30. Biaya masuk orang dewasa Rp 46.000 (wisatawan domestik) dan Rp93.000 (wisatawan asing) serta anak-anak Rp23.000.

5. Museum of Contemporary Art (MOCA)

Selain Madame Tussauds, Ini 5 Rekomendasi Museum di Thailandinstagram.com/mocabangkok

Museum ini memang sengaja dibangun sebagai penghargaan untuk Profesor Silpa Bhirasri, bapak seni kontemporer di Thailand. Museum seluas 20 ribu meter persegi tersebut memamerkan sekitar 800 karya seni.

Jika beruntung, kamu bisa menjumpai pameran atau acara tertentu yang biasa diselenggarakan di museum ini. Buat kamu pecinta seni kontemporer, bisa datang langsung ke MOCA Bangkok.

Berlokasi di 499 Kamphaengphet 6 Road, Ladyao, Chatuchak, Bangkok 10900. Jam operasional setiap hari Selasa sampai Minggu, pukul 10.00 - 18.00. Harga tiket masuk untuk dewasa Rp83.000, siswa Rp37.000 dan gratis untuk anak-anak. Harga tiket mungkin lebih mahal untuk wisatawan asing.

Nah, itulah kelima rekomendasi museum yang wajib kamu kunjungi di Thailand. Kamu bisa bersenang-senang sambil menambah pengetahuan. Apa ada yang masuk bucket list-mu?

Baca Juga: 7 Museum Menakjubkan di Tokyo yang Patut Kamu Kunjungi

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You