Comscore Tracker

8 Trik Mendapatkan Foto di Pantai yang Instagramable Tanpa Editan

Bikin feedsmu makin kece dan kekinian

Memotret di pantai itu gampang-gampang susah. Gampang karena pada dasarnya view yang tersaji sudah bagus, jadi tak perlu susah-susah mencari angle supaya foto terlihat indah.

Namun, terkadang sulit karena warna langit sangat mempengaruhi hasil foto, sehingga perlu penyelarasan atau editing dengan usaha yang cukup keras. Nah, berikut ini ada beberapa tips foto memotret pantai supaya tampak cantik tanpa editan.

1. Jangan ambil foto saat top light atau cahaya berlebih

8 Trik Mendapatkan Foto di Pantai yang Instagramable Tanpa EditanIDN Times/Chicha

Cahaya berlebih akan membuat langit terlihat putih dan laut tampak pucat. Hasil foto yang dihasilkan pun akan tampak kurang menarik. Waktu paling bagus untuk memotret pantai adalah sebelum jam 9 pagi, saat langit masih biru. Bisa juga setelah jam 4 sore ketika matahari mulai tenggelam.

2. Jangan pakai baju putih kalau mau ambil foto saat sunrise atau sunset

8 Trik Mendapatkan Foto di Pantai yang Instagramable Tanpa EditanIDN Times/Chicha

Saat sunrise atau sunset, kita pasti kepengin ambil foto siluet. Maka dari itu, usahakan jangan memakai baju berwarna putih atau warna cerah untuk hasil yang optimal. Warna putih membuat siluet kurang sempurna.

3.  Gunakan teknik low speed dengan mengotak-atik pengaturan shutter speed

8 Trik Mendapatkan Foto di Pantai yang Instagramable Tanpa Editanephotozine.com

Pernah melihat air terlihat seperti embun dan tampak sangat lembut?

Nah, untuk mendapatkan potret semacam itu, biasanya fotografer memakai teknik low speed. Hasil yang didapat akan lebih maksimal dan tak biasa. Pantai pun akan terlihat lebih dramatis. Apalagi ketika langitnya sedang merah atau kekuningan menuju senja.

4. Gunakan tripod supaya tidak goyang

8 Trik Mendapatkan Foto di Pantai yang Instagramable Tanpa EditanIDN Times/Chicha

Memotret di luar ruangan, apalagi di pantai dengan angin yang cukup kencang, membuat hasil gambar rawan goyang sehingga hasil berisiko blur.

Bila foto yang didapat blur, rasanya harus mengedit dengan upaya cukup keras. Untuk menyiasatinya, gunakanlah tripod atau monopod. Alat ini membuat pergerakan kamera cukup stabil sehingga tak goyang.

5.  Pilih baju warna merah atau kuning

8 Trik Mendapatkan Foto di Pantai yang Instagramable Tanpa Editaninstagram.com/agnesoryza

Kalau tak ingin membuat siluet dan memotret saat hari terang, pilih baju warna merah dan kuning. Sebab, dua warna tersebut kontras dengan warna laut yang biru. Warna itu akan tampak sangat menyala di kamera dan bakal menghasilkan potret yang menarik.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Traveling Sebelum Umur 30 Tahun

6.  Bawa pernak-pernik seperti flat hat

8 Trik Mendapatkan Foto di Pantai yang Instagramable Tanpa Editaninstagram/ninda_felina

Aksesori seperti topi juga membuat foto jauh lebih menarik. Topi akan membuatmu terlihat lebih catchy di kamera. Bisa juga memakai aksesori lain. Seperti kain tenun yang dililitkan ke tubuh, bikin fotomu tampak lebih artistik.

7.  Ambil angle kosong dengan pemandangan laut luas

8 Trik Mendapatkan Foto di Pantai yang Instagramable Tanpa EditanIDN Times/Chicha

Angle kosong berarti mengambil lanskap secara luas. Biarkan laut menjadi frame yang menarik. Jangan mengambil objek diri terlalu dekat karena membuat laut tak terlihat. Sebab, yang lebih penting dari foto perjalanan adalah lanskapnya.

8. Pekalah mengambil potret kehidupan sekitar pantai

8 Trik Mendapatkan Foto di Pantai yang Instagramable Tanpa EditanIDN Times/Chicha

Jangan selalu ingin mengambil potret diri. Cobalah membidik objek kehidupan di sekitar pantai. Bisa juga mendatangi perkampungan nelayan.

Potretlah keseharian para nelayan yang tampak sangat hidup. Selain memotret, kamu juga bisa belajar dari mereka tentang banyak hal.

Siapkan kameramu, lalu meluncurlah ke pantai. Cuss!

Baca Juga: Gak Takut Kulit Gelap, 5 Artis Cantik Ini Hobi Traveling

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya