5 Negara Dengan Destinasi Sungai yang Indah, Wajib Dikunjungi!

Bisa menjadi ide liburan yang cocok untuk tenangkan pikiran

Dalam mengunjungi berbagai negara biasanya destinasi wisata menjadi tempat yang akan dipertimbangkan. Dari mulai wisata perkotaan, pegunungan, laut, hingga sungai yang membentang di negara tersebut.

Tak heran apabila pertimbangan mengenai destinasi sungai juga banyak dipilih orang-orang dalam mengunjungi suatu tempat. Sama halnya apabila kamu tertarik berkunjung ke berbagai sungai indah, maka beberapa sungai di berbagai negara ini bisa jadi rekomendasi.

1. Sungai Yangtze, Tiongkok

5 Negara Dengan Destinasi Sungai yang Indah, Wajib Dikunjungi!ilustrasi Sungai Yangtze (unsplash.com/@freys)

Jika berkunjung ke Tiongkok, maka tak lengkap untuk menikmati wisata Sungai Yangtze di sana. Sungai Yangtze dapat dikatakan sebagai sungai terpanjang di Tiongkok, bahkan di Asia. Bahkan bendungan terbesar di dunia juga ada di sungai dengan panjang 6.300 kilometer ini.

Keberadaan Sungai Yangtze bukan semata-mata hanya untuk destinasi wisata semata, namun juga sangat sarat akan budaya. Sayangnya beragam spesies hewan di sungai ini mulai terancam.

2. Sungai Mississippi, Amerika Serikat

5 Negara Dengan Destinasi Sungai yang Indah, Wajib Dikunjungi!ilustrasi Sungai Mississippi (unsplash.com/@nicolegeri)

Jika menyebut destinasi wisata sungai di Benua Amerika, maka tak lengkap jika tak menyebutkan Sungai Mississippi. Sungai Mississippi terletak di Amerika Serikat, dengan panjang mencapai 3.766 kilometer. 

Tidak mengherankan jika Sungai Mississippi termasuk salah satu sungai terbesar di dunia, bahkan menjadi sungai terbesar kedua di Amerika Utara. Meski begitu, akhir-akhir ini banyak disebutkan bahwa beberapa bagian dari Sungai Mississippi mengalami pengeringan. Banyak orang yang menyebutnya sebagai efek dari kekeringan selama satu dekade terakhir.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Sungai Rhein, Muara dari Sungai Aare Swiss

3. Sungai Mekong, China dan Indochina

5 Negara Dengan Destinasi Sungai yang Indah, Wajib Dikunjungi!ilustrasi Sungai Mekong (unsplash.com/@malcoo)

Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia. Bagaimana tidak? Keberadaan sungai ini membentang hingga mengelilingi 6 negara berbeda. Mulai dari China, hingga ke negara-negara Indochina yakni Kamboja, Myanmar, Laos, Vietnam, dan Thailand.

Meskipun keberadaan sungai ini seolah menjadi bahan perdebatan tersendiri di Indo-Pasifik, namun keberadaannya sangat penting bagi mayoritas masyarakat lokal. Sungai Mekong seolah menjadi pusat kehidupan yang membantu para warga lokal dalam menggunakan air.

4. Sungai Han, Korea Selatan

5 Negara Dengan Destinasi Sungai yang Indah, Wajib Dikunjungi!ilustrasi Sungai Han (unsplash.com/@u66kie)

Sungai Han yang terletak di Korea Selatan ini memang bukanlah sungai yang besar seperti sungai-sungai sebelumnya. Namun, lokasi ini menjadi salah satu destinasi favorit yang kerap dikunjungi oleh banyak turis lokal, hingga mancanegara.

Panjang Sungai Han hanya mencapai 514 kilometer dan terletak di Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Namun, keberadaan sungai ini seolah menjadi ikon tersendiri bagi Korea Selatan, yang tak boleh dilewatkan oleh banyak orang saat berkunjung.

5. Sungai Seine, Perancis

5 Negara Dengan Destinasi Sungai yang Indah, Wajib Dikunjungi!ilustrasi Sungai Seine (unsplash.com/@_iammax)

Tak lengkap jika berkunjung ke Perancis tanpa melihat Sungai Seine. Sungai Seine merupakan sungai utama di Perancis dengan panjang 777 kilometer. Sebagian dari sungai ini juga terletak di Paris, sehingga menjadi destinasi favorit bagi banyak orang.

Sungai Seine juga kerap dijadikan sebagai jalur komersial bagi kapal-kapal kecil. Jika kamu berkunjung ke sungai ini, maka jangan lupa untuk menaiki boat dan menikmati keindahan alam dari Sungai Seine.

Berbagai sungai-sungai di atas memang menjadi favorit para turis dalam menikmati traveling di negara tersebut. Semuanya bisa menjadi rekomendasi menarik yang kamu sesuaikan dengan keinginan. Mana sungai yang ingin kamu kunjungi?

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya