Comscore Tracker

Taman Batu Purwakarta, Kolam Renang Alami dengan View Memukau

Nikmati sensasi ala sky pool dengan harga terjangkau di sini

Kamu ingin berenang di tempat asri berlatar pemandangan hijau? Purwakarta punya destinasi kece yang menyegarkan yakni Taman Batu nih. Destinasi tersebut cocok untuk menghilangkan penat serta family friendly.

Taman Batu Purwakarta memadukan kolam renang di atas bukit dengan view ala pegunungan. Kolam renang di sini menggunakan mata air pegunungan jadi lebih menyegarkan. Ditambah lagi dengan ornamen bebatuan di sekelilingnya yang bikin makin terasa alami.

Berminat untuk mengunjungi Taman Batu Purwakarta? Yuk, cari tahu dulu informasinya!

1. Terdapat kolam renang ala sky pool hingga air terjun

Taman Batu Purwakarta, Kolam Renang Alami dengan View MemukauTaman Batu Purwakarta (instagram.com/renifitriyaani_)

Taman Batu Puwakarta merupakan kolam renang alami yang terletak kaki Gunung Burangrang. Dikelilingi oleh persawahan, perbukitan, dan dekat dengan sungai, membuatnya semakin asri. Destinasi wisata yang sudah ada sejak tahun 2016 ini juga disebut Wisata Mata Air Cijanun.

Meski berupa kolam renang alami, tapi cukup estetik karena dikelilingi oleh bebatuan besar dan pemandangan hijau. Kolam renangnya pun didesain sedemikian rupa sehingga membuatmu bak berenang di sky pool. Kamu gak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menyegarkan pikiran sambil menikmati pemandangan kece.

Kolam renangnya bertingkat disertai air terjun buatan dan air mancur. Kedalamannya pun bervariasi sehingga aman untuk anak-anak dan dewasa. Kolam paling dalam sekitar 4 meter. 

2. Mudah diakses dari pusat Purwakarta, Bandung, maupun Jakarta

Taman Batu Purwakarta, Kolam Renang Alami dengan View MemukauTaman Batu Purwakarta (instagram.com/nandangsuhaya)

Taman Batu Purwakarta terletak di Jalan Taman Batu, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Jaraknya sekitar 19,8 km dari pusat kota Purwakarta dan dapat ditempuh selama 1 jam. Meski waktu tempuhnya cukup lama, tapi jalannya mudah dilalui.

Buat kamu yang dari luar kota juga dapat menuju Taman Batu Purwakarta dengan mudah. Kalau kamu dari Jakarta, lebih cepat melalui Tol Jakarta - Cikampek dan Tol Cipularang. Kemudian melalui Jalan Kapten Halim - Jalan Taman Batu, Cipeundeuy hingga sampai tujuan.

Sedangkan kamu yang dari arah Bandung, dapat menuju ke arah utara di Tol Purbaleunyi. Kemudian menuju ke arah Jalan Raya Purwakarta - Jalur Cikampek-Padalarang - Jalan Wanayasa-Bojong-Sawit. Ikuti jalur tersebut hingga sampai di Cipeundeuy.

Baca Juga: 10 Pesona Waduk Jatiluhur, Suguhan Alam Asri dari Purwakarta

3. Harga tiket terjangkau, dijamin ramah di kantong

Taman Batu Purwakarta, Kolam Renang Alami dengan View MemukauTaman Batu Purwakarta (instagram.com/rbihsan)

Setelah menempuh perjalanan jauh, pastikan kamu tiba di lokasi pada jam operasional, ya. Taman Batu Purwakarta buka setiap hari, mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB. Cocok juga nih kalau kamu tiba saat siang hari, bikin makin terasa segar.

Sedangkan untuk harga tiketnya dipatok Rp 20.000 per orang. Kalau mau camping, tiket masuknya menjadi Rp 30.000 per orang. Parkir kendaraan roda dua Rp 5.000 dan parkir roda empat Rp 10.000. Cukup terjangkau dan ramah di kantong, kan? Namun perlu diingat bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Oh iya, parkir kendaraan roda dua dan roda empat terpisah. Buat kamu yang membawa kendaraan roda dua, bisa parkir di dekat pintu masuk. Sedangkan yang membawa kendaraan roda empat, harus berjalan dulu sekitar 100 meter dari area parkir menuju loket.

4. Berenang sambil berburu spot instagramable, seru!

Taman Batu Purwakarta, Kolam Renang Alami dengan View MemukauTaman Batu Purwakarta (instagram.com/imas_ijhoy)

Kolam renang yang dikelilingi bebatuan menjadi keunikan tersendiri yang gak kamu temui di tempat lain. Airnya pun segar karena berasal dari mata air Cijanun, ditambah lagi pemandangannya bikin kamu makin rileks. Kamu bisa menikmati kesegarannya dengan berenang, bermain air, hingga berburu spot foto instagramable.

Fasilitas lain yang ditawarkan untuk membuatmu lebih nyaman yakni ruang ganti, musala, toilet, kamar bilas, penyewaan ban, hingga loker sebagai tempat penyimpanan barang bawaanmu. Sejumlah gazebo juga tersedia untuk kamu yang ingin duduk santai sambil menikmati pemandangan. Kalau lapar, bisa menikmati kuliner yang disediakan oleh penjual di kantin atau food court.

Buat kamu yang memiliki waktu lebih dan ingin berama-lama di Taman Batu Purwakarta, sudah tersedia penginapan lho. Harga sewanya mulai Rp 300.000 - 500.000 per malam. Penginapan ini berupa saung dan rumah dengan beberapa kamar.

5. Beberapa hal yang patut kamu perhatikan sebelum berkunjung ke Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta, Kolam Renang Alami dengan View MemukauTaman Batu Purwakarta (instagram.com/onepointouw_aerial)

Sebelum kamu memutuskan untuk mengunjungi Taman Batu Purwakarta, beberapa hal berikut ini patut diperhatikan:

  1. Jalan yang bakal kamu lalui semakin sempit ketika sudah dekat dengan lokasi Taman Batu Purwakarta. Kamu bakal melewati perkampungan dan kebun teh, jadi berhati-hatilah.
  2. Jika memungkinkan, datang selain hari Minggu. Sebab, pengunjung akan lebih banyak dari biasanya yang membuatmu dapat kehabisan tempat.
  3. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dan perlengkapan mandi untuk membersihkan diri setelah berenang.
  4. Lebih baik kamu hindari menggunakan tabir surya supaya kealamian sumber air tetap terjaga.
  5. Buat kamu yang ingin camping, bawa saja perlengkapan camping dari rumah. Sebab, pihak pengelola Taman Batu Purwakarta hanya menyediakan area camping.
  6. Sedangkan buat kamu yang ingin menginap, lebih baik melakukan reservasi terlebih dahulu.
  7. Kamu diperbolehkan lho membawa makanan dari luar, kemudian menggelar tikar. Cocok nih untuk piknik bareng keluarga maupun kerabat.

Sekarang kamu sudah tahu kan tentang Taman Batu Purwakarta? Kolam renang alami degan view kece banget, bisa bikin badan dan pikiranmu juga segar. Apalagi kamu bisa merasakan sensasi layaknya di sky pool dengan harga terjangkau.

Baca Juga: 7 Tempat Camping dengan View Keren di Purwakarta, Bikin Betah

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya