Comscore Tracker

5 Wisata Instagramable yang Ternyata Bekas Tambang di Indonesia

Udah pernah kesini belum?

Di Indonesia pertambangan memang banyak sekali kita jumpai dari mulai tambang batu padas, kapur, timah, pasir dan lain-lain. Tak jarang dampak dari penggalian tambang yang terus menerus mengganggu lingkungan sekitar.

Tetapi ada pula bekas penambangan di beberapa wilayah Indonesia yang malah memberikan manfaat baru bagi masyarakat sekitar. Setelah berhentinya tambang, malah bekasnya menjadi ikon wisata baru yang indah dan cocok banget buat kamu yang suka foto dan posting di instagram.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah 5 wisata di Indonesia yang dulunya adalah bekas tambang dan amat instagramable. Simak deh!

1. Brown Canyon, Semarang, Jawa Tengah

5 Wisata Instagramable yang Ternyata Bekas Tambang di IndonesiaInstagram.com/artsdrone

Yang pertama yaitu Brown Canyon. Wisata yang berada di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah merupakan tambang batuan padas yang menghasilkan bukit-bukit yang indah dan instagramable pastinya, jadi cocok banget buat kamu foto-foto di tempat ini.

Untuk tiket masuk Brown Canyon yaitu Rp 5.000 per orang. Buat kamu yang yang mau kesini lebih baiknya datang saat sore hari, supaya adem dan truk-truk pekerja tambang sudah pulang karena tempat ini juga tambang yang masih aktif.

2. Danau Kaolin, Belitung

5 Wisata Instagramable yang Ternyata Bekas Tambang di IndonesiaInstagram.com/fiowanda

Yang kedua yaitu Danau Kaolin. Danau yang berada di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung merupakan bekas tambang kaolin dan sekarang menjadi destinasi favorit wisata di Bangka Belitung.

Dengan warna danau yang biru serta tanah yang putih bakal bikin foto kamu serasa di luar negeri. 

3. Bukit Jaddih, Madura

5 Wisata Instagramable yang Ternyata Bekas Tambang di IndonesiaPiknikasik.com

Yang ketiga yatu Bukit Jaddih. Wisata yang dulunya bekas tambang kapur ini berada di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Buat kamu yang datang kesini, maka kamu bakal disuguhi pemandangan bukit kapur yang putih dan indah serta danau yang berwarna biru jadi cocok banget buat foto-foto. Untuk tiket masuk juga murah cuma Rp. 2.000/orang dan parkir Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. 

4. Bukit Jamur, Gresik, Jawa Timur

5 Wisata Instagramable yang Ternyata Bekas Tambang di IndonesiaInstagram.com/lucy_tjan

Yang ke empat yaitu Bukit Jamur yang berada di Gresik, Jawa Timur. Wisata yang beralamat di Dusun Dukun, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ini dulunya merupakan tambang batu.

Yang menjadi keunikan di tempat ini yaitu bentuk bebatuan yang menyerupai bentuk jamur. Bukan hanya satu atau dua batuan saja, tetapi terdapat puluhan batu besar yang menyerupai jamur jadi cocok banget buat background foto-foto kamu jadi tambah keren.

Untuk tiket juga murah kok cuma Rp. 3.000/motor dan Rp. 10.000/mobil.

5. Telaga Biru Cisoka, Tangerang

5 Wisata Instagramable yang Ternyata Bekas Tambang di IndonesiaInstagram.com/sonywijayanto23

Yang terakhir yaitu Telaga Biru Cisoka. Telaga yang memiliki warna biru yang indah ini berada di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Tempat yang dulunya tambang galian pasir ini sekarang memiliki pemandangan yang indah banget. Kamu bisa foto-foto dengan latar danau yang biru, kamu juga bisa menaiki perahu yang sudah di sediakan pengelola dengan membayar Rp 20.000.

Untuk tiket masuk juga murah yaitu cuma Rp 2.000 untuk motor dan mobil Rp 10.000.

Gimana murah-murah dan keren-keren kan rekomendasi wisatanya. Segera kosongkan jadwal di akhir pekan dan berkunjunglah kesana bersama dengan orang tersayang.

IBNU MUZAQI Photo Verified Writer IBNU MUZAQI

selalu yakin dalam melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya