Comscore Tracker

8 Wisata Bukit Kapur di Jawa Timur, Eksotis nan Instagenik  

Ada yang menyerupai jamur, lho! #LokalIDN

Batu kapur sering kali ditambang untuk berbagai keperluan. Selain itu, daerah bekas tambang kapur sering kali dimanfaatkan untuk tempat wisata. Biasanya dikelola oleh masyarakat setempat dan memiliki daya tarik tersendiri. 

Beberapa wilayah di Jawa Timur pun memanfaatkan bekas tambang kapur atau bahkan yang masih aktif, sebagai objek wisata. Ingin berwisata di tempat yang eksotis sekaligus instagenik? Berikut ini bukit kapur di Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi. 

1. Batu Putih, Sumenep

8 Wisata Bukit Kapur di Jawa Timur, Eksotis nan Instagenik  instagram.com/amaliah.mardhatillah

Buat kamu yang ingin mengunjungi wisata bukit kapur yang eksotis jangan sampai melewatkan Madura. Salah satunya Bukit Panjalin yang dikenal juga sebagai Bukit Batu Putih. Sesuai dengan namanya, bukit kapur satu ini berada di Kecamatan Batu Putih, sekitar satu jam dari pusat kota Sumenep. 

Beberapa pilar dengan tinggi sekitar 10 meter yang terbentuk karena proses penambangan bisa menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa menjadikannya sebagai latar untuk berswafoto. Kamu juga bisa menyaksikan Bukit Panjalin dari Pantai Bandur yang tidak jauh dari lokasi tersebut. 

2. Bukit Arosbaya, Bangkalan

8 Wisata Bukit Kapur di Jawa Timur, Eksotis nan Instagenik  instagram.com/indraiswanto1984

Masih di Pulau Madura, kali ini bergeser ke Kabupaten Bangkalan. Kamu bisa mengunjungi Bukit Kapur Arosbaya yang berada di Desa Berbeluk. Bukit yang juga dikenal sebagai Bukit Pelalangan tersebut, masih menjadi lokasi tambang aktif, lho. 

Buat kamu yang pertama kali datang ke sana, enggak usah khawatir. Biasanya ada masyarakat setempat yang menjadi pemandu. Kamu bakal ditunjukkan spot-spot instagenik, enggak cuma dinding kapur, tapi juga 'gua' yang menawan.

3. Bukit Jaddih, Bangkalan

8 Wisata Bukit Kapur di Jawa Timur, Eksotis nan Instagenik  instagram.com/adji_mahadewa

Satu lagi nih wisata bukit kapur yang ada di Bangkalan dan udah populer, yakni Bukit Jaddih. Lokasinya tidak jauh dari Jembatan Suramadu dan sekitar 10 km dari pusat Kabupaten Bangkalan. Meski penambangan masih aktif dilakukan, namun fasilitas untuk wisata pun terus dikembangkan.

Beberapa spot foto bisa kamu temukan dengan mudah di lokasi tersebut, mulai dari pahatan hingga kolam Aeng Goweh Pote. Buat kamu yang ingin berfoto di tengah kolam enggak perlu khawatir, sudah tersedia gethek. 

4. Bukit Kapur Suci, Gresik

8 Wisata Bukit Kapur di Jawa Timur, Eksotis nan Instagenik  instagram.com/lail_fitriana

Selain Madura, Gresik juga memiliki destinasi wisata bukit kapur yang enggak kalah eksotis dan instagenik. Bekas tambang kapur yang berada di Desa Suci, Kecamatan Manyar ini dapat ditempuh sekitar 18 menit dari Alun-Alun Gresik. Lokasi ini memang belum sepopuler Bukit Jaddih, tapi cukup diminati masyarakat Gresik. 

Bukit Kapur Suci ini sekedar tempat hits buat swafoto, tapi juga cocok untuk short escape. Kamu bisa menikmati kolam dengan air biru kehijauan ketika musim penghujan. 

Baca Juga: 7 Tips ke Bukit Kapur Ciampea Bogor, Seru dan Murah!

5. Bukit Jamur, Gresik

8 Wisata Bukit Kapur di Jawa Timur, Eksotis nan Instagenik  instagram.com/lucy_tjan

Sama seperti sebelumnya, bukit satu ini juga tambang kapur. Tapi, memiliki daya tarik tersendiri dengan batuan menyerupai jamur yang terbentuk secara alami. Kamu perlu menempuh perjalanan ke arah Desa Bungah, sekitar 20 km dari pusat Kabupaten Gresik. 

Di lokasi tersebut, kamu bisa berswafoto ala Negeri Liliput yang dihiasi jamur raksasa. Apalagi ketika cuaca cerah, paduan langit biru dan bukit jamur yang unik juga cocok untuk latar foto prewedding

6. Bukit Sekapuk, Gresik

8 Wisata Bukit Kapur di Jawa Timur, Eksotis nan Instagenik  instagram.com/y.gopedia

Sempat menjadi lokasi tambang kapur dan pembuangan sampah, kini menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Bukit Sekapuk ini tergolong wisata yang masih baru di Gresik, pasalnya dibuka untuk umum pada awal 2020 lalu. Lokasinya berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke sini, cukup menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari exit Tol Manyar. Kamu cukup membayar tiket masuk Rp15.000 dan tarif parkir masing-masing Rp10.000 dan Rp5.000 untuk mobil dan sepeda motor. 

7. Bukit Kapur Tlogosadang, Lamongan

8 Wisata Bukit Kapur di Jawa Timur, Eksotis nan Instagenik  instagram.com/aristiawan_putra

Selain terkenal dengan wisata pantai dan gua, Lamongan juga memiliki bukit kapur yang sayang untuk dilewatkan. Destinasi wisata satu ini cukup hits buat kawula muda Lamongan sejak tahun 2017. Lokasinya pun enggak jauh dari Tanjung Kodok yang menjadi salah satu ikon wisata di Lamongan. 

Enggak kalah eksotis dari Bukit Jaddih dan sesuai dengan namanya, terdapat 'telaga' berwarna biru kehijauan. Tertarik untuk berkunjung ke sana? Kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat Kabupaten Lamongan menuju Kecamatan Paciran. 

8. Bukit Kapur Rengel, Tuban

8 Wisata Bukit Kapur di Jawa Timur, Eksotis nan Instagenik  YouTube.com/sulis ikhwanul m.

Satu lagi ini bukit pasir yang gak kalah eksotis dan instagenik dari sebelumnya, yakni Bukit Rengel di Tuban. Kedengarannya cukup asing bagi masyarakat di luar Tuban, tapi nyatanya sudah jadi incaran sebagai spot foto sejak tahun 2016, lho. Kamu bisa berburu sunset yang menjadi salah satu keistimewaan wisata satu ini. 

Lokasinya berada di Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel. Kamu bisa menempuh jarak sekitar 21 km dari jalur Pantura di Tuban. Kamu juga bisa menempuh perjalanan selama 45 menit dari pusat Kabupaten Bojonegoro.

Kalau kamu berada di Jawa Timur, bukit kapur yang eksotis dan instagenik di atas wajib untuk kamu kunjungi. Lebih kamu berkunjung pada pagi atau sore hari, supaya tidak kepanasan. Mana nih yang masuk bucket list-mu?

Baca Juga: 7 Bukit Kapur Terindah di Indonesia, Rekomendasi Libur Long Weekend

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya