Comscore Tracker

7 Tempat Wisata yang Ramah Keluarga di Tanjung Morawa, Sumatra Utara

Cocok untuk short escape bareng keluarga

Tanjung Morawa (Tamora) merupakan salah satu kecamatan di Deli Serdang yang kerap dikira menjadi bagian dari Medan. Letaknya yang strategis, menjadikan Tamora sebagai sentra industri pengusaha Kota Medan. Di sini pula, pernah terjadi tragedi bersejarah pada masa Kabinet Wilopo.

Di balik itu semua, Tamora memiliki sejumlah destinasi wisata yang ramah keluarga. Beberapa di antaranya merupakan wisata air yang seru dan bikin kamu betah. Berencana untuk berwisata di Tanjung Morawa? Berikut ini tujuh destinasi yang patut kamu kunjungi.

1. BudayaLand

7 Tempat Wisata yang Ramah Keluarga di Tanjung Morawa, Sumatra UtaraBudayaLand (instagram.com/budayaland)

BudayaLand merupakan salah satu destinasi untuk berlibur bersama keluarga. Destinasi tersebut memiliki beragam wahana permainan yang mengasyikkan dan ramah untuk anak-anak seperti sepeda air, mini ATV, skuter, dan gak ketinggalan sejumlah spot instagramable.

Terdapat danau buatan dengan taman nan hijau di tengahnya yang menyerupai pulau. Taman ini semakin asri dengan adanya pepohonan dan rerumputan. Sehingga, kamu dapat bersantai dan menikmati udara yang cukup sejuk.

Karena masih menjadi bagian dari Budaya Resto, kamu juga dapat nongkrong sambil kulineran. Coffee Cabin menawarkan nuansa alam yang kental, meski di dalam ruangan. Menu yang dihidangkan didominasi oleh kuliner khas Indonesia.

Harga tiket masuk:

  • Rp30.000 untuk entry pass ticket, dapat ditukar dengan 1 minuman.
  • Rp100.000 untuk VIP pass ticket, bisa main wahana sepuasnya.

Jam opersional: Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, mulai pukul 11.00 - 18.00 WIB.

Lokasi: Jalan Raya Medan - Tanjung Morawa, Desa Ujung Serdang, Kecamatan Deli Serdang.

2. Kampung Wisata Bunga Bangun Sari

7 Tempat Wisata yang Ramah Keluarga di Tanjung Morawa, Sumatra UtaraWisata Bunga Madirsan (instagram.com/wisatabungamadirsan)

Kamu suka mengoleksi berbagai jenis bunga? Bisa nih berburu bunga di Kampung Wisata Bangun Sari, kadang juga disebut Wisata Bunga Madirsan. Kamu bakal disuguhi deretan bunga yang di jual di tepi jalan.

Kampung wisata ini terkenal sebagai salah satu pemasok tanaman hias di Sumatra Utara dan bahkan telah dipasarkan ke luar pulau. Gak hanya tanaman hias dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Gak heran, kalau harganya mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Jam operasional: setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB.

Lokasi: Jalan Madirsan, Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

3. Milenial Park

7 Tempat Wisata yang Ramah Keluarga di Tanjung Morawa, Sumatra UtaraMilenial Park (instagram.com/evimaharaja7)

Milenial Park menjadi salah satu destinasi wisata baru di Tanjung Morawa. Tempat yang sempat viral ini digandrungi kawula muda karena banyak spot untuk berswafoto. Ada pula wahana bermain untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Salah satu wahana permainan yang menjadi unggulan, yakni Rumah Salju. Kamu juga bisa seru-seruan dengan bermain Bom Bom Car. Untuk dapat memainkan wahana yang ada disini, kamu perlu membeli koin layaknya di tempat hiburan arkade. Tersedia pula food court untuk kulineran yang bisa bikin kenyang.

Gak ada tiket masuk area ini, tapi kamu perlu membayar biaya parkir. Sedangkan harga tiket wahana permaian cukup bervariasi, demikian pula dengan durasi yang ditetapkan. Ada pula yang menggunakan koin, kamu dapat menukarkan uang dengan koin mulai Rp2.000-100.000

Harga tiket masuk: gratis, minimal belanja Rp10.000

Jam operasional: setiap hari pukul 1.600 - 23.00 WIB.

Lokasi: Komplek P3UD, Jalan Medan - Tebing Tinggi, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Pedas Khas Sumatra Utara, Semuanya Sedap 

4. Wisata Punden Rejo

7 Tempat Wisata yang Ramah Keluarga di Tanjung Morawa, Sumatra UtaraWisata Punden Rejo (instagram.com/panjaitan411)

Wisata Punden Rejo muncul sebagai destinasi wisata alternatif untuk berakhir pekan. Konon, kemunculannnya terinspirasi dari Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wisata Punden Rejo ini juga menawarkan suasana asri nan sejuk di tengah hamparan sawah.

Ornamen dan properti pelengkap di tempat wisata ini terbuat dari bambu. Kamu dapat menyusuri jalur pejalan kaki menuju pondok-pondok di tengah sawah. Selain itu, pemandangan yang ditawarkan tidak hanya hamparan sawah, tapi juga sunset saat sore hari.

Harga tiket masuk: Rp5.000 per orang.

Lokasi: Gang Benteng, Desa Punden Rejo, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

5. Waterland Tamora

7 Tempat Wisata yang Ramah Keluarga di Tanjung Morawa, Sumatra UtaraWaterland Tamora (instagram.com/waterlandtamora)

Masih mencari destinasi wisata yang ramah keluarga? Waterland Tamora bisa menjadi salah satu alternatifnya. Seperti namanya, kamu bisa berenang dan telah dilengkapi dengan wahana air yang seru banget.

Sejumlah wahana yang dapat kamu coba, yakni Sky Bike, Race Slider, Water Splash, dan Kolam Arus. Wahana tersebut gak hanya cocok untuk anak-anak, tapi juga dewasa. Kalau kamu ingin berolahraga bak atlet coba saja Kolam Renang Semi Olympic yang tersedia.

Waterland Tamora juga telah dilengkapi gazebo, musala, food court, dan panggung terbuka. Kamu bisa bersantai sambil kulineran.

Harga tiket masuk: Rp25.000 per orang saat weekday dan Rp30.000 per orang saat weekend.

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00 - 18.00 WIB.

Lokasi: Jalan Bandar Labuhan, Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

6. Waterpark Tirtamas Tanjung Morawa

7 Tempat Wisata yang Ramah Keluarga di Tanjung Morawa, Sumatra UtaraTirtamas Waterpark (instagram.com/tirtamaswaterpark)

Waterpark Tirtamas Tanjung Marowa menjadi destinasi selanjutnya yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Waterpark ini menawarkan nuansa tropis dengan adanya sejumlah pohon kelapa. Wahana air dengan kolam renang untuk dewasa dan anak-anak menjadi daya tarik utama di waterpark ini.

Fasilitas lain yang bikin kamu semakin nyaman yakni kamar mandi, ruang ganti, dan kantin. Sehingga, kamu bisa kulineran setelah lelah bermain air. Ada pula gazebo untuk bersantai sambil mengawasi anak-anak yang sedang seru berenang atau bermain air.

Harga tiket masuk: Rp15.000 per orang saat weekday dan Rp20 ribu per orang saat weekend serta hari libur nasional.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Lokasi: Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

7. Kolam Renang Kuala Mega

7 Tempat Wisata yang Ramah Keluarga di Tanjung Morawa, Sumatra UtaraKolam Renang Kuala Mega (instagram.com/kolamrenangkualamega)

Alternatif untuk tempat berenang selanjutnya ada Kolam Renang Kuala Mega. Ada 6 kolam renang yang dapat digunakan untuk berbagai usia, baik anak-anak mupun dewasa. Di sekitar kolam renang juga terdapat tempat untuk bersantai sambil mengawasi anak-anak yang sedang berenang.

Selayaknya kolam renang, Kuala Mega juga telah dilengkapi dengan tempat ganti dan kamar mandi. Kamu juga dapat membeli makanan, ketika lapar setelah berenang dan bermain air.

Harga tiket masuk: Rp15 ribu saat weekday dan Rp20 ribu per orang saat weekend

Jam operasional: setiap hari pukul 06.30 - 18.30 WIB.

Lokasi: Jalan Limau Manis, Medan Sinembah, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Itu tadi ketujuh destinasi wisata yang ada di Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Kamu dapat membeli beragam jenis bunga hingga bermain air bersama keluarga. Mau ke mana akhir pekan nanti?

Baca Juga: 9 Film Bertemakan Batak Sumatra Utara, Tebaru Ada Ngeri-Ngeri Sedap! 

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya