Comscore Tracker

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan Memukau

Dari wisata alam hingga sejarah, ada di sini

Andhra Pradesh merupakan negara bagian yang berada di wilayah pesisir tenggara India. Ia berbatasan dengan Telangana, Chhattisgarh, Odisha, Tamil Nadu, Karnataka, dan Teluk Benggala. 

Dengan luas wilayah mencapai 162.975 km persegi, Andhra Pradesh memiliki banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Apalagi selama ini Andhra Pradesh dikenal salah satu kawasan wisata India yang paling banyak dikunjungi. Ada bentang alam yang indah, serta sejarah dan budaya yang sangat memukau di sini.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Andhra Pradesh, beberapa tempat di bawah ini bisa jadi rekomendasi menarik untukmu.

1. Undavalli Caves 

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauUndavalli Caves (instagram.com/andhraadda)

Undavalli Caves merupakan salah satu monumen penting nasional India yang dilindungi. Ada beberapa gua di sini, namun yang paling terkenal adalah gua terbesarnya. Gua terbesar ini merupakan kuil batu empat lantai. Di dalamnya terdapat patung Wisnu raksasa yang dibuat dalam posisi berbaring.

2. Pantai Rushikonda 

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauPantai Rushikonda (instagram.com/the.siddharthmishra)

Pantai Rishikonda adalah pantai menakjubkan yang terletak di Pantai Teluk Benggala, Vishakhapatnam. Pantai ini dikenal luas karena pasir keemasannya. Kamu akan melihat perpaduan antara laut biru serta bukitnya yang hijau. Karena keindahannya ini, tempat tersebut juga dikenal dengan sebutan Permata Pantai Timur.

3. Tribal Museum 

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauTribal Museum (instagram.com/bijukuriakose)

Tribal Museum yang berada di Bhopal ini menghidupkan kembali budaya suku Madhya Pradesh, suku utama dan terbesar di India. Museum ini memamerkan arsitektur, kerajinan, seni, dan ritual mereka dalam tampilan interaktif dan spektakuler secara visual.

Tribal Museum memiliki enam galeri, penuh dengan instalasi seukuran aslinya, bahkan beberapa lebih besar dari itu.

4. Belum Caves 

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauBelum Caves (instagram.com/xpmahi)

Belum Caves merupakan salah satu gua terbesar dan terpanjang yang ada di India. Gua Belum memiliki panjang 3.229 m dengan dalam 46 m jika dihitung dari pintu masuk. Kabarnya biksu Buddha tinggal di gua ini berabad-abad yang lalu karena ada banyak peninggalan Buddha ditemukan di sana.

5. INS Kursura 

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauINS Kursura (instagram.com/defencera_)

INS Kursura awalnya adalah kapal selam diesel-listrik milik Angkatan Laut India. Namun tempat ini menjadi museum kapal selam pertama di Asia Selatan. Kapal selam ini biasa dikunjungi sekitar 500 hingga 600 orang tiap harinya. Jumlah ini akan semakin bertambah pada musim liburan. 

Baca Juga: Sarat Sejarah, 5 Wisata Museum Paling Terkenal di New Delhi-India

6. Kuil Kanaka Durga

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauKuil Kanaka Durga (instagram.com/loveforlittlethings_)

Kuil Kanaka Durga merupakan kuil Dewi Durga yang terletak di Vijayawada. Ada patung dewi dihiasi ornamen berkilauan dan bunga-bunga cerah. Patung dewi ini memiliki delapan lengan yang masing-masing memegang senjata. Ia berdiri di atas iblis Mahishashura dan menusuknya dengan trisula.

7. Prakasam Barrage 

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauPrakasam Barrage (instagram.com/vibrant_photography2)

Prakasam Barrage merupakan proyek irigasi besar pertama di India Selatan yang membentang sepanjang 1.223,5 m. Proyek ini juga menjadi jalan dan jembatan menghubungkan distrik Krishna dan Guntur.

Bendungan ini membantu mengairi lebih dari 1,2 juta hektar tanah sekaligus memasok air ke kanal Buckingham.

8. Kondapalli Fort 

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauKondapalli Fort (instagram.com/resfeber_ram)

Kondapalli Fort awalnya dibangun sebagai tempat rekreasi dan pusat bisnis, lalu berubah berfungsi menjadi pangkalan pelatihan militer untuk penguasa Inggris. Namun kini ia berfungsi sebagai museum yang menyimpan peninggalan sejarah yang ditemukan di kawasan itu, termasuk tampilan Mainan Kondapalli dan banyak referensi sejarah lainnya.

9. Air Terjun Ethipothala 

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauAir Terjun Ethipothala (instagram.com/abhijeetremo)

Air Terjun Ethipothala merupakan air terjun sungai setinggi 21 m yang terletak di distrik Guntur. Terbentuk dari gabungan tiga aliran sungai, Chandravanka Vagu, Nakkala Vagu dan Tummala Vagu.

Bagi masyarakat di sana, tempat ini juga memiliki makna spiritual yang sangat besar karena terdapat kuil Dewa Dattatreya dan Ekamukhi. 

10. Bapu Museum 

10 Objek Wisata di Andhra Pradesh-India, Eksotik dan MemukauBapu Museum (instagram.com/ravi_teja_rekapalli)

Bapu Museum awalnya berfungsi sebagai tempat pameran industri. Namun sejak 1962, museum ini diubah menjadi museum arkeologi di bawah naungan Departemen Arkeologi dan Museum.

Bapu Museum memiliki galeri sejarah, tulisan pahatan batu, koin, pedang, pelindung tubuh, perisai, dan berbagai benda sejarah lainnya.

Gimana, objek wisata di Andhra Pradesh sangat menarik bukan? Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi, baik itu wisata alam maupun sejarah dan budayanya. Kamu tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan seleramu. Atau jika mau, kamu juga bisa mengunjungi semua objek wisata tadi. 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bhavnagar, India yang Pesonanya Bikin Terpana

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya