Comscore Tracker

7 Destinasi Wisata Alam di Berau yang Keindahannya Diakui Dunia

Keindahannya bisa diadu dengan Maldives sekali pun

Keindahan laut di Berau, Kalimantan Timur, memang gak pernah salah. Bahkan, banyak wisatawan menyebut Berau sebagai surga wisata bahari. Keindahannya bisa diadu dengan Maldives sekali pun.

Berau memiliki pulau-pulau kecil yang indah, berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. Berikut beberapa rekomendasi wisata alam di Berau yang bisa masuk ke dalam bucket list liburanmu nanti.

1. Pulau Derawan

7 Destinasi Wisata Alam di Berau yang Keindahannya Diakui DuniaPulau Derawan (instagram.com/hvtrip)

Pulau Derawan merupakan salah satu pulau yang paling terkenal, sekaligus jadi pusat wisata bahari di Berau. Jaraknya dua jam dengan speedboat dari Kota Tanjung Redeb Berau. 

Masih jernih, kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan jelas. Kegiatan snorkeling dan diving bisa kamu lakukan di pulau ini. Jika beruntung, kamu bisa melihat pari manta, hiu tutul, dan penyu hijau di perairan Derawan.

2. Pulau Kakaban

7 Destinasi Wisata Alam di Berau yang Keindahannya Diakui DuniaPulau Kakaban (instagram.com/reizhard)

Setelah dari Pulau Derawan, kamu bisa langsung ke Pulau Kakaban. Jarak tempuhnya hanya 1,5 jam saja dengan menaiki speedboat yang disewakan dari Pulau Derawan.

Ada satu spot yang terkenal banget di Pulau Kakaban, yakni Danau Kakaban. Danau ini merupakan habitat ubur-ubur yang hanya ada tiga tempat di dunia, yaitu Indonesia, Portugal, dan Filipina. Berenang bersama mereka pasti seru banget, deh!

3. Pulau Maratua

7 Destinasi Wisata Alam di Berau yang Keindahannya Diakui DuniaPulau Maratua (instagram.com/danzindrayana)

Bagi pasangan yang sedang ingin honeymoon, datanglah ke Pulau Maratua. Pemandangan pasir putih di pulau ini terbentang luas, berpadu dengan laut biru yang jernih. Tak heran kalau banyak yang menyebut Maratua sebagai Maldives-nya Borneo.

4. Pulau Sangalaki

7 Destinasi Wisata Alam di Berau yang Keindahannya Diakui DuniaPulau Sangalaki (instagram.com/moniccaolivia)

Pulau Sangalaki menyimpan  terumbu kerang yang masih asri. Pulau ini menjadi habitat penyu hijau yang unik.

Di malam hari, penyunya akan naik ke daratan untuk menyimpan telurnya. Selain penyu, kamu akan menemukan pari manta, hiu sisik, dan hiu paus kalau menyelam di sini. Keren banget, ya!

Baca Juga: 10 Potret Manimbora, Pulau SpongeBob yang Unik di Kalimantan Timur 

5. Danau Labuan Cermin

7 Destinasi Wisata Alam di Berau yang Keindahannya Diakui DuniaDanau Labuan Cermin (instagram.com/derawanjuaratrip)

Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kabupaten Berau. Sesuai dengan namanya, air di danau ini jernih banget, kamu bahkan bisa melihat dasarnya.

Masyarakat setempat juga mneyebut danau ini dengan sebutan 'Danau Dua Rasa', karena rasa airnya berbeda. Air di dasarnya terasa tawar, sedangkan air di permukaannya terasa asin. Kedalamannya hanya sekitar lima meter saja. 

6. Pulau Kaniungan

7 Destinasi Wisata Alam di Berau yang Keindahannya Diakui DuniaPulau Kaniungan (instagram.com/vidyadara)

Cukup jauh, kamu harus menempuh 5-6 jam perjalanan dari Kampung Teluk Sulaiman. Tenang saja, ada homestay yang dikelola warga sekitar untuk beristirahat.

Pemandangan di sini dijamin worth it. Airnya jernih banget dan pasir putihnya bersih berkilau. Cocok untuk liburan bersama dengan pasangan, nih.

7. Pulau Manimbora

7 Destinasi Wisata Alam di Berau yang Keindahannya Diakui DuniaPulau Manimbora (instagram.com/exploredolan.id)

Hamparan pasir putih akan menyambutmu di Pulau Manimbora. Ditambah lagi ada pohon kelapa yang menambah keeksotisan pulau yang disebut juga dengan Spongebob Island ini. 

Gak terlalu luas, pulau ini merupakan pulau yang tak berpenghuni. Jadi, masih dijamin asri banget. Kalau berkunjung, jangan lupa jaga kebersihan, ya!

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Berau, Kalimantan Timur, yang wajib masuk ke dalam daftar rencana liburanmu. Semuanya indah dan memesona. Jadi, ingin cepat ke sini, kan?

Baca Juga: 10 Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan untuk Bucket List Liburanmu

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya