Comscore Tracker

5 Objek Wisata Wajib di Dieng-Jateng, Cocok buat Self-Healing

Jauh dari hiruk pikuk kota, mari kita rehat sejenak, yuk!

Provinsi Jawa Tengah memang populer dengan tempat wisatanya yang beragam, dari mulai Candi Borobudur di Magelang hingga wisata Lawang Sewu di Semarang.

Selain tempat-tempat yang terkenal tersebut ada juga, nih, tempat wisata yang tidak kalah menarik. Dataran tinggi Dieng yang terletak di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo bisa jadi alternatif tempat wisata baru yang wajib kamu coba. 

Tempat wisata berlatar suasana dataran tinggi dan suhu yang dingin pas banget untuk menjadi sarana self-healing dari penatnya hiruk pikuk kota. Kira-kira apa saja objek wisata yang ada di dataran tinggi Dieng ini? Yuk, simak ulasannya berikut! 

1. Bukit Sikunir

5 Objek Wisata Wajib di Dieng-Jateng, Cocok buat Self-HealingMatahari terbit di Bukit Sikunir (instagram.com/wonosobo_wisata)

Objek wisata ini pas banget buat kamu yang suka tantangan. Ingin merasakan sensasi mendaki, tetapi belum berani mencoba naik gunung yang tinggi? Bukit Sikunir ini cocok untuk kamu yang masih pemula karena jarak tempuhnya yang hanya 30 menit untuk mencapai puncak. 

Bukit Sikunir menjadi tempat favorit untuk melihat matahari terbit di dataran tinggi Dieng. Titik awal pendakian Bukit Sikunir ini dapat dimulai dari Desa Sembungan yang berjarak 15 menit menggunakan motor dari Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. 

2. Telaga Warna

5 Objek Wisata Wajib di Dieng-Jateng, Cocok buat Self-HealingSuasana sejuk di Telaga Warna (instagram.com/pesonadieng_jawatengah)

Telaga warna jadi salah satu objek wisata yang populer di Dieng. Keindahan telaga yang dikelilingi pepohonan asri menjadi daya tarik tersendiri untuk orang-orang yang ingin menenangkan pikiran. Keunikan dari warna telaga yang dapat berubah-ubah, juga menjadi ciri khas dari objek wisata ini.

Selain keindahan telaganya, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana bermain seperti flying fox di sekitar telaga ini. 

3. Telaga Pengilon

5 Objek Wisata Wajib di Dieng-Jateng, Cocok buat Self-HealingPotret Telaga Pengilon dari atas (instagram.com/diengbanjarnegara)

Berbeda dengan telaga warna yang memiliki warna air yang berubah-ubah, Telaga Pengilon ini sesuai dengan namanya terkenal sebagai telaga yang memiliki air jernih seperti kaca. Berlokasi dekat dengan Telaga Warna, untuk mencapai telaga ini pengunjung dapat masuk melalui pintu utama Telaga Warna.

Telaga Pengilon ini terkenal sebagai spot foto karena keindahan pemandangan telaga yang dapat dilihat dari atas. Buat kamu yang hobi foto-foto, telaga ini cocok banget untuk kamu explore.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Seru di Dieng Wonosobo, Sensasi Sejuk Melegenda

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang merupakan salah satu objek wisata unik yang bisa ditemukan di Indonesia. Kapan lagi merasakan sensasi melihat kawah beserta aktivitas vulkaniknya dari jarak dekat? Kawah Sikidang ini merupakan kawah terbesar di kawasan dataran tinggi Dieng.

Selain menikmati keindahan kawah, kamu juga bisa membeli berbagai macam jajanan khas Dieng seperti purwaceng, kentang goreng hingga telur yang direbus di kawah langsung. Kamu akan menemukan fenomena unik ini jika berkunjung ke Kawah Sikidang.

5. Kompleks Candi Dieng

5 Objek Wisata Wajib di Dieng-Jateng, Cocok buat Self-HealingPemandangan pagi di Kompleks Candi Arjuna (instagram.com/pesonadieng_jawatengah)

Buat kamu yang suka berkunjung ke tempat bersejarah, objek wisata ini boleh banget kamu coba. Kalau sudah pernah mengunjungi Candi Borobudur di Magelang dan Candi Prambanan di Yogyakarta, kompleks Candi Dieng juga tidak boleh terlewat. Kawasan candi ini terdiri dari 9 buah candi yang terkumpul pada satu kawasan dengan latar punggungan bukit di dataran tinggi Dieng. 

Selain sarat dengan sejarah, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman wisata yang mengesankan saat mendokumentasikan perjalananmu dengan latar candi ini. 

Itulah beberapa objek wisata yang bisa dijadikan referensi jika kamu berkunjung ke Dieng. Boleh dicoba, nih, untuk wisata akhir tahun kamu!

Baca Juga: 5 Wisata Kawah Terindah di Pulau Jawa, Wajib Masuk Bucket-List

Gita Photo Writer Gita

Full-time teacher, part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya