Comscore Tracker

Abu Dhabi Punya Akuarium Terbesar di Timur Tengah, Kalahkan Dubai! 

Pengunjung bisa memberi makan hiu, lho

Beragam jenis wisata menyenangkan bisa kamu pilih sesuai selera. Salah satu yang menarik perhatian adalah wisata akuarium yang menampilkan gambaran kehidupan bawah laut. Banyak wisata akuarium yang bisa kamu temukan di dunia.

Namun, tahukah kamu akuarium terbesar saat ini sudah bukan Dubai lagi, lho. Dilansir Travel Daily Media, akuarium terbesar di kawasan Timur Tengah saat ini adalah The National Aquarium di Abu Dhabi.

Aquarium terbesar ini diresmikan dan dibuka untuk umum sejak 12 November 2021. Yuk, saatnya eksplorasi The National Aquarium di Abu Dhabi, UEA, berikut ini.

1. Hadirkan 46.000 spesies hewan laut

Abu Dhabi Punya Akuarium Terbesar di Timur Tengah, Kalahkan Dubai! The National Aquarium (instagram.com/dscvr.ae)

The National Aquarium berlokasi di kawasan Al Qana. Tempat ini adalah kompleks wisata dan hiburan yang sedang ramai di Abu Dhabi. Nantinya akan menghadirkan kompleks bioskop terbesar, pusat rehabilitasi penyu, jalur lari dan bersepeda, dan lainnya.

Bangunan akuarium raksasa ini berukuran lebih dari 7000 meter persegi dan merupakan yang terbesar di Timur Tengah, lho. Rekor ini mengalahkan akuarium terbesar yang sebelumnya dipegang oleh Dubai.

Dilansir The National News, di dalam The National Aquarium terdapat 46.000 spesies yang terdiri dari 300 spesies berbeda. Atraksi hewan air dari ribuan jenis ikan, termasuk hiu martil, hiu banteng, puffin, dan pari membuat decak kagum pengunjung.

Bahkan, ada burung dan reptil pun ikut dipamerkan di sini. Saking luasnya, diperkirakan dibutuhkan dua jam untuk menyelesaikan lebih dari 60 pameran di seluruh area.

2. Terdapat 10 zona dengan tema khusus

Abu Dhabi Punya Akuarium Terbesar di Timur Tengah, Kalahkan Dubai! The National Aquarium (instagram.com/dscvr.ae)

Terdapat 10 zona yang dapat dinikmati pengunjung. Zona tersebut adalah, Harta Karun Alam UEA, Bangkai Laut Merah, Gua Atlantik, Kapal Selam, Cincin Api, Sihir Laut, Lautan Beku, Hutan Tergenang, Pulau Bu Tinah, dan Bagian Belakang Rumah.

Kesepuluh zona ini tertuang dalam bentuk narasi yang diibaratkan seperti dongeng. Setiap zona berisi makhluk yang terkait dengan tema. Misalnya, di zona Bangkai Laut Merah pengunjung akan menemukan hiu dan barakuda besar.

Pada zona Kapal Selam, pengunjung dpaat melihat kapal selam dengan pemandangan lobster. Zona populer lainnya adalah Hutan Tergenang di mana pengunjung akan menemukan rumah dari Super Snake. Zona ini memiliki lebih dari 8.000 makhluk hutan, termasuk burung-burung berkeliaran bebas yang terbang di sekitarnya.

3. Daya tarik dari The National Aquarium

Abu Dhabi Punya Akuarium Terbesar di Timur Tengah, Kalahkan Dubai! The National Aquarium (instagram.com/dscvr.ae)

Daya tarik utama akuarium terbesar ini adalah ular piyon reticulated yang merupakan ular terbesar di dunia. Ular sanca batik betina berusia 14 tahun ini dikenal dengan nama Super Snake dengan bobot 115 kilogram. Reptil yang diklaim terpanjang di dunia ini memiliki panjang tujuh meter.

Tempat ini juga menampung penyu yang direhabilitasi. Ada beberapa di antaranya yang ditemukan sakit atau dalam kondisi buruk. Mereka menjalani proses rehabilitasi selama satu tahun di akuarium untuk mendapatkan perawatan dan persiapan pelepasan sebelum akhirnya dilepaskan kembali ke habitat aslinya di laut.

Daya tarik yang lain dari akuarium ini adalah pengunjung juga bisa sambil melihat pemandangan utama berupa Masjid Agung Sheikh Zayed yang terkenal di Abu Dhabi. Wah, keren banget!

Baca Juga: 5 Lokasi Piknik di Dubai, Wisata Seru yang Wajib Dilakukan!

4. Pengunjung mendapatkan pengalaman interaktif 

Abu Dhabi Punya Akuarium Terbesar di Timur Tengah, Kalahkan Dubai! The National Aquarium (instagram.com/dscvr.ae)

Akuarium ini juga menawarkan sejumlah pengalaman interaktif bagi pengunjung. Di antaranya adalah scuba diving, memberi makan hewan, dan tur show berlantai kaca yang dijelaskan oleh pemandu tentang hewan dan habitat alaminya. Tur show ini sangat edukatif, cocok buat anak dan remaja.

Scuba diving dengan berbagai hiu adalah area yang paling diminati oleh pengunjung. Di area ini, pengunjung berkesempatan menyelam dan memberi makan hiu. Sungguh pengalaman yang menarik, kan?

Selain itu, ada pula wisata perahu kaca dan jalan-jalan melintasi jembatan kaca. Spot iini juga bisa dinikmati pengunjung yang datang dengan keluarga.

5. Informasi tentang The National Aquarium

Abu Dhabi Punya Akuarium Terbesar di Timur Tengah, Kalahkan Dubai! The National Aquarium (instagram.com/saifusulthan_96)

Lokasi: Rabdan Area, Abu Dhabi, United Arab Emirates

Jam operasional:

  • Minggu hingga Rabu: 10.00-20.00
  • Kamis hingga Sabtu: 10.00-22.00

Harga:

  • Tiket umum: 105 Dirham atau sekitar Rp407 ribu
  • Beyond the glass: 30 Dirham atau sekitar Rp116 ribu
  • Bu tina dhau: 150 Dirham atau sekitar Rp581 ribu
  • VIP: 200 Dirham atau sekitar Rp775 ribu

Tiket ini dapat dibeli secara online untuk siapa saja yang berusia di atas 16 tahun.

Syarat dan ketentuan:

Menunjukkan sertifikat vaksinasi lengkap atau hasil tes PCR negatif yang berlaku kurang dari 96 jam. Hasil itu harus tersedia di aplikasi Al Hosn yang ditunjukkan di pintu masuk. Pengunjung juga harus selalu mengenakan masker.

Dengan mengunjungi The National Aquarium di Abu Dhabi, kamu akan memiliki sederet pengalaman tak terlupakan. Atraksi ini pasti disukai semua kalang yang ingin melihat habitat laut. Kalau kondisi dunia sudah cukup aman, segera liburan ke sini, yuk!

Baca Juga: 5 Objek Wisata Menarik di Kota Ibiza-Spanyol, Ada Akuarium dalam Gua!

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya