Comscore Tracker

Mau ke Bromo? 5 Destinasi Ini Bisa Sekalian Kamu Kunjungi

Dekat banget dengan Bromo, tiket masuknya juga murah

Gunung Bromo menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit yang ada di Jawa Timur. Tempat wisata dengan pemandangan indah dan dikelilingi lautan pasir ini dapat diakses melalui Kabupaten Malang maupun Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. 

Saking indah dan populernya Gunung Bromo, sejak tahun 2016 pemerintah melalui Kementrian Pariwisata manjadikan Gunung Bromo sebagai satu dari sepuluh The Next Bali bagi Indonesia. Salah satu tujuan para wisatawan berkunjung ke Gunung Bromo adalah untuk melihat keindahan sunrise

Saat selesai mengunjungi Gunung Bromo, biasanya para wisatawan langsung menuju penginapan yang letaknya berada di luar kawasan Kecamatan Poncokusumo. Hal ini sangat disayangkan. Sebab di salah satu desa yang ada di Kecamatan Poncokusumo, yakni Desa Gubuk Klakah ternyata menyimpan banyak sekali destinasi menawan loh.

Berikut lima destinasi menawan yang ada di Desa Gubuk Klakah, semua destinasi ini bakal kamu lewati di sepanjang jalan menuju Gunung Bromo. 

1. Air terjun Coban Pelangi

Mau ke Bromo? 5 Destinasi Ini Bisa Sekalian Kamu Kunjungi500px.com/Deny Krisbiyantoro

Air terjun Coban Pelangi berada di perbukitan yang ada di desa Gubuk Klakah dengan ketinggian 1.400 mdpl. Dinamakan Coban Pelangi sebab ketika kamu datang di waktu yang tepat yakni sekitar pukul sepuluh pagi hingga dua sore, kamu berkesempatan melihat pelangi yang ada di sekitar air terjun ini. 

Budget yang harus kamu keluarkan untuk mengunjungi tempat wisata ini tergolong murah. Tiket masuk hanya dipasang tarif Rp15.000,00 dan parkir untuk roda dua seharga Rp5.000,00 sedangkan roda empat seharga Rp10.000,00.

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini juga tergolong lengkap, mulai dari cottage, rumah makan outdoor, hingga musala. Adapun untuk wahana terdapat naik kuda, spot foto instagramable, hingga area camping.

2. Nusa Pelangi Agrowisata Sapi Perah

Mau ke Bromo? 5 Destinasi Ini Bisa Sekalian Kamu Kunjunginasirullahsitam.com

Banyak hal baru yang akan kamu dapatkan ketika mengunjungi tempat wisata ini. Mulai dari pengetahuan seputar peternakan sapi perah, pengelolaan hasil susu sapi perah, hingga pengalaman secara langsung bagaimana serunya merawat hingga memerah susu sapi.

Harga tiket masuk tempat wisata ini tergolong sangat murah, hanya mengeluarkan uang mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp25.000,00 saja kamu sudah bisa melihat aktivitas perawatan sapi perah hingga menikmati berbagai olahan lezat dan menyehatkan dari susu sapi.

Di sini terdapat food court yang menyajikan berbagai olahan unik dari susu sapi, mulai dari permen susu, stick susu, kerupuk susu, yogurt, hingga ice cream.

Tips untuk mendatangi tempat wisata ini adalah, datanglah ketika menjelang sore hari. Sebab di waktu tersebut kamu akan berkesempatan turut serta dalam memerah susu sapi secara manual menggunakan tangan. Sudah terbayang kan bagaimana keseruannya?

Baca Juga: 20 Potret Liburan di Bromo yang Romantis, Bikin Pasangan Makin Lengket

3. GSS (Gunung Sari Sunset)

Mau ke Bromo? 5 Destinasi Ini Bisa Sekalian Kamu KunjungiInstagram/fahanludany__

Jika pagi harinya kamu berhasil melihat indahnya sunrise di Gunung Bromo, sorenya kamu dapat mampir ke GSS (Gunung Sari Sunset). Lokasinya sangat berdekatan dengan Air Terjun Coban Pelangi. 

Kamu tidak usah khawatir, di tempat ini terdapat banyak cottage hingga rumah pohon yang disewakan, sehingga kamu dapat menikmati sunset dengan tenang dan nyaman.  Selain fasilitas cottage dan rumah pohon, di sini juga terdapat kafe outdoor dan penginapan. Pas banget untuk kamu yang merasa capai setelah seharian beraktivitas.

Harga tiket masuk tergolong sangat murah, yakni hanya Rp5.000,00. Itupun sudah termasuk parkir sepeda motor jika kamu datang ke sana dengan mengendarai motor. Harganya murah, namun view yang disajikan indah banget!

4. Wisata Petik Buah di Desa Gubuk Klakah

Mau ke Bromo? 5 Destinasi Ini Bisa Sekalian Kamu KunjungiNasirullah Sitam

Tidak banyak wisatawan yang mengetahui bahwa di Desa Gubuk Klakah juga terdapat wisata petik buah. Buah yang disediakan adalah buah apel dan jeruk.

Di sepanjang jalan menuju Gunung Bromo, kamu memang akan melihat banyak deretan perkebunan apel dan jeruk di samping kiri-kanan. Namun, banyak orang menyangka kebun-kebun tersebut bukanlah wisata petik buah yang dibuka untuk umum. Padahal, sebagian besar kebun tersebut oleh pemiliknya dijadikan sebagai wisata petik buah loh.

Kamu dapat menghubungi Pusat Informasi Desa Wisata Gubuk Klakah untuk menanyakan kiranya kebun mana saja yang dapat kamu kunjungi. Informasi mengenai hal ini dapat kamu cari di Google Maps dengan cara mengetik Pusat Informasi Desa Wisata Gubuk Klakah di kolom pencarian.

Kapan lagi kamu dapat menikmati berbagai jenis buah apel mulai dari apel royal red, apel rumbioti, hingga manalagi serta jeruk segar langsung dari pohonnya? Kamu juga dapat membawa apel serta jeruk yang kamu petik untuk dijadikan oleh-oleh di rumah.

5. River Tubing Ledok Amprong

Mau ke Bromo? 5 Destinasi Ini Bisa Sekalian Kamu KunjungiAnnisa Islamiasih

Hulu aliran sungai yang terdapat di Ledok Amprong ini mencapai kecepatan 10-30 km per jam. Hal tersebut membuat wisata river tubing sangat ekstrem dan akan menguji nyalimu.

Kamu dapat menikmati derasnya aliran sungai dengan berbagai paket pilihan. Mulai dari jarak tempuh 700m hingga 3km. Tarifnya pun cukup beragam, mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp140.000,00.

Kamu tidak usah khawatir akan mengalami kecelakaan saat menikmati wahana ini, sebab para petugas yang sudah profesional dengan setia mengawasimu mulai dari titik pemberangkatan hingga titik terakhir dari jarak yang akan kamu tempuh.

Itulah kelima destinasi wisata alam yang dapat kamu kunjungi seusai maupun sebelum berkunjung ke Gunung Bromo. Pergi bersama keluarga maupun teman-teman akan membuat perjalananmu semakin menyenangkan. Apalagi jika pergi di musim kemarau seperti saat ini, sebab cuaca tersebut akan membuat sunrise maupun sunset terlihat lebih jelas dan indah.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata yang 'Dihancurkan' Wisatawan Setiap Hari

Fili . Photo Community Writer Fili .

We can make it if we try.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You