Comscore Tracker

Cerita Seru Petulangan Afgan Jelajah Labuan Bajo, Mandalika, dan Bali

Banyak hal seru selama bertualang 10 hari

Liburan selalu menjadi pilihan banyak orang saat bosan dan lelah menjalani rutinitas harian. Tujuannya tentu saja untuk menyegarkan mata dan pikiran. Hal yang sama dilakukan penyanyi bersuara emas, Afgansyah Reza alias Afgan.

Baru-baru ini Afgan liburan ke beberapa tempat menarik di Indonesia, yakni Labuan Bajo, Mandalika, dan Bali. Nah, kali ini IDN Times berkesempatan mendengarkan cerita Afgan secara langsung selama liburan, nih. 

Penasaran gimana keseruannya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Cerita perjalanan dan syuting di Labuan Bajo, Mandalika, dan Bali

Cerita Seru Petulangan Afgan Jelajah Labuan Bajo, Mandalika, dan BaliPerjalanan Afgan ke Labuan Bajo, Mandalika, dan Bali (IDN Times/Dok. AXN)

Tak sendirian, Afgan pelesiran ke Labuan Bajo, Mandalika, dan Bali bersama Reza Chandika, Rara Sekar, Richard Kyle, serta Isyana Sarasvati. Cerita liburan mereka tersebut bakal ditayangkan spesial dalam acara serial televisi bertema petualangan berjudul AXN Ultimate Challenge Indonesia. Acara ini akan tayang perdana pada 25 November 2021. 

Ini merupakan kali pertama bagi seorang Afgan untuk ikut dalam sebuah acara petualangan. Apalagi banyak tantangan dalam acara ini yang juga menjadi hal baru untuknya. 

"Perasaannya excited, apalagi dua tahun stuck di rumah aja karena pandemik. Jadi ketika ditawarkan, saya langsung mau karena sekalian untuk refreshing," ujar Afgan. 

Ketika ditanya tantangan apa yang terberat, Afgan mengaku hari pertama syuting cukup membuatnya kelelahan. Pasalnya, ia dan kawan-kawan harus mengunjungi beberapa lokasi sekaligus.

"Challenge yang paling terberat mungkin di hari pertama syuting karena kita langsung ke Pulau Padar. Kita harus trekking selama satu jam, itu pukul 12 siang yang lagi panas-panasnya," ujarnya. Setelah itu, dia menuju ke Gua Rangko. "Yang ternyata di dalam gua juga panas banget dan kita masih harus melakukan challenge." 

2. Destinasi yang wajib dikunjungi menurut Afgan

Cerita Seru Petulangan Afgan Jelajah Labuan Bajo, Mandalika, dan BaliPerjalanan Afgan ke Labuan Bajo, Mandalika, dan Bali (IDN Times/Dok. AXN)

Dari sekian banyak lokasi yang ia datangi, Afgan memberikan rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi. Yang pertama tentu saja Pulau Padar, Labuan Bajo. Penyanyi kelahiran 27 Mei 1989 itu merasa sangat senang karena bisa menikmati keindahan lanskap laut dari atas bukit.

Destinasi kedua adalah Pulau Komodo. Kita bisa melihat langsung hewan purba komodo di habitat aslinya, Pulau Komodo. Satu-satunya di dunia, lho.

Ketiga ada Gua Rangko. Untuk menuju ke sana, Afgan dan kawan-kawan harus naik boat sekitar 30 menit dan lanjut hiking sedikit untuk mencapai ke Gua Rangko. Tak hanya pemandangannya yang indah, kamu juga bisa berenang di Gua Rangko. 

Terakhir, ia menyarankan untuk mengunjungi Bukit Merese. Menurut dia, pemandangan sunset dari atas bukit ini sangat menenangkan dan bisa menjadi momen healing sejenak. 

Ketika diminta memilih mana yang paling ia sukai di antara Bali, Mandalika, dan Labuan Bajo, Afgan memilih Bajo. Perjalanan liburan ke Labuan Bajo, menurut Afgan, benar-benar berkesan dan tak bisa didapatkan di tempat lainnya.

3. Momen yang paling berkesan

Cerita Seru Petulangan Afgan Jelajah Labuan Bajo, Mandalika, dan BaliPerjalanan Afgan ke Labuan Bajo, Mandalika, dan Bali (IDN Times/Dok. AXN)

Afgan menceritakan momen yang paling berkesannya selama 10 hari perjalanan mengunjungi tempat-tempat epik tersebut. Salah satu yang paling memorable menurut dia yakni bisa menikmati sunset yang benar-benar indah di atas kapal pinisi menuju Labuan Bajo."Itu benar-benar indah banget, sih," tuturnya.

Selain itu, perjalanan ini membuatnya jadi lebih dekat dengan teman-temannya, seperti Reza Chandika, Rara Sekar, dan Isyana Sarasvati. Setiap hari bersama, syuting mulai pukul 05.00 pagi, membuat mereka merasakan kedekatan satu sama lain.

Baca Juga: 10 Aktivitas Seru yang Wajib Dilakukan di Kepingan Surga Labuan Bajo 

4. Makanan yang cukup berkesan

Cerita Seru Petulangan Afgan Jelajah Labuan Bajo, Mandalika, dan Baliayam taliwang (instagram.com/kuliner_makassar)

Liburan dan kulineran adalah satu paket yang tak bisa dipisahkan. Kurang afdal rasanya berlibur tanpa mencicipi makanan khas destinasi yang dituju.

Dari sekian banyak jenis makanan yang Afgan cicipi selama di Bali, Mandalika, dan Labuan Bajo, ayam taliwanglah yang paling berkesan di lidahnya. "Sama kopi flores di Labuan Bajo, itu enak banget, sih," ujarnya.

5. Tips traveling ala Afgan

Cerita Seru Petulangan Afgan Jelajah Labuan Bajo, Mandalika, dan BaliPerjalanan Afgan ke Labuan Bajo, Mandalika, dan Bali (Dok. AXN)

Dalam wawancaranya dengan wartawan, Afgan memberikan beberapa tips perjalanan yang harus diperhatikan. Khususnya saat liburan ke Labuan Bajo, Mandalika, dan Bali.

Dia mengatakan kita harus mencari tahu lebih banyak tentang bagaimana cara kita datang ke tempat itu, apalagi kalau tempatnya terpencil, jadi harus riset dulu. "Jadi satu hari bisa ke beberapa tempat, jangan sampai sudah sampai sana malam, jadi gak bisa menikmati pemandangannya," ucap Afgan.

Selain riset, Afgan juga menganjurkan untuk mempersiapkan fisik dan stamina sebelum liburan, khususnya di Labuan Bajo. Pasalnya, rata-rata destinasi wisata di Labuan Bajo mengharuskan kita trekking dengan kondisi cuaca yang panas. 

"Sebelumnya harus healthy lifestyle, olahraga, istirahat yang cukup, karena kalau gak kuat malah bisa sakit," katanya. 

Menurut Afgan, mengajak teman-teman yang hobi traveling, hiking, dan suka menjelajah juga sangat membantu untuk melakukan perjalanan seperti ini. 

Itulah cerita pengalaman liburan Afgan bersama Reza Chandika, Rara Sekar, dan Isyana Sarasvati saat menjelajahi Bali, Mandalika, serta Labuan Bajo. Seru banget, ya!  Semoga pengalaman Afgan tersebut bisa menjadi inspirasi dan tips buat kamu yang mau liburan juga, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Terbaik Menikmati Sunset di Labuan Bajo, Dramatis Abis!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya