Comscore Tracker

5 Hal Ini Bikin Kamu Kangen Liburan ke Pulau Komodo

Semoga nanti bisa liburan ke Labuan Bajo, ya!

Jakarta, IDN Times - Siapa, nih yang udah pernah liburan ke Pulau Komodo? Atau kemarin baru merencanakan liburan ke sini tapi belum kesampaian? Sayangnya, karena pandemik COVID-19 ini kita diimbau untuk gak liburan dulu. Jangan sedih, ya. Meskipun rencana traveling-mu gagal total di tahun 2020 ini, nanti saat keadaan membaik pasti kamu bisa berangkat, kok!

Daripada bersedih melulu, yuk kita kenang hal-hal seru dan menarik apa aja saat liburan ke Pulau Komodo. Kangen sedikit gak apa-apa, ya yang penting galaumu sedikit terobati. Atau kalau pulau eksotis yang jadi habitat aslinya hewan komodo ini udah masuk wishlist-mu setidaknya bisa kebayang mau ke mana aja saat waktunya liburan sudah tepat. Kira-kira apa aja, ya?

1. Pemandangan eksotis Labuan Bajo yang gak pernah gagal bikin terpana

5 Hal Ini Bikin Kamu Kangen Liburan ke Pulau Komodounsplash.com/william kusno

Labuan Bajo yang menjadi salah satu destinasi snorkeling terbaik dunia ini pastinya harus ada di urutan pertama bucket list-mu. Gak heran, destinasi yang jadi gerbang masuk menuju Pulau Komono ini emang punya pemandangan alam yang eksotis.

Kamu pasti ingat dengan barisan bukit-bukit yang dikelilingi perairan laut seolah ia mengambang di atasnya. Perpaduan warna bukit yang hijau berseri dan birunya air laut pastinya ingin kamu abadikan, dong? Apalagi saat senja, Labuan Bajo jadi tempat terbaik buat menyaksikan detik-detik matahari terbenam. Suasananya indah banget!

Baca Juga: 5 Tempat Scuba Diving Terbaik di Pulau Komodo, Bisa Lihat Pari Manta!

2. Mengamati habitat komodo dari dekat

5 Hal Ini Bikin Kamu Kangen Liburan ke Pulau Komodoindonesia.travel

Dan tentunya liburanmu di Pulau Komodo belum lengkap kalau gak berkunjung ke habitat komodo yang termasuk bagian dari Taman Nasional Komodo. Destinasi yang sudah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO ini memang jadi tempat hidup asli hewan purba komodo yang dilindungi karena populasinya yang terancam punah.

Di sinilah kamu bisa melihat langsung kadal raksasa satu ini—tentunya dengan dipandu oleh pawang yang sudah andal, ya. Psst, ingat, ya kalau berkunjung ke sini kamu gak boleh mengganggu komodonya atau mengotori habitatnya!

3. Kangen banget snorkling sambil mengamati ikan-ikan cantik

5 Hal Ini Bikin Kamu Kangen Liburan ke Pulau Komodounsplash.com/Chase Rief

Kawasan Kepulauan Komodo ini emang terkenal banget dengan wahana snorkeling-nya. Gimana enggak? Kalau kamu melihat foto-foto destinasi wisata satu ini, kamu pasti melihat bagaimana keindahan area perairannya yang jernih dan biru hingga tampak terumbu karang di dalamnya.

Apalagi Labuan Bajo juga udah dinobatkan sebagai tempat snorkeling terbaik dunia, udah pasti wajib masuk bucket list liburanmu, dong! Pengalaman snorkeling di tempat yang paling direkomendasikan sedunia ini bikin rindu banget!

4. Jalan-jalan di Pantai Pink yang pantang dilewatkan!

5 Hal Ini Bikin Kamu Kangen Liburan ke Pulau Komodounsplash.com/Marcus Woodbridge

Berbeda dengan pemandangan pantai pada umumnya, sesuai namanya, Pantai Pink memiliki pasir yang berwarna merah muda. Fix banget waktu berkunjung ke sini kamu selalu ingin berfoto karena gak ingin kehilangan momen manis dengan pemandangan cantik di Pantai Pink.

Eits, saat berkunjung ke sini di liburan mendatang, jangan lupa bawa perlengkapan diri, ya. Gunakan sunblock untuk melindungi dirimu dari sinar matahari yang terik dan wajib banget bawa air mineral. Biar semakin segar, air mineral Le Minerale adalah pilihan tepat, nih. Jangan lupa juga untuk membuang sampah botol plastik tempatnya. Sebab, sampah botol plastik ini bisa didaur ulang jadi barang yang bernilai ekonomi lho, seperti benang polyester, geotextile untuk jalan tol.

5 Hal Ini Bikin Kamu Kangen Liburan ke Pulau KomodoDok.istimewa

Seperti yang dilakukan Le Minerale bersama Indonesian Waste Platform (IWP) dan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), nih. Untuk mendukung pelestarian lingkungan dengan pengelolaan sampah plastik, ketiganya berkolaborasi mengumpulkan, memilah, dan mengolah sampah plastik dari Pulau Komodo jadi produk baru yang bernilai ekonomi tinggi. Tentunya hal ini bisa ngasih nilai tambah bagi masyarakat sekitar.

“Plastik jenis PET seperti yang dipakai botol dan galon Le Minerale paling mahal harganya dan paling bernilai untuk didaur ulang. Hasilnya adalah barang-barang komoditas bernilai ekonomi tinggi seperti polyester, dakron sintetis, geotextile, bantal, baju winter, kancing. Plastik PET dapat didaur ulang hingga 50 kali dan menghemat bahan baku produksi. Tren permintaan ekspornya terus naik. Karena itu kami menghimbau masyarakat melakukan pemilahan sampah dari rumah, bekerja sama dengan bank sampah atau petugas pemilahan sampah, agar plastik tersebut menjadi sumber ekonomi berkelanjutan,” ungkap Christine Halim Ketua Umum ADUPI.

5. Gak akan merasa lelah juga berkeliling ke pulau-pulau sekitarnya

5 Hal Ini Bikin Kamu Kangen Liburan ke Pulau Komodounsplash.com/Rizknas

Selain Labuan Bajo dan Pulau Komodo, ada banyak banget pulau lainnya yang gak boleh terlewat untuk kamu kunjungi. Di antaranya adalah Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Gili Montang, atau Pulau Kelor. Gak kalah indah dengan Labuan Bajo, di pulau-pulau tersebut kamu juga bisa snorkeling, melihat pemandangan bawah laut yang indah. Atau kalau gak berkesempatan melihat komodo di Pulau Komodo, kamu pun bisa menyaksikannya di pulau-pulau tersebut.

Pengalaman liburan ke Pulau Komodo emang gak akan pernah terlupakan. Pemandangan-pemandangan indah dan atraksinya yang seru banget dijamin bikin rindu setengah mati. Sabar, ya meski sekarang belum bisa liburan, tapi semoga pandemik ini segera mereda dan kamu bisa kembali liburan ke Pulau Komodo, deh! Stay safe, ya! (CSC)

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terindah Nusa Tenggara Timur, Gak Cuma Pulau Komodo

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya