Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Cianjur dengan Vibes Luar Negeri, Murah Meriah!

Ada miniatur Venesia hingga Air Terjun Niagara

Cianjur merupakan salah satu kabupaten yang letaknya berdekatan dengan Bogor, Bandung, dan Bekasi. Sebagian besar wilayahnya berhawa sejuk sehingga gak heran kalau sering menjadi tujuan berwisata saat akhir pekan. Selain itu, deretan pantai di sisi selatan juga gak kalah menarik.

Di antara banyaknya tempat wisata di Cianjur, kamu bisa merasakan suasana bak di luar negeri, lho. Jadi, gak perlu jauh-jauh merasakan sensasinya sampai pergi jauh ke luar negeri.

Ada yang mirip banget seperti di Venesia, berikut ini lima tempat wisata bak luar negeri di Cianjur. Simpan sebagai referensi wisatamu selanjutnya, ya!

1. Little Venice Kota Bunga

5 Tempat Wisata di Cianjur dengan Vibes Luar Negeri, Murah Meriah!Little Venice Kota Bunga (instagram.com/awanikhwan)

Buat yang ingin merasakan menyusuri sungai bak di Venesia, Italia, kamu cukup ke Little Venice Kota Bunga. Seperti namanya, kamu bisa naik perahu bak menyusuri sungai dengan bangunan berarsitektur menarik di sisi kiri dan kanan.

Destinasi wisata hits ini juga menawarkan beragam wahana lain dapat dinikmati bersama keluarga dan orang terdekat. Kamu bisa berfoto dengan spot menarik, seperti di miniatur Dunia Fantasi bertema koboi Amerika.

Di sini juga terdapat kolam renang, kolam pancing, playground, dan lapangan tenis. Kamu juga bisa menikmati kuliner di restoran dan tersedia penginapan di dalam area Little Venice Kota Bunga.

Lokasi: Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Jam operasional:

  • Senin hingga Jumat pukul 09.00-16.30 WIB
  • Sabtu dan Minggu pukul 08.30-18.00 WIB

Harga: Rp40 ribu

2. Karang Potong Ocean View

5 Tempat Wisata di Cianjur dengan Vibes Luar Negeri, Murah Meriah!Karang Potong Ocean View (instagram.com/saijoko69)

Ingin menikmati nuansa tropis yang kental sambil bersantai di tepi pantai? Coba saja mengunjungi Karang Potong Ocean View yang mirip Santorini, Yunani. Ini juga menjadi tempat yang tepat untuk hunting foto. Ada sekitar 25 spot foto Instagramable, lho.

Hampir semua spot foto berlatar hamparan laut biru khas negara tropis. Kalau gak mau panas-panasan, kamu bisa datang saat sore hari sambil menunggu matahari terbenam. Bisa dibilang, itu menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Karang Potong Ocean View.

Lokasi: Kampung Sedekan, Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari mulai pukul 06.00 - 18.00 WIB, tetapi dapat diperpanjang hingga 21.00 WIB jika pengunjung masih banyak.

Harga:

  • Senin hingga Jumat: Rp20 ribu
  • Akhir pekan atau libur nasional: Rp25 ribu

3. Kebun Raya Cibodas

5 Tempat Wisata di Cianjur dengan Vibes Luar Negeri, Murah Meriah!Taman Sakura Kebun Raya Cibodas (instagram.com/c.i.s.k.4)

Berbeda dengan kedua destinasi wisata sebelumnya yang mengusung tema ala Eropa, kamu bisa merasakan kesejukan dan indahnya bunga sakura di Kebun Raya Cibodas. Kamu gak perlu jauh-jauh ke Asia Timur untuk menikmatinya.

Taman Sakura menjadi salah satu area favorit di Kebun Raya Cobodas. Namun, kamu perlu memperhatikan waktu yang tepat sebelum mengunjunginya. Bunga sakura mekar dua kali setahun, sekitar bulan Januari-Februari dan Agustus-September.

Lebih baik kamu mengunjunginya pada awal setiap bulan tersebut. Sebab, bunga sakura biasanya mekar sekitar 4-7 hari, kemudian gugur dalam waktu seminggu. Sedangkan waktu yang tepat untuk berkunjung adalah saat pagi menjelang siang hari.

Lokasi: Jalan Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00 - 16.00 WIB

Harga:

  • Senin hingga Jumat: Rp15.500
  • Akhir pekan atau libur nasional: Rp25.500

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Bandung yang Seperti Luar Negeri, Estetik!

4. Taman Bunga Nusantara

5 Tempat Wisata di Cianjur dengan Vibes Luar Negeri, Murah Meriah!Taman Gaya Jepang - Taman Bunga Nusantara (dok. Taman Bunga Nusantara)

Taman Bunga Nusantara sudah diresmikan sejak 1995. Ada banyak wahana menarik dan taman bunga berbagai tema, mulai dari lokal hingga internasional.

Taman yang ada di sana di antaranya, Taman Bunga Mawar, Taman Labirin, Taman Jepang, Taman Bali, Taman Prancis, Taman Amerika, Taman Mediterania, Taman Angsa, Taman Air Dinosaurus, dan Taman Pohon Palem.

Gak ketinggalan pula untuk kamu yang ingin menikmati keindahan taman bunga dari atas, terdapat Menara Pandang dengan 4 tingkat. Jika kamu benar ingin melihat bunga di negara-negara lebih dari dua musim, terdapat Rumah Kaca dengan Bunga 4 Musim.

Kamu juga gak perlu jauh-jauh ke Dubai Miracle Garden untuk menikmati hamparan taman bunga dengan berbagai tema tersebut. Selain memanjakan mata, kamu juga bisa menemukan bunga yang mungkin belum pernah ditemui selama ini.

Lokasi: Jalan Mariwati Km. 7, Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB

Harga: Rp40 ribu per orang untuk berkeliling taman bunga. Belum termasuk tiket wahana.

5. Curug Dadali

5 Tempat Wisata di Cianjur dengan Vibes Luar Negeri, Murah Meriah!Curug Dadali (instagram.com/budi__fitriana)

Ternyata, Cianjur juga punya wisata alam dengan vibes luar negeri, yakni Curug Dadali. Dari sekian banyak air terjun di Cianjur, Curug Dadali menjadi salah satu yang tidak surut saat musim kemarau. Debit airnya besar dengan lebar dan tinggi sekitar 50 meter dan 20 meter.

Bongkahan batu besar dan gua di balik aliran Curug Dadali menjadi pesona lain air terjun ini. Buat yang ingin melihatnya secara langsung, kamu harus berjalan cukup jauh dari area parkir. Meski jalurnya tertata, lebih baik tetap memperhatikan kondisi cuaca dan kesehatan tubuh.

Kamu juga perlu menyiapkan bekal makanan dan minuman sendiri. Sebab, tidak ada warung atau penjaja makanan di area Curug Dadali.

Lokasi: Kampung Legoksaat, Desa Wargaasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga: gratis

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan destinasi mana saja di Cianjur yang mirip dengan luar negeri? Gak hanya taman wisata buatan dan taman bunga, tapi juga ada air terjun yang mirip Air Terjun Niagara. Tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Jawa Tengah dengan Vibes ala Luar Negeri

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya