Comscore Tracker

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta Otomotif

Jalan-jalan sambil menambah pengetahuan

New South Wales (NSW) merupakan negara bagian yang berada di pantai timur Australia. Ia berbatasan dengan Queensland, Victoria, dan Australia Selatan. NSW memiliki luas wilayah sekitar 809 ribu km persegi. Dengan luasnya ini NSW memiliki banyak objek wisata yang layak untuk di kunjungi.

Jika kamu sudah pernah mengunjungi wisata alam dan sejarahnya, maka hal lain yang perlu kamu kunjungi adalah museum-museum yang ada di sana. Ada banyak museum unik di negara bagian ini. Beberapa di antaranya dapat kamu lihat dalam daftar di bawah ini.

1. Museum of Human Disease 

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta OtomotifMuseum of Human Disease (instagram.com/futurenursebay)

Museum ini menyimpan lebih dari 2.500 spesimen jaringan penyakit manusia. Koleksi ini merujuk pada penyakit dan komplikasinya. Kamu juga dapat melihat efek dari obat-obatan dan dampak faktor gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan obesitas.

Ia juga menyimpan paru-paru dari penderita TBC yang berasal dari tahun 1800-an.

2. Temora Aviation Museum 

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta OtomotifTemora Aviation Museum (instagram.com/visittemora)

Museum ini menjadi rumah bagi Penerbangan Bersejarah Temora Air Force Heritage Squadron. Koleksi pesawatnya berkisar dari pesawat-pesawat sebelum Perang Dunia II hingga era Perang Vietnam. Warbirds Downunder diadakan setiap dua tahun di sini.

Warbirds Downunder sendiri adalah pertunjukan udara yang menampilkan sebagian besar pesawat Temora Aviation Museum dan pesawat lain dari seluruh Australia.

Baca Juga: 7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum Virtual

3. Australian National Maritime Museum  

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta OtomotifAustralian National Maritime Museum (instagram.com/omegaprojectsaus)

Australian National Maritime Museum merupakan satu dari enam museum yang dioperasikan langsung oleh pemerintah federal. Museum ini memiliki tujuh galeri utama yang berkaitan dengan laut sebagai sumber daya, relaksasi dan hiburan berbasis air.

Ada berbagai hal yang berkaitan dengan pertahanan angkatan laut Australia tersimpan di dalamnya, termasuka hubungan antara Aborigin Australia dan air juga.

4. Madame Tussauds Sydney 

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta OtomotifMadame Tussauds Sydney (instagram.com/been_there_where_next)

Madame Tussauds Sydney menyimpan banyak patung lilin dari tokoh-tokoh terkemuka di dunia. Beberapa di antaranya terdiri dari tokoh penting pemerintahan, atlet hingga aktor dan artis ternama.

Tak hanya itu, Ada beberapa karakter film, seperti Justice League dan Marvel. Dibuka April 2012 Madame Tussauds Sydney menjadi anggota Madame Tussauds ke tiga belas di dunia.

5. NSW Rail Museum 

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta OtomotifNSW Rail Museum (instagram.com/mel_liss_a_18)

Museum kereta api New South Wales didedikasikan untuk menampilkan lokomotif, mobil penumpang, dan barang rolling stock yang sebelumnya dioperasikan NSW Government Railways.

Selain menikmati koleksi-koleksinya, NSW Rail Museum juga menyiapkan tur tertentu dimana kamu bisa menikmati perjalanan dengan kereta api yang mereka sediakan. Umumnya tur ini diadakan pada akhir pekan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Jembatan Kaca di Indonesia, Bikin Deg-degan

6. Eden Killer Whale Museum 

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta OtomotifEden Killer Whale Museum (instagram.com/ordinaryadventurersinoz)

Museum ini awalnya dibangun untuk menampung kerangka orca yang bernama Old Tom. Old tom adalah paus pembunuh yang berjasa bagi para pemburu paus di pelabuhan Eden, ukurannya mencapai 6,7 m dengan berat 6 ton.

Selain kerangka Old Tom, museum ini juga menyimpan berbagai item yang berkaitan dengan industri perburuan paus, artefak kelautan dan perikanan Australia.

7. The Australian Motorlife Museum 

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta OtomotifThe Australian Motorlife Museum (instagram.com/rambleon.hewey)

The Australian Motorlife Museum memamerkan banyak hal yang berkaitan dengan dunia otomotif seperti mobil, motor dan sepeda antik dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, ada juga beberapa koleksi yang berkaitan dengan teknologi.

Terutama teknologi yang membantu mengubah wajah Australia selama akhir 1800-an seperti gramofon, mesin tik, timbangan, telepon, dan lainnya.

8. Mad Max 2 Museum 

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta OtomotifMad Max 2 Museum (instagram.com/madmax2museum)

Museum ini menawarkan banyak koleksi foto, karakter seukuran manusia dengan kostum lengkap, kendaraan asli dan replikanya termasuk dua Interceptors. Ia juga memamerkan memorabilia film dan suvenir dari film Mad Max 2 yang tersedia untuk dibeli.

Museum ini menjadi tempat di mana turis dan penduduk lokal dapat pergi dan menemukan pengaruh Mad Max 2 di kancah perfilman Australia.

9. Sydney Bus Museum 

9 Museum di New South Wales, Ada Museum untuk Pecinta OtomotifSydney Bus Museum (instagram.com/fiery_di)

Sydney Bus Museum merupakan museum transportasi nirlaba dan pusat pendidikan untuk kepentingan umum yang terletak di pinggiran kota Leichhardt. Museum ini menampilkan lebih dari 70 bus dari tahun 1920-an hingga 1990-an, baik yang bertingkat ataupun tidak. Ia juga menyediakan bus untuk berbagai keperluan seperti perayaan sejarah, film dan pemotretan. 

Selain kesembilan museum ini, masih ada banyak museum lagi yang bisa kamu kunjungi di New South Wales. Mereka memiliki tema yang hampir sama dengan museum-museum di atas. Jika kamu berkesempatan untuk berlibur ke daerah ini, kira-kira museum mana yang akan kamu kunjungi?

Baca Juga: 6 Museum Seni di Korea Selatan yang Pernah Dikunjungi RM BTS

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya