Comscore Tracker

Potret Masjid 'Biru' Saint Petersbug di Rusia, Bikin Pengen Ibadah!

#WorldCup2018 Banyak spot instagramable juga!

Di Iran, tepatnya Isfahan, terdapat Masjid Shah atau Masjid Imam yang terkenal di seantero dunia berkat keindahan lengkung-lengkung berandanya atau iwan, sebuah gaya arsitektur Seljuk. Lengkungan tersebut sebiru batu pirus serta berhias stalaktit yang estetik.

Sama birunya, ada Masjid Sultan Ahmed di Turki yang juga dikenal dengan nama Masjid Biru. Disebut demikian karena dominasi ubin biru di sekitar dinding interiornya.

Namun kali ini kita tidak ke Iran maupun ke Turki, melainkan ke Saint Petersburg, Rusia. Masjid Agung Saint Petersburg yang terletak di pusat kota ini juga disebut sebagai Masjid Biru. Letaknya tepat di di seberang benteng Peter & Paul, benteng pertahanan pada masa Tsar Rusia.

Nah, simak beberapa faktanya berikut ini.

1. Masjid ini memiliki kubah setinggi 39 meter berwarna biru sehingga dikenal pula dengan Masjid Biru

Potret Masjid 'Biru' Saint Petersbug di Rusia, Bikin Pengen Ibadah!Instagram/mr.cotsvel

Masjid ini dibangun pada masa kekaisaran Rusia, sebelum komunis berkuasa dan mengubahnya menjadi Uni Soviet. Izin pendiriannya didapat dari Tsar Nicholas II. Pembangunannya didanai oleh Said Abdoul Ahad Amir Buharskiy, emir dari Bukhara.

2. Masjid dengan dua menara setinggi 49 meter ini dibangun untuk memperingati 25 tahun pemerintahan Abdul Ahat Khan

Potret Masjid 'Biru' Saint Petersbug di Rusia, Bikin Pengen Ibadah!Instagram/dikor777

Abdul Ahat Khan adalah pemimpin Dinasti Manghit asal Mongolia. Dinasti penguasa terakhir di Emirat Bukhara, wilayah Asia Tengah yang dulu menjadi bagian imperium Rusia.

3. Sempat terlantar pada masa Perang Dunia kemudian tertangkap mata oleh Presiden Soekarno

Potret Masjid 'Biru' Saint Petersbug di Rusia, Bikin Pengen Ibadah!Instagram/mrconfiture

Pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1913, masjid ini ditutup pemerintah Soviet pada tahun 1940 dan beralih menjadi gudang peralatan medis. Hal yang sama juga terjadi pada gereja dan katedral yang tersebar di banyak tempat di Rusia saat itu.

Tahun 1956, Presiden Soekarno mengadakan kunjungan ke Saint Petersburg yang saat itu namanya Leningrad. Ia menemukan bangunan serupa masjid namun terlantar dan berdebu. Meskipun dilarang masuk, ia membandel.

Miris melihat nasib nahas masjid tersebut, ia kemudian meminta Nikita Khrushchev pemimpin Rusia kala itu untuk memfungsikannya kembali. Permintaannya dipenuhi sepuluh hari kemudian dan pengelolaannya diserahkan pada komunitas muslim Saint Petersburg.

4. Masjid yang dirancang oleh arsitek Nikolay Vasilyev ini dapat menampung 8000 jamaah

Potret Masjid 'Biru' Saint Petersbug di Rusia, Bikin Pengen Ibadah!Instagram/masjidinfo

Serta selalu menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara

5. Ini dia lengkung iwan Masjid Agung Saint Petersburg yang sebiru batu pirus dan berhias stalaktit estetik

Potret Masjid 'Biru' Saint Petersbug di Rusia, Bikin Pengen Ibadah!Instagram/vi66nya

Serupa dengan lengkung iwan Masjid Shah di Isfahan, Iran kan? Cantik dan instagramble tentunya.

Nah, itulah beberapa potret dan fakta dari Masjid Biru di Saint Petersburgh, Rusia yang cantik banget. Buat kamu yang lagi atau akan berkunjung ke Rusia terutama yang mau menonton Piala Dunia 2018, jangan lupa mampir untuk beribadah sekaligus foto-foto disana.

Henny Alifah Photo Verified Writer Henny Alifah

almost alice

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya