Comscore Tracker

7 Fakta Unik Bosscha Bandung, Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2

Sering jadi lokasi syuting film-film hits, nih

Belakangan ini, Observatorium Bosscha mendadak viral karena kemunculannya di film Pengabdi Setan 2: Communion. Terlepas dari image-nya yang seram, sebenarnya observatorium memiliki sejarah dan fakta yang menarik untuk diketahui. 

Kali ini IDN Times telah merangkum beberapa fakta unik Bosscha yang bisa kamu simak. Gak semenyeramkan kayak di film, kok!

1. Dibangun selama lima tahun

7 Fakta Unik Bosscha Bandung, Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2Bosscha (instagram.com/bosschaobservatory)

Observatorium Bosscha dibangun selama lima tahun, yakni sejak tahun 1923 hingga 1928. Mengacu pada situs resmi bosscha.itb.ac.id, Bosscha berhasil menerbitkan publikasi internasional pertamanya pada tahun 1933. Namun, tak lama kegiatan publikasi tersebut pun berhenti sementara karena ada Perang Dunia II. 

2. Namanya diambil dari nama tuan tanah kebun teh Malabar

7 Fakta Unik Bosscha Bandung, Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2Bosscha (instagram.com/dhileey)

Bosscha dibangun Perhimpunan Astronomi Hindia Belanda atau Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereniging (NISV). Tujuannya untuk memajukan ilmu astronomi di lingkup Hindia Belanda.

Nah, dana untuk membangun Observatorium Bosscha ini berasal dari sumbangan seorang tuan tanah di perkebunan teh Malabar di Jawa Barat, Karel Albert Rudolf Bosscha. Maka dari itu, sebagai bentuk penghargaan atas jasanya, gedung observatorium ini diberi nama Bosscha.

3. Observatorium Bosscha ikut terdampak Perang Dunia II

7 Fakta Unik Bosscha Bandung, Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2Bosscha (instagram.com/novanwahyufiriski)

Faktanya, bangunan Observatorium Bosscha pernah rusak akibat Perang Dunia II. Namun setelah itu, gedungnya direnovasi di semua sudutnya dan kembali normal beroperasi. 

Baca Juga: 10 Wisata Berkebun di Bandung untuk Mengisi Liburan Sekolah 

4. Observatorium Bosscha merupakan bagian dari ITB

7 Fakta Unik Bosscha Bandung, Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2Bosscha (instagram.com/gitabmdw)

Enam tahun setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tanggal 17 Oktober 1951, Perhimpunan Astronomi Hindia- Belanda menyerahkan Bosscha kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Setelah Institut Teknologi Bandung (ITB) berdiri pada 1959, Bosscha masuk menjadi bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB.

5. Ditetapkan menjadi objek vital nasional

7 Fakta Unik Bosscha Bandung, Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2Bosscha (instagram.com/bandung.banget)

Observatorium Bosscha secara resmi menjadi objek vital nasional pada tahun 2008. Hal tersebut mengacu pada fungsi Bosscha yang penting bagi kehidupan bangsa dan negara, sehingga harus selalu dijaga. Selain itu, pemerintah juga memasukkan Bosscha sebagai bangunan cagar budaya tingkat nasional. 

6. Memiliki salah satu teropong terbesar buatan Jerman

7 Fakta Unik Bosscha Bandung, Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2Bosscha (instagram.com/acangpilotdronebdg)

Setelah pembangunan, sebuah teropong refraktor ganda zeiss 60 sentimeter ditempatkan di Bosscha. Tepatnya pada tanggal pada 7 Juni 1928. Tak main-main, teropong buatan Jerman ini merupakan salah satu teropong terbesar ketiga di bumi bagian selatan. 

7. Pernah jadi lokasi syuting beberapa film populer

7 Fakta Unik Bosscha Bandung, Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2Bosscha (instagram.com/natgeoindonesia)

Bosscha pernah jadi lokasi syuting beberapa film hits. Salah satunya film Petualangan Sherina pada 2000. Yang terbaru, Bosscha juga menjadi perbincangan hangat karena muncul di adegan awal film Pengabdi Setan 2: Communion. 

Itulah beberapa fakta unik Observatorium Bosscha yang viral setelah muncul di film Pengabdi Setan 2: Communion. Jadi, kapan mau berkunjung ke sini?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata yang Cocok untuk Kencan di Bandung, Makin Romantis 

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya