Comscore Tracker

5 Bangunan Spektakuler di Qatar yang Wajib Dikunjungi, Futuristis!

Punya arsitektur yang memukau 

Saat ini mata dunia sedang tertuju pada Qatar, negara kaya raya di Timur Tengah yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Selama berada di Qatar, wisatawan dapat mengabadikan momen yang tak terlupakan sekaligus memanjakan mata.

Pasalnya, negara yang beribu kota Doha ini memiliki ciri khas arsitektur yang indah, yang sayang jika dilewatkan. Kamu akan dibuat takjub dengan beragam bangunan yang futuristik dan spektakuler. Melansir situs Visit Qatar dan Hotels, berikut beberapa di antaranya.

1. Museum Nasional Qatar   

5 Bangunan Spektakuler di Qatar yang Wajib Dikunjungi, Futuristis!Museum Nasional Qatar (instagram.com/nmoqatar)

Dibuka pada 28 Maret 2019 silam, Museum Nasional Qatar sangat menakjubkan, baik dari tampilan bangunannya, maupun yang ada di dalamnya. Desain bangunan ini dirancang oleh arsitek asal Prancis bernama Jean Nouvel dengan formasi kristal alami yang populer dengan nama “Gurun Mawar”.

Bangunan ini membentang seluas hampir 40 meter persegi dan menampilkan 539 cakram bermotif dengan sudut yang mengagumkan. Museum yang terletak di Teluk Doha ini lokasinya menghadap langsung ke Teluk Persia, sehingga tersaji view sekitar pantai.

2. Museum Seni Islam   

5 Bangunan Spektakuler di Qatar yang Wajib Dikunjungi, Futuristis!Museum Seni Islam (instagram.com/miaqatar)

Menempati area seluas 45 meter persegi, museum yang menyerupai benteng ini terletak di sebuah semenanjung buatan yang menghadap ujung selatan tepi laut Doha. Bangunan unik ini di desain khusus oleh I.M. Pei, seorang arsitek kenamaan yang juga mendesain piramida kaca di Louvre, Paris.

Desain bangunan ini terinspirasi dari Sabil, yakni air mancur tempat berwudhu di Masjid Ahmad Ibn Tulun abad ke-9 yang terletak di Kairo, Mesir. Berlantai lima, bangunan ini beratap kubah atrium dan mengusung desain kotak yang tersusun secara acak. Artistik!

Baca Juga: 5 Museum Unik di Budapest, Penuh dengan Sejarah

3. Perpustakaan Nasional Qatar  

5 Bangunan Spektakuler di Qatar yang Wajib Dikunjungi, Futuristis!Perpustakaan Nasional Qatar (instagram.com/qatarnationallibrary)

Qatar juga punya perpustakaan keren dan salah satu yang terbesar di Timur Tengah yang bikin pengunjungnya betah berlama-lama membaca. Gedung rancangan arsitek ternama Belanda Rem Koolhaas ini re-opening pada bulan November 2017.

Dengan luas 45.000 meter persegi, Perpustakaan Nasional Qatar memiliki eksterior yang mirip seperti dua lembar kertas yang ditarik terpisah. Sudutnya membentuk struktur seperti cangkang.
Sementara itu, ruang interiornya berkonsep terbuka. Fasad kaca dengan cahaya alami, sangat kondusif untuk membaca dan bersosialisasi.

4. Masjid Katara  

5 Bangunan Spektakuler di Qatar yang Wajib Dikunjungi, Futuristis!Masjid Katara (Twitter.com/Qatar Calendar)

Masjid Katara adalah salah satu masjid termegah dan terindah di Qatar. Dari luar, menara masjidnya berbentuk motif belah ketupat dengan tiga buah tiang tinggi di samping bangunan masjid. Selain itu, pada dinding masjid bagian luar, dipenuhi oleh motif khas Timur Tengah dengan kombinasi warna biru, ungu dan cokelat muda yang cantik.

Dekorasi bangunan yang dikerjakan oleh tim dari Istana Dolma di Istanbul ini juga tak kalah menakjubkan. Mulai dari kaca leadlights yang dilukis khusus, potongan keramik bermotif mosaik yang di dominasi warna biru, hingga lampu unik yang melingkar di tengah langit-langit ruang salat. Elegan dan mewah.

5. Qatar National Convention Centre  

5 Bangunan Spektakuler di Qatar yang Wajib Dikunjungi, Futuristis!Qatar National Convention Centre (Twitter.com/Metal Yapı Holding)

Tak kalah unik, Qatar National Convention Centre yang terletak di kampus Qatar Foundation, memiliki fasad yang spektakuler. Pasalnya, desainnya menyerupai dua pohon raksasa yang menopang atap Pusat Konvensi Nasional Qatar.

Perancangnya adalah Arata Isozaki, seorang arsitek asal Jepang yang dianugerahi Medali Emas RIBA pada tahun 1986. Berada di area seluas 1.000 hektar di Doha, desain unik ini merujuk pada pohon sidra yang melambangkan pengetahuan.

Tempat yang dibuka pada Desember 2011 ini merupakan pusat pameran terbesar di Timur Tengah dengan daya tampung hingga 7.000 orang di tiga aula utamanya.

Desain yang megah, detail arsitektur yang berkualitas, siapa yang tidak terpukau dibuatnya? Jangan lupa mampir, ya, kalau ke Qatar!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Ngawi, Ada Wisata Alam Hingga Sejarah

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya