Comscore Tracker

5 Lokasi Liburan Kece di Trabzon Turki yang Wajib Kamu Kunjungi!

Sering ke Istanbul, tapi gak pernah ke Trabzon?

Turki adalah salah satu negara yang selalu menjadi pilihan destinasi wisata para traveler. Selain keindahan kota Istanbul, Turki juga memiliki kota lain yang menarik untuk didatangi. Ya, kota Trabzon! Kota ini paling dikenal karena kesegaran ikan hamsi dan Karadeniz lahana-nya. Kota yang menyandang gelar "The Forest of Turkey" ini menyajikan kehijauan alam yang tiada tara.

Gak heran kalau musim panas tiba, Trabzon menjadi salah satu kota destinasi wisata yang dituju oleh turis lokal maupun mancanegara. Di bawah ini ada lima lokasi liburan kece di Trabzon yang bisa kamu explore. Penasaran? Yuk, simak!

1. Uzungöl

5 Lokasi Liburan Kece di Trabzon Turki yang Wajib Kamu Kunjungi!flickr.com

Uzungöl (baca: uzun gol) kalau dalam bahasa Indonesia artinya danau panjang. Ya, danau ini terbentang alami di antara perbukitan di bagian selatan Trabzon, tepatnya di lembah sungai Haldizen distrik Çaykara. Katanya, inilah surga dunia Trabzon. 

Letaknya pada ketinggian 1090 meter di atas permukaan laut serta diapit oleh barisan bukit-bukit tinggi yang hijau, membuat Uzungöl mampu menawarkan udara sejuk khas pegunungan selama musim panas. Oh ya, satu hal yang gak boleh kamu lewatkan. Jangan lupa berkunjung ke masjid di tepi danau yang merupakan ikon wisata.

2. Sumela Monastery

5 Lokasi Liburan Kece di Trabzon Turki yang Wajib Kamu Kunjungi!youtube.com

Tempat ini dikenal sebagai perbukitan tempat belajarnya para biarawati Ortodoks Yunani zaman dahulu sekitar abad ke-4. Biara "bentukan alam" ini sangat unik mengingat posisinya yang menempel di tebing perbukitan. 

Nah, mau kasih saran nih buat kamu, ladies. Kalau kamu memutuskan ingin datang ke tempat ini, usahakan untuk berhati-hati terutama di musim selain musim panas karena kondisi jalan cukup curam dan angin luar biasa kencang. Jadi, sebaiknya kamu pun gak datang ke sini pakai high heels, ya. Kepleset sedikit bisa fatal akibatnya.

3. Trabzon meydanı

5 Lokasi Liburan Kece di Trabzon Turki yang Wajib Kamu Kunjungi!trabzon.bel.tr

Baca Juga: 5 Keistimewaan yang Hanya Dimiliki Wanita Turki, Loveable Banget!

Ibarat "I Love Amsterdam-nya" Belanda, rasanya kurang lengkap kalau belum melihat alun-alun yang biasanya mengandung simbol khas setiap kota. Begitu juga dengan Trabzon. Kalau main ke sini, jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama simbol kota ini. Oke?

4. Boztepe

5 Lokasi Liburan Kece di Trabzon Turki yang Wajib Kamu Kunjungi!az.wikipedia.org

Dari atas puncak Boztepe, kamu bisa melihat langsung laut hitam dan hamparan kota Trabzon sepuasnya. Ingat ya, laut hitam di sini itu airnya gak hitam, tetapi karakter ombaknya menarik. Kalau dilihat dari atas puncak, gelombang atau turbulensi permukaan airnya hampir gak kelihatan. Padahal sebenarnya bergerak. Sedikit misterius. Mungkin inilah alasan mengapa laut ini disebut sebagai "Laut Hitam"?

5. Hamsiköy

5 Lokasi Liburan Kece di Trabzon Turki yang Wajib Kamu Kunjungi!ibktravel.com

Hamsiköy atau dalam bahasa Indonesianya disebut Desa Hamsi. Ya, selain keindahan desanya. Desa ini juga memiliki jajanan khas yang biasa disebut sütlaç, di mana bahan utamanya adalah beras dan susu murni ditambah toping taburan kacang tanah atau selai kayu manis. Sütlaç biasanya disajikan bersama roti. Sebenarnya sih, kalau di pusat kota Turki. Kamu bisa langsung beli sütlaç di supermarket. Hanya saja, lebih enak kalau makan jajanan asli dari tempat asalnya, kan?

Well, itulah informasi yang bisa kamu dapatkan mengenai kota Trabzon ini. Ada tambahan buat kamu yang nekat jelajah Boztepe lebih jauh. Yups, di Boztepe kamu bisa menemukan pemandangan patung ikan hamsi yang merepresentasikan ikon utama kota. Patung yang tingginya 25 meter ini dibangun tepat menempel pada Bukit Boztepe dengan tulisan TRABZONSPOR (Persib-nya Trabzon) terpampang besar membingkai bagian dasar patung. Ibaratnya, tulisan ini seperti simbol Hollywood di Amerika.

And, guess what? Trabzon pernah menjadi tuan rumah acara Eurolympique, salah satu ajang bergengsi olahraga tingkat Eropa tahun 2011.

So, what are you waiting for? See you in Trabzon!

Baca Juga: 5 Serial Turki Ini Jadi yang Paling Hits di Indonesia

Iffah Zehra Photo Writer Iffah Zehra

Editor buku & Sekretaris Proyek Millennial Connect Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) 2019/20 | Instagram @iffahzehra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya