Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kerajinan Unik Khas Joglosemar, Enggak Cuma Batik Lho!

Kualitasnya premium banget

Kamu mungkin sering bingung mencari hadiah menarik atau oleh-oleh unik buat kerabat atau teman, 'kan? Kalau kamu eksplor barang-barang unik di media sosial, coba deh cari informasi mengenai kerajinan unik di daerah-daerah #DiIndonesiaAja. Setiap daerah kita punya UMKM yang memasarkan kerajinan tangan kelas wahid yang layak buat jadi bingkisan, lho!

Nah, kalau kamu tinggal di sekitar Yogyakarta, Solo atau Semarang--atau sedang liburan di kawasan Joglosemar ini--produk-produk kerajinan di bawah ini cocok banget buat jadi oleh-oleh atau hadiah. Kualitasnya dijamin premium banget, kok! Coba cek satu per satu.

1. Batik Mahkota Laweyan, Solo

5 Rekomendasi Kerajinan Unik Khas Joglosemar, Enggak Cuma Batik Lho!Instagram.com/batik_mahkotalaweyan01

Kota Solo sudah awam terkenal dengan kerajinan batiknya. Kalau kamu berkunjung ke sini, enggak akan sulit menemukan toko dan galeri kain batik karena memang selalu ada di setiap sudut kota.

Salah satu yang terkenal adalah Kampung Batik Laweyan di daerah Laweyan. Kampung ini memang khusus menjadi destinasi belanja batik di Kota Solo. Di sana terdapat pula salah satu galeri yang batiknya unik yaitu Batik Mahkota Laweyan, beralamat di Sayangan Kulon No.9, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

Batik Mahkota punya desain batik yang gak biasa, lho! Desainnya menggabungkan kreasi batik dengan ragam gambar arsitektur, serta pewarnaan yang lebih cerah.

Kamu bisa kepoin ragam desainnya di Instagram @batik_mahkotalaweyan01. Untuk harganya dibanderol mulai dari Rp100.000 sampai jutaan dengan kualitas yang emang bagus banget. Classy!

2. Batik Jumputan Inten

5 Rekomendasi Kerajinan Unik Khas Joglosemar, Enggak Cuma Batik Lho!Instagram.com/jumputan_inten

Kalau kamu mencari pakaian batik dengan desain baju yang kekinian, Jumputan Inten bisa jadi referensi, nih. Berpusat di Kabupaten Sukoharjo, model baju yang dipasarkan gak cuma pakaian perempuan tapi juga laki-laki. Gaya busananya pun gak kaleng-kaleng, kamu bisa lihat ragam desainnya di Instagram @jumputan_inten.

Dengan warna-warna baju yang lebih cheerful, produk dari Jumputan Inten ini cocok banget jadi hadiah buat orang-orang terkasih. Untuk harga lengkapnya, kamu bisa cek di akun resminya di e-commerce Shopee atau bisa tanya langsung ke penjualnya via WhatsApp. Kualitasnya terjamin banget, deh!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Penginapan Murah di Yogyakarta, Instagramable!

3. Kaos "Klamben" Solo

5 Rekomendasi Kerajinan Unik Khas Joglosemar, Enggak Cuma Batik Lho!Instagram.com/kaosklamben_katalog

Solo gak melulu batik, lho! Buat oleh-oleh atau kado pakaian yang lebih kasual, kaos Klamben khas Solo ini juga direkomendasikan. Desain kaosnya sangat unik dan gak bikin membosankan. Selain gambar-gambar yang lucu, kaos Klamben juga punya desain batik yang dicetak pada kaos. Tentunya menambah nilai khasnya sebagai "kaos Solo", dong! Kamu bisa cek desain lengkapnya di Instagram @kaosklamben_katalog.

Harganya pun terjangkau banget! Yakni dibanderol mulai Rp70.000-160.000. Untuk detailnya kamu bisa lihat harga serta desainnya di akun resmi mereka pada e-commerce Shopee dan Tokopedia.

4. Sandal East Mount Side, Yogyakarta

5 Rekomendasi Kerajinan Unik Khas Joglosemar, Enggak Cuma Batik Lho!Instagram.com/eastmountside

Seperti kota Solo, Yogyakarta juga enggak melulu terkenal dengan batiknya. Kamu bisa menemukan banyak kerajinan tangan yang unik juga di daerah Bantul.

Salah satunya adalah sandal East Mount Side yang beralamat di Sragan, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Di sini semua sandalnya merupakan handmade dengan desain yang unik dan bahan-bahan berkualitas tentunya! Khususnya buat kamu yang suka desain etnik, sandal East Mount Side ini bakal bikin kamu jatuh cinta, deh.

Untuk harganya cukup terjangkau, lho! Mulai dari Rp160.000 kamu sudah bisa checkout satu pasang sandal unik ini. Kalau mau update desain terbarunya, bisa kepoin Instagram @eastmountside atau langsung menuju laman belanja online-nya di Shopee. Cocok banget nih buat kado ulang tahun temanmu!

5. Kerajinan Eceng Gondok "Acraftia", Salatiga

5 Rekomendasi Kerajinan Unik Khas Joglosemar, Enggak Cuma Batik Lho!Instagram.com/acraftia

Kalau dari daerah sekitar Semarang, kerajinan yang paling terkenal adalah kreasi eceng gondoknya.

Nah, di daerah Salatiga ada salah satu UMKM yang memasarkan produk eceng gondok, namanya Acraftia. Di sini ada beragam peralatan rumah tangga yang terbuat dari eceng gondok, seperti nampan, kotak penyimpanan, dan keranjang. Kamu bisa lihat kreasi uniknya di Instagram @acraftia.

Selain itu, kamu bisa memesan produknya lewat beragam platform belanja online seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Tenang, harganya juga sudah pasti terjangkau kok! Ada yang Rp8 ribuan hingga Rp100 ribuan. Soal kualitas pun enggak perlu diragukan, pasti awet sampai lama!

Unik-unik bukan? Kerajinan tangan khas daerah emang merepresentasikan keindahan #WonderfulIndonesia ya. Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi toko kerajinan di atas, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku ya.

#WonderfulIndonesia memang menyimpan sejuta pesona. Hanya #DiIndonesiaAja kamu bisa menemukan beragam destinasi menarik, kuliner eksotik, dan pengalaman liburan unik. Untuk informasi wisata Indonesia lainnya, kamu bisa klik https://www.indonesia.travel

Baca Juga: 5 Tips Berbelanja Kerajinan Tangan khas Nusantara, Wajib Tahu Nih!

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya